Eadgifu dari Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Eadgifu dari Inggris

Eadgifu atau Edgifu, juga dikenal sebagai Edgiva atau Ogive. (Ēadgifu; 902 – setelah tahun 955) adalah putri[1] Edward yang Lebih Tua, Raja Wessex dan Inggris, dengan istri keduanya Ælfflæd. Ia dilahirkan di Wessex.

Pernikahan dengan Raja Prancis[sunting | sunting sumber]

Ia adalah istri kedua Raja Charles III dari Prancis,[1] yang ia nikahi pada tahun 919 setelah kematian istri pertamanya, Frederuna; ia adalah ibu dari Louis IV dari Prancis.

Terbang ke Inggris[sunting | sunting sumber]

pada tahun 922 Charles III digulingkan dan pada tahun berikutnya ia ditawan oleh Herbert II, Pangeran Vermandois, sekutu dari penguasa yang memerintah. Untuk melindungi keselamatan putranya Eadgifu membawanya ke Inggris pada tahun 923 ke istana saudara tirinya, Æthelstan dari Wessex.[2]

Karena hal tersebut, Louis IV dari Prancis menjadi dikenal sebagai Louis d'Outremer dari Prancis. Ia menetap disana sampai tahun 936, ketika ia dipanggil kembali ke Prancis untuk dimahkotai sebagai Raja. Eadgifu menemaninya.

Ia mengundurkan diri dan masuk ke biara di Laon. Beberapa sumber menyatakan bahwa pada tahun 951, ia meninggalkan biara dan menikah dengan Herbert III, Pangeran Vermandois namun hal ini seperti adalah kekeliruan karena Herbert belum lahir sampai dengan tahun.[2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Lappenberg, Johann (1845). A History of England Under the Anglo-Saxon Kings. J. Murray. hlm. 88–89. 
  2. ^ a b Williams, Ann (1991). A Biographical Dictionary of Dark Age Britain: England, Scotland, and Wales. Routledge. hlm. 112. ISBN 1852640472. 

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Lappenberg, Johann (1845). A History of England Under the Anglo-Saxon Kings. J. Murray. hlm. 88–89. 
  • Williams, Ann (1991). A Biographical Dictionary of Dark Age Britain: England, Scotland, and Wales. Routledge. hlm. 112. ISBN 1852640472. 
Didahului oleh:
Frederuna
Ratu Prancis Barat
919–922
Diteruskan oleh:
Béatrice dari Vermandois