Lompat ke isi

Dadap merah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dadap merah
Erythrina crista-galli Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN144285016 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
SuperkerajaanEukaryota
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoFabales
FamiliFabaceae
TribusPhaseoleae
GenusErythrina
SpesiesErythrina crista-galli Edit nilai pada Wikidata
Linnaeus, 1767

Erythrina crista-galli, sering dikenal sebagai dadap merah, adalah pohon berbunga dalam keluarga Fabaceae, asli Argentina, Uruguay, Brasil selatan, dan Paraguay . Ini banyak ditanam sebagai pohon jalan atau taman di negara lain, terutama di California . Itu dikenal dengan beberapa nama umum di Amerika Selatan: ceibo , seíbo ( Spanyol ), corticeira ( Portugis ) dan bucaré yang lebih ambigu, untuk beberapa nama. Julukan spesifiknya crista-galli berarti " sisir ayam " dalam bahasa Latin.

Dadap merah adalah pohon nasional Argentina, dan bunganya adalah bunga nasional Argentina dan Uruguay . Bintang HD 63454 secara resmi bernama Ceibo setelah salah satu nama umum bahasa Spanyol.[2]

Spesies ini secara khas tumbuh liar di ekosistem hutan galeri di sepanjang aliran air, serta di rawa dan lahan basah . Di perkotaan, sering ditanam di taman karena bunganya yang merah cerah.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Erythrina crista-galli adalah pohon kecil, lingkar batangnya berukuran 50 cm (20 in) . Biasanya tumbuh 5–8 m (16–26 ft) tinggi, meskipun beberapa individu, seperti di provinsi Argentina Salta, Jujuy dan Tucumán, dapat tumbuh hingga 10 m (33 ft) .

Akarnya adalah akar tunggang dengan bintil-bintil yang dihasilkan oleh bakteri pengikat nitrogen . Bakteri hidup bersimbiosis dengan pohon, memfasilitasi penyerapan nitrogen pohon sebagai imbalan zat organik yang dibutuhkan bakteri. Batang pohon berkayu dengan cabang-cabang yang tidak beraturan dan berduri. Cabang-cabang ini membentuk lapisan tanpa bentuk yang pasti [3] dan mati setelah berbunga.

Bunga-bunga

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Botanic Gardens Conservation International (BGCI); IUCN SSC Global Tree Specialist Group (2019). "Erythrina crista-galli": e.T144285016A149059795. 
  2. ^ "IAU100 NameExoWorlds: Approved names". 
  3. ^ "Erythrina crista-galli (Cockspur Coral Tree)". Taranaki Educational Resource Research Analysis and Information Network. February 2015.