Ines dari Aquitaine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ines dari Aquitaine
Permaisuri León
Periode1069–1072 (rezim pertama)
1072–1077 (rezim kedua)
Permaisuri Kastilia
Periode1072–1077
Permaisuri Spanyol
Periode1077
WangsaWangsa Poitiers
AyahGuillaume VIII dari Aquitaine
IbuMathilde
PasanganAlfonso VI dari Kastilia

Agnes atau Ines dari Aquitaine atau Poitou merupakan Ratu León dan Kastilia lewat pernikahannya dengan Alfonso VI dari Kastilia.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Dari beberapa catatan kontemporer menunjukkan bahwa Ines merupakan putri Guillaume VIII dari Aquitaine dan istri keduanya, Matilda, yang asal usulnya tidak diketahui. Orang-orang kerap menganggapnya sama seperti adik tirinya dengan nama yang sama yang juga adalah Ratu Iberia, Agnes.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1069, Ines menikah dengan Alfonso VI, raja León. Ayahandanya membagi kerajaan menjadi tiga bagian saat kematiannya. Alfonso dan saudaranya Sancho akan menggantikan saudara mereka García di Kerajaan Galisia, namun kemudian pada bulan Januari 1072, Alfonso (dan mungkin Ines) terpaksa melarikan diri dan Sancho mengambil seluruh kerajaan ayahanda mereka. Sancho tewas terbunuh kemudian pada tahun itu dan Alfonso kembali dan naik takhta dari penyatuan kerajaan ayahanda mereka pada bulan Oktober 1072, pada saat ia juga dituntut sebagai "Kaisar seluruh Spanyol".

Mereka terlihat bersama untuk yang terakhir kalinya pada bulan Mei 1077, dan kemudian Alfonso terlihat sendiri. Hal ini diduga karena ia telah meninggal, meskipun Orderic Vitalis menyatakan bahwa pada tahun 1109 'relik' Alfonso Ines menikah lagi dengan Élie dari Maine, membuat beberapa orang berspekulasi bahwa Alfonso dan Ines bercerai karena Consanguinitas. Yang lebih mungkin diduga bahwa Orderic memberi nama salah untuk istrinya yang terakhir, Beatrice, yang baru saja menjanda pada saat itu. Ines dan Alfonso tidak memiliki keturunan, begitu juga Élie dengan istrinya, 'relik' Alfonso.[1]

Kematian dan Pemakaman[sunting | sunting sumber]

Beberapa catatan alternatif yang diberikan untuk kematian Ines. Beberapa sumber menyatakan pada tahun 1078, yang konsisten dengan hilangnya dari catatan. Namun pemberitahuan obituari yang masih ada menduga pencatatan kematiannya terjadi pada tahun 1097. Catatan ini meskipun hanya mengacu pada Ratu Ínes, dan diduga dimaksudkan saudari tirinya Agnes, yang meninggal pada tahun itu. Demikian juga laporan dari pernikahannya dengan Élie akan, jika kurat, membutuhkan kelangsungan hidupnya paling tidak pada tanggal tersebut.

Ines konon dimakamkan di biara kerajaan Sahagún, di dekat istri kedua Alfonso, Constance dari Bourgogne.[2] Namun mengingat bahwa monumen yang masih ada di Sahagún tidak kontemporer dan telah ditemukan kesalahan di dalam prasasti yang mungkin apokrif.

Didahului oleh:
Sancha dari León
Ratu León
(rezim pertama)

1069–1072
Diteruskan oleh:
Ratu Alberta dari Kastilia
Didahului oleh:
Alberta
Ratu León
(rezim kedua)

1072–1077
Diteruskan oleh:
Constance dari Bourgogne
Ratu Kastilia
1072–1077
Didahului oleh:
Sancha dari León
Permaisuri Spanyol
1077

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Medieval Lands Aquitaine
  2. ^ Agnes of Aquitaine at Find a Grave