Berthe dari Bourgogne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Berthe dari Bourgogne
Bertha of Burgundy.jpg
Permaisuri Franka
Periode996-1000
WangsaWangsa Bourgogne
Wangsa Kapetia
AyahConrad dari Bourgogne
IbuMatilda dari Prancis
PasanganEudes I dari Blois
Robert II dari Prancis

Berthe dari Bourgogne (952, 964 atau 967 – 1010, 16 Januari 1016, atau 1035) merupakan putri Conrad yang Damai, Raja Bourgogne dengan istrinya Mathilde dari Prancis, putri Louis IV, Raja Prancis dan Gerberga dari Sachsen. Ia dinamakan seperti ibunda ayahandanya, Berta dari Swabia.

Ia pertama-tama menikah dengan Eudes I, Comte Blois pada sekitar tahun 983. Mereka memiliki beberapa anak, termasuk Eudes II.

Setelah kematian suaminya pada tahun 996, sepupu Berthe Robert, rekan-Raja Prancis berniat untuk menikahinya, sebagai ganti dari istri pertamanya yang tidak diakui Rosala, yang bertahun-tahun adalah seniornya. Ikatan tersebut ditentang oleh ayahanda Robert, Hugues Capet, karena hubungan dekat suami dan istri. Namun, pernikahan tersebut dilangsungkan setelah kematian Hugues pada bulan Oktober 996, yang menjadikan Robert sebagai raja tunggal.

Hubungan darah antara Robert dan Berthe begitu dekat sehingga otoritas Gereja menganggap pernikahan tersebut tidak sah. Oleh karena itu, Paus Gregorius V mengumumkan agar pasangan tersebut dikucilkan. Hal ini, dan kurangnya keturunan (hanya satu, yang hidup dan meninggal pada tahun 999), menyebabkan Robert untuk menyetujui Paus Silvester II untuk membatalkan pernikahan tersebut pada tahun 1000.

Robert kemudian menikahi Constance dari Arles. Berthe diduga menikah dengan Arduino dari Ivrea, Raja Italia dan Markis Ivrea.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Prancis
Didahului oleh:
Rosala dari Italia
Permaisuri Franka
996 – 1000
Diteruskan oleh:
Constance dari Arles