Constance dari Bourgogne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Constance
Constança de Borgonha.jpg
Miniatur Constance dari Bourgogne, istri kedua Alfonso VI dari León dan Kastilia
Permaisuri León
Permaisuri Kastilia
Permaisuri Spanyol
Periode1079–1093
Lahir8 Mei 1046
Wafat1093
WangsaWangsa Bourgogne
AyahRobert I dari Bourgogne
IbuHelie de Semur-en-Brionnais
PasanganComte Hughes II dari Chalon
Alfonso VI dari Kastilia
AnakUrraca dari León

Constance dari Bourgogne (8 Mei 1046 – 1093) merupakan putri Adipati Robert I dari Bourgogne dan Hélie dari Semur. Ia adalah Permaisuri Kastilia dan León melalui pernikahannya dengan Alfonso VI dari Kastilia. Ia adalah cucu perempuan Raja Robert II dari Prancis, penguasa kedua Wangsa Kapetia, Prancis. Ia merupakan ibunda Urraca dari León, yang menggantikan ayahandanya baik di Kastilia dan León.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1065, Constance menikah dengan suami pertamanya, Comte Hugues II dari Chalon. Mereka menikah selama empat belas tahun sampai kematian Hugues pada tahun 1079, mereka tidak memiliki keturunan.

Pada akhir tahun 1079, Constance menikah lagi dengan Alfonso VI dari Kastilia. Pernikahan tersebut diduga telah direncanakan melalui hubungan-hubungan Biara Kluni di istana Alfonso. Ia sebelumnya menikah dengan Agnes, yang mungkin telah diceraikan atau telah menduda darinya. Pernikahan Constance dan Alfonso awalnya menghadapi tentangan paus, yang diduga karena hubungan kekerabatan di antara Constance dan Agnes.

Constance berperan penting di dalam Ritus Roma yang menggantikan ritus Visigoth di dalam gereja-gereja Kastilia.

Constance dan Alfonso memiliki beberapa anak namun hanya satu yang hidup sampai dewasa:

Constance meninggal pada tahun 1093 meninggalkan putrinya yang berusia empat belas tahun dan suaminya menjadi seorang duda. Dudanya menikah sebanyak tiga kali lagi setelah kematiannya, tetapi hanya memiliki seorang putra dari gundiknya yang muslim, Zaida dari Sevilla.

Pemakaman[sunting | sunting sumber]

Setelah kematiannya, jenazah Constance dibawa ke kota Sahagún dan dimakamkan di dalam Biara St. Facundo dan Primitivo, dimana suaminya, Raja Alifonso VI dimakamkan bersama dengan seluruh istrinya.[1]

Makam yang berisi kerangka Alifonso VI yang hancur pada tahun 1810 selama kebakaran di dalam biara. Kerangka raja dan beberapa dari istri-istrinya, termasuk Constance, dikumpulkan dan disimpan di dalam kamar Abbas sampai tahun 1821. Ketika agama tersebut diusir dari biara, mereka disimpan oleh Abbas Ramon Joys di dalam sebuah kotak yang ditempatkan di dinding selatan dari kapel salib, sampai pada bulan Januari sisa kerangka tersebut dikumpulkan dan ditempatkan di dalam kotak lain dan dibawa ke arsip. Tujuannya adalah untuk menempatkan semua kepentingan yang tersisa di tempat kudus yang baru yang sedang dibangun itu.[2] Namun ketika biara itu dibubarkan pada tahun 1835, para biarawan memberikan dua kotak yang berisi sisa kerangka yang sebenarnya kerabat seorang pastur, yang menyembunyikan mereka sampai tahun 1902 ditemukan oleh profesor Zamora Rodrigo Fernández Núñez.[3]

Pada hari ini, sisa kerangka Alifonso VI dimakamkan di Biara Benediktin di Sahagún, di kaki kuil, di dalam sebuah guci batu yang ditutupi dengan marmer halus modern dan dimakamkan di dekat makam beberapa istri raja, termasuk Constance.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elorza, Juan C.; Vaquero Lourdes, Belen Castillo, Martha Black (1990). Junta de Castilla y León. Ministry of Culture and Welfare ( ed.). The Pantheon Real de las Huelgas de Burgos. The burials of the kings of León and Castile, 2nd edition, Editorial Evergráficas SA, pp. 54.
  2. ^ Tombs of the Royal House of Castile
  3. ^ Tombs of the Royal House of Castile
  4. ^ Constance of Burgundy at "FindAGrave.com"
Didahului oleh:
Agnes
Permaisuri León
1079–1093
Diteruskan oleh:
Berthe
Permaisuri Kastilia
1079–1093
Permaisuri Spanyol
1079–1093