Cool Runnings

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Cool Runnings
Sutradara Jon Turteltaub
Produser Susan B. Landau
Christopher Meledandri
Jeffrey Bydalek
Penulis Lynn Siefert
Pemeran Leon Robinson
Doug E. Doug
Malik Yoba
Rawle D. Lewis
John Candy
Musik Jimmy Cliff
Nick Glennie-Smith
Hans Zimmer
Sinematografi Phedon Papamichael Jr.
Penyunting Bruce Green
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis
1 Oktober 1993
Durasi
98 menit
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran US$14,000,000
Pendapatan kotor US$154,856,263

Cool Runnings adalah film komedi Amerika Serikat tahun 1993 yang disutradarai Jon Turteltaub. Film ini berdasarkan cerita asli kegagalan dari debut tim nasional bobsled Jamaika di Olimpiade Musim Dingin 1988 di Calgary, Alberta.[1] Film ini dibintangi Leon Robinson, Doug E. Doug, Malik Yoba and Rawle D. Lewis serta John Candy sebagai Irv Blitzer, seorang pensiunan bobsledder dan pelatih bobsled Jamaika.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Irving "Irv" Blitzer (John Candy) adalah peraih dua medali emas bobsled pada Olimpiade Musim Dingin 1968, yang menyelesaikan lomba di urutan pertama dalam dua nomor pada tahun 1972 tetapi didiskualifikasi karena curang dan pensiun dalam keadaan malu pergi ke Jamaika, di sana dia menjalani hidup miskin sebagai bandar taruhan. Dia didekati oleh Derice Bannock, seorang pelari jarak 100m yang gagal untuk memenuhi syarat untuk Olimpiade tahun 1988 ketika lawan lain, Junior Bevil, tersandung dalam percobaan lari dan juara pengemudi kereta dorong Sanka Coffie, yang ingin Irv menggunakan pengalaman sebelumnya sebagai bobsledder dan melatih mereka untuk bersaing di Olimpiade Musim Dingin 1988 sebagai bobsledder. Irv sudah berteman baik dengan Ben, yang merupakan ayah Derice, seorang mantan pelari cepat dan pernah Irv mencoba untuk merekrutnya untuk tim bobsledder bertahun-tahun lalu. Yul Brenner, seorang pelari yang tersandung di kualifikasi oleh Junior, juga bergabung dengan tim, serta Junior sendiri. Akhirnya Irv mau menjadi pelatih tim.

Mereka berempat mencoba berbagai cara untuk mendapatkan uang untuk dapat pergi ke Olimpiade, seperti bernyanyi, gulat tangan, mencium perempuan, tetapi semua gagal. Namun Junior menjual mobilnya, menjadikan uang mereka cukup untuk pergi ke Olimpiade.

Di Calgary, Blitzer hanya mendapatkan kereta luncur bekas dari tim Amerika Serikat, karena Jamaika belum pernah bertanding sebelumnya. Tim ini dipandang rendah oleh negara-negara lain, khususnya Jerman Timur yang memberitahu mereka agar segera pulang dan mengakibatkan perkelahian di bar. Tim memutuskan untuk memandang kompetisi lebih serius, terus berlatih dan meningkatkan teknik mereka. Mereka lolos ke putaran final, meskipun didiskualifikasi sebentar dan akhirnya keputusan itu dicabut.

Hasil hari pertama sangat memalukan, yaitu menyelesaikan lomba di urutan terakhir. Setelah berhenti mengikuti gaya tim lain dan mengembangkan gaya mereka sendiri, hari kedua mereka lebih baik; tim Jamaika selesai dengan waktu yang cepat dan menempatkan mereka di posisi kedelapan. Di final, paruh pertama perlombaan tampak seperti mereka akan memecahkan rekor kecepatan bobsled, sampai terjadi targedi. Karena salah satu bilah kereta mereka terlepas, kereta luncurmereka terbalik di tikungan terakhir menyisakan beberapa meter saja dari garis finish. Namun, mereka mengangkat kereta luncur mereka dan berjalan ke garis finish sehingga penonton memberikan tepuk tangan meriah. Pada akhirnya, tim ini merasa ingin kembali empat tahun lagi di Olimpiade musim dingin berikutnya. Sebuah epilog singkat menyatakan tim kembali ke Jamaika sebagai pahlawan, dan sekembalinya mereka ke Olimpiade Musim Dingin empat tahun kemudian, mereka diperlakukan sama.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Leon Robinson sebagai Derice Bannock
  • Doug E. Doug sebagai Sanka Coffie
  • Rawle D. Lewis sebagai Junior Bevil
  • Malik Yoba sebagai Yul Brenner
  • John Candy sebagai Irving "Irv" Blitzer
  • Siddharth Saini sebagai Winston
  • Raymond J. Barry sebagai Kurt Hemphill
  • Peter Outerbridge sebagai Josef Grull
  • Winston Stona sebagai Mr. Coolidge
  • Charles Hyatt sebagai Whitby Bevil (Junior's father)
  • Bertina Macauley sebagai Joy Bannock
  • Pauline Stone Myrie sebagai Sanka's mother
  • Jeff Molino sebagai BobSled

Resepsi[sunting | sunting sumber]

Film ini telah mendapatkan tinjauan positif.[3] Film ini dinilai 74% oleh Rotten Tomatoes, dari 31 peninjau.

Prestasi box office[sunting | sunting sumber]

Pendapatan film ini berada di urutan ke-3.[4] Pendapatan domestik sebesar US$68,856,263 dan secara internasional US$86,000,000, sehingga seluruh dunia sebesar $154,856,263.

Perbedaan dengan kehidupan nyata[sunting | sunting sumber]

Kecurangan[sunting | sunting sumber]

Dalam satu adegan, salah satu mantan anggota tim Irv berbicara dengan Derice tentang skandal kecurangan Irv. Dia mengatakan kepada Derice bahwa Irv menambahkan beban ke kereta luncur agar melaju lebih cepat. Dalam olahraga bobsledding, menambah beban ke kereta luncur dibolehkan. Baik dua dan empat pemain memiliki bobot minimum dan maksimum. Berat kereta luncur dihitung sebagai berat total kereta luncur dan pemainnya. Jika sudah terisi penuh tetapi berat kereta luncur kurang dari maksimal, adalah legal untuk menambah beban sebagai ganti berat yang kurang.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Atlet bobsled yang digambarkan dalam film ini adalah fiksi, walaupun orang-orang yang ada di film merupakan inspirasi dari pembalap kereta dorong dan mencoba merekrut pelari papan atas. Namun, mereka tidak menemukan pelari elit yang tertarik dalam kompetisi ini dan malah merekrut empat pelari dari tentara untuk tim.

Irving Blitzer adalah karakter fiksi, tim sebenarnya sudah memiliki sejumlah pelatih, tidak ada satupun dari mereka yang memiliki hubungan dengan skandal kecurangan. Pada saat peluncuran film itu, Amerika Serikat tidak memenangkan medali emas.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Sebuah badan olahraga fiksi, "Aliansi Internasional Olahraga Musim Dingin" muncul dalam film. (Pada kenyataannya, setiap olahraga musim dingin memiliki badan terpisah sendiri.)

Kompetisi[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti cerita dalam film, tim Jamaika itu tidak memiliki konflik dengan salah satu tim bobsledding internasional lainnya. Pada kenyataannya, tim lain mendukung tim Jamaika. Salah satu tim bahkan meminjamkan tim Jamaika kereta luncur sehingga mereka bisa memenuhi syarat (seperti dalam film).


Dalam film ini, Jamaika hampir rekor dunia selama menjalankan akhir kompetisi sampai kecelakaan di tikungan terakhir. Mereka keluar dari kereta luncur dan membawanya melintasi garis finish. Dalam kehidupan nyata kecelakaan tersebut terjadi sebelum final (yang mengakibatkan pendiskualifikasian tim Jamaika) dan Jamaika tidak berada pada kecepatan rekor dunia. Namun, rekaman asli kecelakaan itu digunakan dalam film. Setelah kecelakaan itu, tim berjalan di samping kereta luncur mereka dan ofisial pertandingan meluncur ke trek.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]