Cold Mountain (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Cold Mountain
Cold Mountain Poster.jpg
Poster film Cold Mountain
Sutradara Anthony Minghella
Produser Sydney Pollack
William Horberg
Albert Berger
Ron Yerxa
Skenario Anthony Minghella
Berdasarkan Cold Mountain 
oleh Charles Frazier
Pemeran Jude Law
Nicole Kidman
Renée Zellweger
Musik Gabriel Yared
Sinematografi John Seale
Penyunting Walter Murch
Perusahaan
produksi
Mirage Enterprises
Bona Fide Productions
Distributor Miramax Films
Tanggal rilis
  • 7 Desember 2003 (2003-12-7) (Los Angeles)
  • 25 Desember 2003 (2003-12-25) (Amerika Serikat)
  • 2 Januari 2004 (2004-1-2) (Britania Raya)
Durasi
152 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $79 juta[2]
Pendapatan kotor $173,013,509[2]

Cold Mountain adalah film drama perang petualangan tahun 2003 yang disutradarai oleh Anthony Minghella dan diproduseri oleh Sydney Pollack, William Horberg, Albert Berger dan Ron Yerxa. Naskah film ini ditulis oleh Anthony Minghella berdasarkan novel Cold Mountain karya Charles Frazier. Film ini dibintangi oleh Jude Law, Nicole Kidman dan Renée Zellweger.

Film Cold Mountain ditayangkan secara perdana di Los Angeles pada tanggal 7 Desember 2003 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2003 dan di Britania Raya pada tanggal 2 Januari 2004. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ketika Carolina Utara memisahkan diri dari Persatuan pada tanggal 20 Mei 1861, para pemuda di sebuah kota pedesaan Carolina Utara di Cold Mountain bergegas mendaftarkan diri dalam Tentara Konfederasi. Di antara mereka ada W. P. Inman (Jude Law), seorang tukang kayu yang jatuh cinta dengan Ada Monroe (Nicole Kidman), putri Pendeta Monroe (Donald Sutherland), dan masa pacaran mereka terhalang oleh perang.

Tiga tahun kemudian, Inman menemukan dirinya di Pertempuran Kawah. Terowongan Tentara Persatuan berada di bawah benteng Konfederasi dan meledakkan satu tong bubuk mesiu sebelum menyerang pemberontak. Oakley (Lucas Black), kenalan Inman dari Cold Mountain, terluka parah. Inman membawanya ke rumah sakit lapangan, di mana Oakley meninggal dengan Inman di sampingnya dan seorang teman bernama Stobrod Thewes (Brendan Gleeson) memainkan sebuah lagu dengan biolanya.

Inman dan temannya, Swimmer (Jay Tavare), diperintahkan bersama para pria Cold Mountain lainnya untuk menghalau Tentara Persatuan yang selamat di belakang perbatasan mereka. Ketika serangan terjadi, sebuah tembakan bersahabat membunuh Swimmer dan melukai Inman. Ketika Inman berada di rumah sakit mendekati kematiannya, ia membaca sepucuk surat dari Ada di mana Ada memohon kepadanya untuk berhenti berperang, berhenti berbaris dan kembali kepadanya. Inman pulih dan dengan situasi perang yang semakin mendekati kekalahan Tentara Konfederasi yang tak terelakkan, ia kembali ke Cold Mountain.

Inman bertemu dengan pendeta yang korup, Pendeta Veasey (Philip Seymour Hoffman), yang akan menenggelamkan kekasih budaknya yang sedang hamil. Inman menghentikan Veasey dan meninggalkannya diikat untuk berhadapan dengan keadilan kota. Diasingkan dari parokinya, Veasey kemudian bergabung dengan Inman dalam perjalanannya.

Mereka membantu seorang pemuda bernama Junior (Giovanni Ribisi) yang sedang menjagal sapinya dan bergabung dengannya dan keluarganya untuk makan malam. Ketika Junior keluar ke jebakannya, para wanita dari keluarga Junior merayu Veasey dan istri Junior, Lila (Melora Walters), mencoba merayu Inman sebagai taktik karena Junior segera kembali dengan pasukan depan Konfederasi. Baik Inman maupun Veasey digiring dengan pembelot lain. Ketika pertempuran terjadi dengan pasukan berkuda Persatuan, Veasey terbunuh dan Inman ditinggalkan untuk mati. Seorang pertapa tua yang tinggal di hutan menemukan Inman dan merawatnya hingga pulih.

Inman bertemu dengan seorang janda muda yang sedih bernama Sara (Natalie Portman), yang membesarkan anaknya yang masih bayi, Ethan, sendirian, lalu Inman menginap di kabin Sara. Keesokan paginya, rombongan pasukan Persatuan tiba untuk meminta makanan. Sara meminta Inman untuk pergi, namun Inman bersembunyi di dekatnya. Sang pemimpin, Nym (Richard Brake), beserta letnannya melecehkan Sara, mencuri ternaknya dan meninggalkan Ethan dalam cuaca dingin, meskipun prajurit ketiga berusaha menjaga bayi tetap hangat. Nym mencoba memperkosa Sara, namun ia dan sang letnan dibunuh oleh Inman. Inman memaksa prajurit ketiga untuk menyerah dan membiarkannya pergi, namun Sara yang marah menembak prajurit ketiga tersebut.

Ketika perang saudara terjadi, Ada merupakan seorang gadis kota. Ia dan ayahnya baru-baru ini pindah ke sebuah peternakan di Cold Mountain bernama Black Cove. Ada bertemu dengan Inman di Cold Mountain dan melakukan hubungan romantis dengannya malam sebelum Inman bergabung dengan Tentara Konfederasi. Tidak lama setelah Inman pergi, ayahnya meninggal, meninggalkan Ada tanpa uang dan tanpa keterampilan bertani dan sedikit harapan untuk membantu para tentara yang sehat ketika perang terjadi.

Ada bertahan dengan kebaikan tetangganya, di mana salah satu tetangganya akhirnya menyuruh putri Stobrod, Ruby Thewes (Renée Zellweger), untuk membantu Ada. Ruby merupakan seorang wanita muda yang telah menjalani kehidupan yang keras dan lincah dalam perannya yang dibutuhkan untuk menjalankan pertanian. Ruby pindah ke rumah Ada dan mereka bersama-sama melakukan pertanian dan peternakan. Sementara itu, Ada menulis surat kepada Inman dengan harapan bertemu dengannya lagi dan memperbarui kisah cinta mereka.

Kedua wanita itu menjadi sahabat dekat dan orang kepercayaan. Mereka juga berteman dengan keluarga Swanger, yang tinggal di jalan Black Cove. Di sumur keluarga Swanger, Ada memiliki firasat bahwa Inman kembali bersamanya ketika salju turun dan dikelilingi burung gagak.

Ada dan Ruby serta beberapa anggota lain dari komunitas mereka, melakukan pertemuan yang tegang dengan para tentara depan. Cabang mereka dipimpin oleh Kapten Teague (Ray Winstone), di mana kakeknya pernah memiliki banyak tanah di Cold Mountain. Ia dan para deputinya memburu pembelot, sebagian dilakukan oleh Teague untuk merebut tanah mereka. Teague juga bernafsu dengan Ada. Bermaksud untuk melindungi wilayah Selatan dan warganya dari wilayah Utara, para tentara depan melakukan kekerasan, membunuh pembelot dan meneror warga yang membantu para pembelot. Teague dan anak buahnya menyiksa Mrs. Swanger (Kathy Baker) untuk membujuk putra-putranya yang membelot keluar dari persembunyian, membunuh Mr. Swanger (James Gammon) dan dua putranya ketika mereka muncul.

Stobrod Thewes, setelah ditinggalkan, kembali ke Cold Mountain bersama temannya, Pangle (Ethan Suplee), pemain banjo yang cerdik, dan Georgia (Jack White), pemain mandolin yang tertarik kepada Ruby.

Saat berkemah, Stobrod, Pangle dan Georgia terpojok oleh Teague dan anak buahnya. Pangle tanpa sengaja mengungkapkan bahwa para musisi adalah pembelot, lalu anak buah Teague menembak Pangle dan Stobrod, sementara Georgia melihat dari persembunyian. Georgia kabur ke Black Cove dan kembali dengan Ruby dan Ada, yang menemukan Pangle tewas dan Stobrod terluka parah. Ada membantu Ruby mengambil peluru dari punggung Strobrod dan mereka memutuskan untuk berlindung di beberapa kabin di hutan untuk menghindari Teague dan anak buahnya.

Inman, yang menderita kelaparan, akhirnya mencapai Cold Mountain dan hampir dibunuh oleh Ada sebelum ia mengenalinya. Mereka kemudian memperbarui cinta mereka dan menghabiskan malam bersama.

Para tentara depan segera menemukan mereka setelah menangkap dan menyiksa Georgia untuk mendapatkan informasi. Ketika baku tembak terjadi, Inman menyergap dan membunuh Teague dan sebagian besar anak buahnya, namun seorang letnan muda Teague yang bengis bernama Boise (Charlie Hunnam) melarikan diri ke atas gunung. Memojokkan Boise di dekat puncak, Inman mendesaknya untuk menyerah secara damai, namun Boise menolak dan menembak Inman, memaksa Inman untuk menembak Boise hingga mati, namun Inman terluka parah. Ada menemukan Inman tepat seperti firasatnya di sumur: kembali kepadanya ketika salju turun dan dikelilingi burung gagak. Akhirnya, Inman meninggal dalam pelukannya.

Beberapa tahun kemudian, Ada dan Ruby merayakan Paskah. Ruby menikah dengan Georgia, dan keduanya memiliki seorang putri dan seorang bayi. Hal ini juga mengungkapkan bahwa hubungan Ada dengan Inman pada malam hari membuat Ada telah memiliki seorang putri bernama Grace Inman.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Cold Mountain mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 71%, berdasarkan 226 ulasan, dengan rating rata-rata 6.7/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 73 dari 100, berdasarkan 41 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Cold Mountain mendapatkan $95,636,509 di Amerika Utara dan $77,377,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $173,013,509, melebihi anggaran produksi film $79 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $14,574,213, menempati posisi ketiga di box office di belakang film The Lord of the Rings: The Return of the King dan Cheaper by the Dozen.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cold Mountain (15)". British Board of Film Classification. December 3, 2003. Diakses tanggal May 15, 2013. 
  2. ^ a b c d "Cold Mountain (2003)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Cold Mountain (2003)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "Cold Mountain reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]