Daftar borough dan wilayah sensus di Alaska

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sektor dan Area Sensus Alaska
Sektor • Kota-sektor • Area sensus di Sektor yang Tidak Terorganisir
LetakNegara Bagian Alaska
Jumlah wilayah19 sektor terorganisir
11 area sensus
Penduduk(Wilayah terorganisir): 704 (Yakutat) – 288,121 (Anchorage)
(Daerah Sensus): 2,332 (Hoonah-Angoon) – 18,557 (Bethel)
Luas(Sektor terorganisir): 434 mil persegi (1.120 km2) (Skagway) – 88.824 mil persegi (230.050 km2) (North Slope)
(Area sensus): 4.393 mil persegi (11.380 km2) (Aleutians West) – 145.576 mil persegi (377.040 km2) (Yukon-Koyukuk)
PemerintahanPemerintah sektor
Pembagian administratifKomunitas, konsolidasi kota-sektor

Negara bagian Alaska di A.S. dibagi menjadi 19 sektor terorganisir dan satu Sektor Tidak Terorganisir . Alaska dan negara bagian Louisiana adalah satu-satunya negara bagian yang tidak menyebut kabupaten subdivisi administratif orde pertama mereka (Louisiana menggunakan paroki sebagai gantinya).[1] Delegasi Konvensi Konstitusi Alaska ingin menghindari sistem kabupaten tradisional dan mengadopsi model unik mereka sendiri dengan berbagai kelas sektor yang berbeda dalam kekuasaan dan tugas.[2]

Banyak wilayah terpadat di negara bagian ini adalah bagian dari sektor Alaska, yang fungsinya mirip dengan kabupaten di negara bagian lain. Namun, tidak seperti kabupaten-ekuivalen di 49 negara bagian lainnya, sektor terorganisir tidak mencakup seluruh wilayah negara bagian. Ada empat kelas berbeda dari sektor terorganisir: "Unified Home Rule" (dapat menjalankan semua kekuasaan legislatif yang tidak dilarang oleh undang-undang atau piagam); "Aturan Rumah Tidak Terpadu"; "Kelas Pertama" (dapat menjalankan kekuasaan apa pun yang tidak dilarang oleh hukum secara non-area luas dengan mengadopsi tata cara); dan "Kelas Kedua" (harus mendapatkan persetujuan pemilih untuk wewenang menjalankan banyak kekuasaan non-area).[3]

Daerah yang bukan merupakan bagian dari sektor terorganisir disebut sebagai Unorganized Borough . Biro Sensus A.S. , bekerja sama dengan negara bagian, membagi Sektor yang Tidak Terorganisir menjadi 11 wilayah sensus , masing-masing secara kasar sesuai dengan distrik pemilihan, sehingga berjumlah 30 wilayah yang setara. Namun, area ini ada semata-mata untuk tujuan analisis statistik dan presentasi; mereka tidak memiliki pemerintahan sendiri. Sektor dan daerah sensus keduanya diperlakukan sebagai tingkat kabupaten yang setara oleh Biro Sensus.

Beberapa daerah di sektor yang tidak terorganisir menerima layanan publik terbatas langsung dari pemerintah negara bagian Alaska, biasanya penegakan hukum dari Alaska State Troopers dan dana pendidikan.

Ada enam pemerintahan kota-wilayah yang terkonsolidasi— Kota dan Sektor Juneau , Kotamadya Skagway , Kota dan Sektor Sitka , Kota dan Sektor Yakutat , Kota dan Sektor Wrangell , serta kota terbesar di negara bagian itu, Anchorage . Meskipun nama resminya adalah Municipality of Anchorage, ia dianggap sebagai kota-sektor terkonsolidasi di bawah hukum negara bagian.

Kode Standar Pemrosesan Informasi Federal (FIPS) 55-2,3,4, yang digunakan oleh Biro Sensus Amerika Serikat untuk mengidentifikasi negara bagian dan kabupaten secara unik, disediakan di setiap entri.[1] Kode Alaska adalah 02, jadi setiap kode memiliki format 02XXX. Kode FIPS untuk setiap wilayah yang setara terhubung ke data sensus untuk wilayah yang setara. Ada 30 divisi di Alaska.

Daftar sektor[sunting | sunting sumber]

Daerah sensus di Sektor yang Tidak Terorganisir[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "List of boroughs and census areas in Alaska". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2022-05-23. 
  2. ^ "Local Government". Alaska Humanities Forum. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-11-05. Diakses tanggal 2021-11-04. 
  3. ^ Alaska Municipal League: Alaska Local Government Primer

Sumber lain[sunting | sunting sumber]