Coleoidea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Coleoidea
Periode Devonian or Carboniferous–Recent

Seekor sotong
seekor gurita.
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumMollusca
KelasCephalopoda
SubkelasColeoidea
Bather, 1888
Pembagian

Coleoidea[1][2] atau Dibranchiata, adalah salahsatu dari dua subkelas dari sefalopoda, yang mencakup beragam jenis takson, yang secara umum dikenal sebagai "bertubuh lunak" dan "tidak memiliki cangkang" (seperti gurita, cumi-cumi dan sotong).[3] Tidak seperti kelompok saudaranya yang masih hidup Nautiloidea, yang anggotanya memiliki cangkang luar yang keras sebagai perlindungan, anggota coleoidea memiliki cangkang internal yang dikenal sebagai tulang sotong (cuttlebone) atau gladius, yang dapat digunakan untuk mengontrol gaya apung atau sebagai titik menempelnya jaringan otot. Beberapa spesies, terkhususnya gurita pada subordo Incirrata, kehilangan tulang sotongnya, sementara pada beberapa spesies tulang tersebut digantikan oleh sebuah struktur tunjangan dari kitin. Sebuah ciri unik dari kelompok ini adalah kemampuannya untuk menyunting RNAnya sendiri.[4]

Pembagian-pembagian utama dari Coleoidea ditentukan bedasarkan jumlah lengan atau tentakel, dan struktur mereka. Wujud punah dan paling primitif kelas ini, Belemnoidea, kemungkinan memiliki sepuluh lengan dengan ukuran serupa dalam lima pasang, yang dinamai, dari paling dorsal ke ventral, sebagai I, II, III, IV dan V. Spesies lebih moderen memodifikasi atau menghilangkan satu pasang lengan. Superordo Decapodiformes memiliki pasangan legan IV yang termodifikasi menjadi tentakel panjang dengan penyedot yang berada pada bagian paling ujung lengannya, yang mirip pentung. Superordo Octopodiformes memiliki modifikasi pada pasangan lengan II; ukurannya sangat mengecil dan hanya digunakan sebagai filamen sensorik pada Vampyromorphida, sementara anggota Octopoda sepenuhnya kehilangan pasangan lengan tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ From Greek koleos, sheath
  2. ^ Nixon, Marion; Young, J. Z. (2003). The Brains and Lives of Cephalopods. New York: Oxford University Press. ISBN 978-0-19-852761-9. 
  3. ^ Parker, Sybil, P (1984). McGraw-Hill Dictionary of Biology. McGraw-Hill Company. 
  4. ^ Octopus And Squid Evolution Is Officially Weirder Than We Could Have Ever Imagined