Collateral Damage (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Collateral Damage
Sutradara Andrew Davis
Produser Hawk Koch
Nicholas Meyer
Penulis David Griffiths
Ronald Roose
Pemeran Arnold Schwarzenegger
Elias Koteas
Francesca Neri
Cliff Curtis
John Leguizamo
John Turturro
Musik Graeme Revell
Sinematografi Adam Greenberg
Penyunting Dave Hoenig
Denis Virkler
Distributor Warner Bros.
Tanggal rilis 4 Februari 2002 (Perdana)
8 Februari 2002 (Teatrikal)
Durasi 108 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Spanyol
Anggaran AS$85 juta
Pendapatan kotor AS$78.382.433


Collateral Damage adalah film aksi Amerika tahun 2002 yang menceritakan kisah pemadam kebakaran Los Angeles, Gordon Brewer (diperankan oleh Arnold Schwarzenegger), yang ingin membalas dendam atas kematian istri dan anaknya di tangan seorang komando gerilya, dengan melakukan perjalanan ke Kolombia dan menghadapi pembunuh keluarganya.

Alur[sunting | sunting sumber]

Sebuah bom meledak di sebuah plaza gedung Konsulat Kolombia di Los Angeles, menewaskan 9 orang termasuk rombongan pejabat Kolombia dan agen intelijen Amerika. Di antara warga sipil yang tewas yaitu istri dan anak pemadam kebakaran LAFD, Gordon Brewer (Arnold Schwarzenegger), dan ia sendiri terluka dalam ledakan ketika datang menjemput keluarganya. Segera setelah itu, sebuah rekaman dikirim ke Departemen Luar Negeri AS, di mana seorang pria bertopeng yang menyebut dirinya "El Lobo" (Serigala) mengklaim yang bertanggung jawab atas pengeboman itu, menjelaskan bahwa itu sebagai pembalasan atas penindasan Amerika terhadap Kolombia. FBI meyakini bahwa El Lobo adalah teroris Kolombia yang bernama Claudio Perrini (Cliff Curtis). Agen Khusus CIA, Peter Brandt (Elias Koteas), Kepala Stasiun Kolombia, ditegur dengan kasar karena kejadian itu oleh Senat Komite Pengawas, yang segera menghentikan semua operasi CIA di Kolombia. Brandt marah lalu kembali ke Mompós dan bertemu dengan sekutu paramiliter untuk merencanakan serangan besar untuk menangkap Claudio dan pasukan gerilyanya.

Frustrasi karena campur tangan politik terkait penyelidikan, Brewer juga melakukan perjalanan ke Mompós secara pribadi untuk mengejar Claudio, namun sayangnya, ia ditangkap karena memasuki negara itu secara ilegal. Gerilyawan berencana melarikan diri dari penjara untuk membebaskan sesama anggotanya serta mencoba menculik Brewer untuk menuntut uang tebusan yang besar untuk mereka. Satuan dari Brandt disiagakan untuk kehadiran Brewer di Kolombia, tapi datang terlambat untuk mencegah tahanan kabur. Brewer lolos dari penjara, menghindar dari penangkapan, dan mengamankan umpan wilayah gerilya serta informasi yang menjebaknya dengan pemasok narkoba, Felix Ramirez (John Leguizamo), manajer fasilitas distribusi kokain yang mendanai gerilyawan. Berpura-pura menjadi montir yang disewa untuk memperbaiki generator, Brewer memperdaya rakitan bahan peledak dan menghancurkan beberapa fasilitas. Felix disalahkan atas penghancuran tanaman narkoba dan dieksekusi di depan mata tersembunyi Gordon. Brewer kemudian menyusup ke markas Claudio dan menaruh bom untuk membunuhnya, namun tertangkap ketika ia mencoba untuk mencegah seorang wanita bernama Selena (Francesca Neri), yang ternyata adalah istri Claudio, agar tidak terperangkap dalam radius ledakan. Di kompleks rumah Claudio, Selena yang juga kehilangan anak dalam pemboman, merasa empati dengan motif Brewer dan mengakui bahwa Claudio sedang merencanakan pengeboman lain di Washington, D.C..

Sementara itu, satuan dari Brandt menempati kompleks Claudio dan meluncurkan serangan. Selama baku tembak berikutnya, Selena membantu Brewer bebas dan bersama dengan Brandt, melakukan perjalanan kembali ke Departemen Luar Negeri di Washington, D.C. untuk membantu upaya pencarian Claudio. Selena mengatakan bahwa Union Station sebagai target, dan FBI pergi menyelidiki. Dengan berpura-pura menggunakan toilet, dia berdalih dari ruang komando dan menjadi kesal ketika anak angkatnya Mauro menolak ikut dengannya. Brewer mengenali gerakan tangan yang dibuat Selena sama dengan gerakan pria bertopeng yang mengaku sebagai El Lobo yang dilakukan dalam rekaman itu, dan menyadari bahwa sebenarnya dia adalah "Serigala" yang selama ini dicari. Selanjutnya, Brewer menduga target sebenarnya adalah Departemen Luar Negeri. Brewer dengan cepat melempar mainan dinosaurus Mauro yang terdapat bom di dalamnya, keluar melalui jendela sesaat sebelum meledak. Brandt ditembak dan tewas dalam lift dalam upaya menghentikan Selena yang ingin melarikan diri dari gedung itu.

Brewer mengejar Selena ke ruang bawah tanah gedung tempat dia dan Claudio sedang mengendarai motor melalui terowongan bawah tanah. Brewer menemukan konsol kontrol terowongan dan menutup pintu gerbang, mencegah pelarian mereka. Brewer membacok jalur gas agar terbuka di sepanjang dinding terowongan dan ketika mereka kembali, Selena akan menembak Brewer yang ternyata memicu gas. Brewer melompat melalui pintu tepat saat seluruh terowongan meledak. Selena dan Claudio selamat dari ledakan, bagaimanapun, dan menyerangnya secara bersamaan. Setelah terjadi perkelahian singkat, Selena terlempar ke sirkuit terbuka dari panel kontrol dan tersengat listrik, sedangkan Claudio tewas ketika Brewer melempar kapak di dadanya. Brewer kemudian membawa Mauro dalam pelukannya saat mereka meninggalkan Departemen Luar Negeri. Sebuah suara dari siaran berita menjelaskan Brewer akan menerima penghargaan Presidential Medal of Freedom karena telah mencegah salah satu serangan teroris terburuk dalam sejarah AS.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Serangan 11 September 2001 mempengaruhi peluncuran dan pengeditan akhir film. Trailer asli dihapus karena menunjukkan serangan bom besar di AS. Film ini awalnya dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 5 Oktober 2001, tetapi ditunda karena tema terorisme dan akhirnya dirilis pada tanggal 8 Februari 2002. Pemutaran perdana diadakan pada tanggal 4 Februari 2002. Film ini juga seharusnya menyertakan aktris Kolombia Sofía Vergara dalam peran seorang pembajak pesawat, namun adegan di mana Vergara akan membajak pesawat dipotong dari film. Film ini menghasilkan US $78.000.000 di seluruh dunia menanggapi anggaran sebesar US $85.000.000 dan dianggap sebagai box office yang gagal total.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]