Alberta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Infotaula de geografia políticaAlberta
province of Canada Terjemahkan
Pembagian administratif Kanada
Bandera Templat:Deod' Escut Templat:Deod'
flag of Alberta Terjemahkan Coat of arms of Alberta Terjemahkan
Peyto Lake-Banff NP-Canada.jpg

Moto «Fortis et liber»
Lambang resmi Great Horned Owl Terjemahkan, Domba bertanduk besar, Bull trout Terjemahkan, Rosa acicularis Terjemahkan, Pinus contorta Terjemahkan, Fosil kayu, Festuca altaica Terjemahkan dan Ammolite Terjemahkan
Dinamakan berdasarkan Putri Louise dari Britania Raya
Tempat
Alberta in Canada.svg
 Coordenades: falta la latitud
negara berdaulatKanada

Negara Kanada
Ibu kota Edmonton, Alberta
Kota terbesar Calgary
Penduduk
Total 4.067.175 (2016)
• Kepadatan 6,15 orang/km²
Bahasa resmi Inggris
Geografi
Luas wilayah 661.848 km²
Batas perairan tanpa nilai
Titik tertinggi Mount Columbia Terjemahkan  (3.747 m)
Titik terendah Slave River Terjemahkan  (152 m)
Berbatasan dengan
Sejarah
Didahului oleh District of Alberta Terjemahkan, District of Athabasca Terjemahkan, District of Saskatchewan Terjemahkan dan District of Assiniboia Terjemahkan
Pembuatan September 1, 1905
Hari libur
Organisasi politik
Bentuk dasar pemerintahan parliamentary democracy Terjemahkan
Badan eksekutif Executive Council of Alberta Terjemahkan
Badan legislatif Legislature of Alberta Terjemahkan
• Queen of Canada Terjemahkan Elizabeth II dari Britania Raya
• Premier of Alberta Terjemahkan Jason Kenney Terjemahkan (2019)
Ilmu ekonomi
Mata uang Dolar Kanada (Templat:Entrades separades per comes)
Informasi tambahan
Kode pos T
Zona waktu
Kode telepon 780, 403, 825 dan 587
ISO 3166-2 CA-AB
Lain-lain

Situs web Laman resmi
Modifica les dades a Wikidata

Alberta merupakan salah satu provinsi dari Kanada. Pada tahun 2005, provinsi Alberta merayakan 100 tahun bergabungnya mereka ke dalam Konfederasi Kanada. Sebagai bagian dari perayaan, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip mengunjungi provinsi ini dari 23 Mei sampai 25 Mei.

Ibu kota Alberta adalah Edmonton, namun kota yang paling banyak penduduknya and area metropolisnya adalah Calgary, yang merupakan pusat ekonomi dan terletak di sebelah selatan provinsi ini. Kota-kota besar lainnya antara lain termasuk Banff, Camrose, Fort McMurray, Grande Prairie, Lethbridge, Llyodminster, Medicine Hat, dan Red Deer. Lihat juga: Daftar komunitas di Alberta.

Terhitung sejak 2004, populasi provinsi ini adalah 3,183,312. 81% dari populasi menetap di perkotaan dan sisanya 19% di pedesaan. Koridor Calgary-Edmonton merupakan area yang paling banyak dipadati di provinsi ini dan merupakan salah satu yang terpadat di Kanada.

Kepala Wilayah (English: Premier) provinsi ini adalah Ralph Klein. Lihat juga Daftar Kepala Wilayah Alberta

Nama Alberta diambil dari nama Permaisuri Louise Caroline Alberta (1848-1939), anak perempuan keempat dari Ratu Victoria. Permaisuri Louise adalah istri dari Sir John Campbell, yang juga adalah Gubernur Jenderal Kanada pada tahun 1878-1883. Danau Louise juga dinamakan dari Permaisuri Louise sebagai tanda jasa.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Artikel Utama: Geografi Alberta

Alberta, yang terletak di Kanada bagian barat, mempunyai luas area sebesar 661,190 km² (260,000 mi²). Provinsi ini berbatasan dengan Amerika Serikat di perbatasan sebelah selatan, dipisahkan dengan garis lintang ke-49. Di sebelah timur, provinsi ini berbatasan dengan Saskatchewan. Ke sebelah baratnya, berbatasan dengan British Columbia yang perbatasannya dibagi berdasarkan puncak-puncak Pegunungan Rockies sepanjang Garis Kontinental, yang memanjang ke arah barat-laut.

Selain bagian selatannya, provinsi ini mempunyai sumber air yang cukup memadai. Alberta mempunyai lusinan sungai dan danau yang ideal untuk renang, ski air, memancing dan bermacam-macam olahraga air lainnya. Di provinsi ini juga terdapat beberapa danau yang masing-masing ukurannya kurang dari 260 km² dan tiga lainnya dengan ukuran yang jauh lebih besar. Ketiga danau itu adalah Danau Athabasca, 7898 km², yang sebagian masuk dalam wilayah Saskatchewan; Danau Claire, 1436 km²; dan Danau Lesser Slave, 1168 km².

Alberta membentang sejauh 1200 km dari utara ke selatan, dan lebarnya 600 km di rentangan timur-barat. Karena itu wajarlah bila iklimnya cukup berbeda dari suatu tempat ke tempat yang lain di provinsi ini. Perbedaan ketinggian dari garis pantai juga menambah perbedaan iklim tersebut.

Alberta utara memiliki jumlah hari tanpa salju yang lebih sedikit dari Alberta selatan, yang hampir seperti padang gurun pada waktu musim panas dan kurang mendapat hujan. Alberta barat dilindungi oleh pegunungan dan menikmati kehangatan yang dibawa oleh angin chinook di musim dingin, sedangkan bagian timurnya adalah daerah prairi yang datar dan kering, dengan temperatur yang merentang dari sangat dingin (-35 °C di musim dingin) hingga sangat panas (+35 °C di musim panas). Alberta tengah dan selatan termasuk daerah yang paling rawan akan tornado di Kanada dikarenakan oleh hangatnya musim panas, sedangkan di sebelah timur provinsi ini lebih umum ditemukan thunderstorm.

Ibu kota Alberta, Edmonton, terletak hampir tepat di tengah provinsi, dan sebagian besar dari minyak Alberta dikelola di sini. Alberta bagian selatan, di mana terletak Calgary, terkenal akan peternakan kuda, sapi, dan domba (bahasa Inggris: ranching); dan sapi didapati berkeliaran sepanjang musim dingin. Sebagian besar daerah Alberta yang tidak berhutan digunakan untuk pertanian, sementara peternakan lebih mendominasi sebelah selatan provinsi.

Pada dasarnya, Alberta mempunyai musim dingin cukup dingin, dengan suhu di siang hari berkisar antara -10 °C di selatan dan -24 °C di utara. Di musim panas, temperaturnya rata-rata berkisar 13 °C di pegunungan Rockies dan 18 °C di daerah kering di sebelah tenggara.

10 Kabupaten Diurut Berdasarkan Populasi Penduduk

Kabupaten 2004 2001 1996
Calgary(1) 933,495 878,866 768,082
Edmonton(2) 707,271 666,104 616,306
Red Deer 75,923 67,707 60,080
Strathcona(2) 75,949 71,986 64,176
Lethbridge 72,717 67,374 63,053
Kabupaten Regional Wood Buffalo 67,105 41,466 35,213
St. Albert(2) 54,588 53,081 46,888
Medicine Hat 51,249 51,249 46,783
Grande Prairie 40,226 36,983 31,353
Rocky View(1) 30,418 28,441 23,326
(1) Bagian dari Area Calgary Raya (Sensus Area Metropolis) - 1,037,100 (Prakiraan 2004)
(2) Bagian dari Area Edmonton Raya (Sensus Area Metropolis) - 1,001,500 (Prakiraan 2004)

Industri[sunting | sunting sumber]

Artikel Utama: Industri di Alberta

Alberta adalah produsen terbesar minyak mentah konvensional, minyak mentah sintetis, gas alam dan produk-produk gas dalam negeri. Dua produsen petrokimia terbesar di Amerika Utara terletak di Alberta tengah dan tengah utara. Di Red Deer dan Edmonton, terdapat pabrik polyethylene dan vinyl kelas dunia menghasilkan produk yang diekspor ke seluruh dunia. Kilang minyak Edmonton memberikan bahan baku untuk sebuah industri petrokimia yang besar di sebelah timur Edmonton.

Tanah Minyak Athabasca (dulu dikenal sebagai Tanah Tar) mempunyai cadangan minyak lebih daripada cadangan minyak di seluruh dunia, diperkirakan berkisar 1.6 trilliun barel (254 km³). Dengan kemajuan metode penggalian, minyak sintetis yang ekonomis dan aspal dapat diproduksi dengan biaya yang hampir sama dengan minyak mentah konvensional. Teknologi ini dikembangkan di Alberta. Banyak perusahaan menggunakan metode penggalian strip yang konvensional dan metode-metode non-konvensional untuk menggali aspal dari cadangan Athabasca. Dengan teknologi sekarang, hanya 315 miliar barel (50 km³) yang dapat didapat. Fort McMurray, salah satu kota di Kanada yang paling muda dan semarak, telah berkembang hanya karena adanya kegiatan produksi minyak oleh beberapa perusahaan multinasional.

Sementara Edmonton lebih dikenal sebagai persimpangan pipa minyak, tempat manufaktur, pengolahan kimia, penelitian dan pusat penggalian minyak, Calgary dikenal sebagai tempat kantor pusat senior dan junior untuk perusahaan minyak (berbeda dengan Edmonton, Calgary jauh dari sumber-sumber minyak yang besar manapun).

Dengan usaha bersama dan dukungan dari pemerintah provinsi, beberapa industri teknologi canggih telah lahir di Alberta, khususnya dalam bidang penemuan dan pengembangan sistem liquid crystal display. Dengan ekonomi yang berkembang, Alberta mempunyai beberapa institusi finansial yang berkecimpung dengan beberapa sumber dana sipil dan privat.

Agama[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan penduduk Alberta adalah pemeluk agama Kristen dalam beberapa aliran; namun, beragam agama lainnya juga dapat ditemukan saat ini, termasuk beberapa penduduknya yang memilih untuk tidak beragama. Alberta mempunyai persentase Kristen evangelikal lebih besar daripada provinsi-provinsi Kanada lainnya.

Alberta juga mempunyai populasi Hutterite yang cukup besar, dan juga Kristen denominasi Anabaptis dan Mennonit. Sebagian besar dari populasi penduduk Lacombe merupakan pemeluk agama Kristen Advent dikarenakan adanya Canadian University College.

Sebagian pemeluk agama Hindu, Sikh, dan Islam juga tinggal di Alberta.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]