Coco de mer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Coco de mer
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Lodoicea

Spesies:
Lodoicea maldivica

Sinonim[2][3]
Daftar
    • Borassus sonneratii Giseke
    • Cocos maldivica J.F.Gmel.
    • Cocos maritima Comm. ex H.Wendl.
    • Lodoicea callypige Comm. ex J.St.Hil.
    • Lodoicea sechellarum Labill.
    • Lodoicea sonneratii (Giseke) Baill.

Lodoicea,[4] umumnya dikenal sebagai kelapa laut, coco de mer, atau kelapa ganda, adalah genus monotipe dalam keluarga palem. Genus ini hanya memiliki satu spesies saja yakni Lodoicea maldivica. Tumbuhan ini endemik di pulau Praslin dan Curieuse di Seychelles. Ia memiliki benih terbesar di kerajaan tumbuhan. Sebelumnya tumbuhan ini juga ditemukan di pulau kecil St Pierre, Chauve-Souris, dan Ile Ronde (Round Island), semuanya terletak di dekat Praslin, namun sempat punah di sana hingga baru-baru ini diperkenalkan kembali.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Tumbuhan ini umumnya tumbuh setinggi 25–34 m. Catatan tertinggi yang pernah ada yang diukur di tanah setelah penebangan, tinggi totalnya 56,7 m.[5]:260  Daunnya berbentuk kipas sepanjang 7–10 m dan lebar 4,5 m, dengan tangkai daun sepanjang 4 m pada tanaman dewasa. Namun tumbuhan remaja menghasilkan tangkai daun yang lebih panjang, yakni hingga 9 m[6][7] atau bahkan 10 m.[8] Tumbuhan ini dioecious, dengan bunga jantan dan betina yang terpisah. Bunga jantan tersusun dalam bunga seperti bunga untai hingga panjang 2 m[9] yang terus menghasilkan serbuk sari selama periode sepuluh tahun; menjadikannya salah satu bunga majemuk terpanjang yang pernah diketahui. Buah matang berdiameter 40–50 cm dan berat 15–30 kg, serta mengandung biji terbesar di kerajaan tumbuhan.[10] Buahnya yang membutuhkan waktu 6–7 tahun untuk matang dan dua tahun lagi untuk berkecambah, kadang-kadang juga disebut sebagai kelapa laut, kacang cinta, kelapa ganda, coco fesse, atau kacang Seychelles.[11]

Meskipun karakteristik fungsional tumbuhan ini mirip dengan pohon-pohon lain di hutan monodominan di daerah tropis lembab, ciri-ciri uniknya mencakup benih yang besar, mekanisme penyaluran yang efektif, dan beragam komunitas hewan yang berkerabat dekat. Sifat-sifat ini menunjukkan sejarah evolusi yang panjang dalam kondisi yang relatif stabil.[12] Dari enam pohon palem endemik monospesifik di Seychelles, coco de mer adalah "satu-satunya kasus gigantisme pulau yang nyata di antara tumbuhan berbunga Seychelles, ciri unik vegetasi Seychelles".[13] Terdapat sebelas catatan botani mengenai tumbuhan ini yakni:

  • Pohon ini menghasilkan buah liar terbesar yang tercatat sejauh ini, dengan berat mencapai 36 kg,[14] dan mungkin mencapai 45 kilogram.[15] (walaupun labu dan semangka peliharaan bisa jauh lebih berat)
  • Buahnya terdiri dari tiga karpel yang merupakan tumbuhan berbunga terbesar (walaupun karpel Entada spp. lebih panjang).
  • Buahnya paling lambat matangnya dan membutuhkan waktu 8 hingga 10 tahun.[16][17]
  • Benih matang yang beratnya mencapai 17,6 kg adalah yang terberat di dunia[18][19][20]
  • Benih setelah berkecambah menghasilkan kotiledon terpanjang yang diketahui, hingga empat meter.[21] dan kadang-kadang sepanjang 10 m.[22]
  • Ini adalah pohon yang pertumbuhannya paling lambat dibandingkan semua pohon besar,[23] meskipun beberapa pohon gurun berukuran kecil hingga sedang tumbuh lebih lambat. Di Peradenaya Royal Botanic Gardens, pertumbuhannya rata-rata 33 mm per tahun selama jangka waktu 140 tahun.
  • Bunga betinanya adalah yang terbesar di antara anggota arecaceae mana pun, dengan diameter hingga 10 cm.[19][20][24]
  • Bunga untai yang panjangnya mencapai dua meter, adalah yang terpanjang yang pernah diketahui.[9]
  • Kelopak bunga yang tumbuh bersama buah, adalah yang terbesar yang diketahui, panjangnya hingga 23 cm dan lebar 15 cm.[25]
  • Daunnya mempunyai umur paling panjang dibandingkan monokotil mana pun, sembilan tahun untuk berkembang menjadi bunga tandan spike terminal, dan kemudian sembilan tahun lagi sebagai daun yang berfungsi penuh.[26] Namun Lodoicea dewasa dapat memiliki sebanyak dua puluh daun dengan potensi umur 24 tahun.[27]
  • Terakhir, coco de mer adalah tumbuhan paling efisien yang dikenal dalam memulihkan nutrisi dari daun yang hampir mati.[28][29]

Dari enam palem endemik di Seychelles, ini adalah satu-satunya spesies dioecious, dengan bunga jantan dan betina pada tanaman berbeda.[30]

Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Coco de mer merupakan tumbuhan yang kuat, menyendiri, tinggi hingga 30 m dengan batang tegak, tidak berduri, dikelilingi bekas daun (Calstrom, tidak dipublikasikan). Pangkal batangnya berbentuk bulat dan umbinya cocok dengan mangkuk atau soket alami, dengan diameter sekitar 75 cm dan kedalaman 46 cm, menyempit ke arah bawah. Mangkuk ini tertusuk dengan ratusan lubang lonjong kecil seukuran bidal dengan tabung berongga di bagian luarnya yang melaluinya akar menembus tanah dari semua sisi, namun tidak pernah menempel pada mangkuk; mereka sebagian elastis, memberikan "permainan" yang hampir tidak terlihat tetapi sangat diperlukan pada batang induk ketika berjuang melawan kekuatan angin kencang.

Daun[sunting | sunting sumber]

Mahkota berupa dedaunan agak lebat dengan daun kaku, diameter palmate hingga 10 m dan panjang tangkai daun dua hingga empat meter. Daunnya rumit di pangkalnya, dipotong sepertiga atau lebih menjadi ruas-ruas selebar 4–10 cm dengan ujung bifid yang sering terkulai. Celah segitiga muncul di dasar tangkai daun.[19] Daun khas palem membentuk corong besar yang menghalangi partikel, terutama serbuk sari, yang terbawa ke pangkal batang saat hujan. Dengan cara ini, coco de mer meningkatkan pasokan nutrisi dan keturunannya yang penyebarannya terbatas.[12]

Bunga[sunting | sunting sumber]

Dua spesies hewan endemik pada coco de mer di Vallée de Mai

Gugusan benang sari tersusun spiral dan diapit oleh daun pelindung kasar yang sangat keras. Masing-masing mempunyai daun pelindung kecil, tiga kelopak membentuk tabung silinder, dan mahkota corolla tiga lobus. Ada 17 hingga 22 benang sari. Bunga putik berbentuk soliter dan terletak pada sudut tulang bunga dan sebagian tenggelam di dalamnya dalam bentuk cangkir. Bentuknya bulat telur dengan tiga kelopak dan tiga mahkota.[19] Ada dugaan bahwa mereka mungkin diserbuki oleh hewan seperti kadal endemik yang menghuni hutan tempat mereka hidup.[22] Penyerbukan oleh angin dan hujan juga dianggap penting.[30] Hanya ketika tumbuhan ini mulai menghasilkan bunga, yang dapat bervariasi dari 11 tahun hingga 45 tahun atau lebih, jenis kelamin tumbuhan dapat ditentukan secara visual. Nektar dan serbuk sari juga merupakan makanan bagi beberapa hewan endemik misalnya tokek hijau terang (Phelsuma sp.), siput telanjang putih (Vaginula seychellensis) dan serangga.[31]

Bunga majemuk jantan

Bunga majemuknya berbentuk interfoliar, tidak memiliki daun pelindung penutup dan lebih pendek dari daun. Bunga majemuk benang sari berbentuk seperti bunga untai, panjangnya satu sampai dua meter dan lebarnya sekitar 8 cm dan menghasilkan serbuk sari dalam jangka waktu 8 sampai 10 tahun.[32] Bunga-bunga untai ini umumnya terminal dan menyendiri, tetapi terkadang ada dua atau tiga bunga untai. Bunga majemuk putik juga memiliki panjang satu hingga dua meter, tidak bercabang, dan bunganya terletak pada rachila yang zig-zag.[20]

Buah[sunting | sunting sumber]

Buah
Bagian dalam buah (dengan kulit luarnya yang dibuang), dengan label yang menunjukkan asal usulnya

Buahnya berbentuk dua lobus, pipih, panjang 40 sampai 50 cm berbentuk bulat telur dan runcing, dan biasanya berisi satu tetapi kadang-kadang dua sampai empat biji. Epikarpusnya halus dan mesokarpusnya berserat. Endospermanya tebal, relatif keras, berongga, dan homogen. Embrio berada di sinus di antara dua lobus. Selama perkecambahan, tangkai daun kotiledon berbentuk tabung berkembang yang menghubungkan tumbuhan muda dengan biji. Panjang tabung tersebut dilaporkan mencapai sekitar empat meter.[19] Di Vallée de Mai, panjang tabung bisa mencapai 10 m.[9][22]

Tumbuhan ini pernah diyakini sebagai kacang laut atau benih hanyut, benih yang berevolusi untuk disebarkan melalui laut. Namun kini diketahui bahwa bagian dalam buah (disebut "kacang") yang masih hidup terlalu padat untuk mengapung, dan hanya bagian dalam buah busuk yang dapat ditemukan di permukaan laut,[33] sehingga terjelaskan mengapa jangkauan pepohonan hanya terbatas pada dua pulau saja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Fleischer-Dogley, F.; Huber, M.J.; Ismail, S. (2011). "Lodoicea maldivica". 2011: e.T38602A10136618. doi:10.2305/IUCN.UK.2011-2.RLTS.T38602A10136618.en. 
  2. ^ "Lodoicea maldivica (J.F.Gmel.) Pers." World Flora Online. The World Flora Online Consortium. 2022. Diakses tanggal 22 June 2022. 
  3. ^ "Lodoicea maldivica (J.F.Gmel.) Pers., Syn. Pl. 2: 630 (1807)." Plant of the World Online. Royal Botanic Gardens, Kew. 2022. Diakses tanggal 12 November 2022. 
  4. ^ "Lodoicea Comm. ex DC., Bull. Sci. Soc. Philom. Paris 2: 171 (1800)". Plant of the World Online. Royal Botanic Gardens, Kew. 2022. Diakses tanggal 12 November 2022. 
  5. ^ "Letter from Swinburne Ward, Esq., to Sir William Hooker, F.R.S." The Journal of the Linnean Society. Botany. 9: 259–261. 1866. Diakses tanggal 12 November 2022 – via Biodiversity Heritage Library. 
  6. ^ Biotropica Vol. 15 # 1 (March 1983) p. 18 Fig 3
  7. ^ Corner, E.J.H. (1966). Natural History of Palms. Berkeley, California: University of California Press. hlm. 314–315. 
  8. ^ Coativy, Rene (Summer 2010). The Palm Journal (195): 6 plus photo inside front cover p. 1.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  9. ^ a b c Mazza, Giuseppe. "The incredible Maldivian Lodoicea and the Vallee de Mai". Diterjemahkan oleh Mario Beltramini. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-05. Diakses tanggal September 29, 2015. 
  10. ^ Bellot, Sidonie (8 July 2020). "Double coconut: The largest seed in the world". Kew Gardens. Diakses tanggal 25 July 2021. 
  11. ^ Tim Ecott (16 July 2011). "Royal honeymooners' 'erotic' souvenir". BBC News. 
  12. ^ a b Edwards, Peter J.; Fleischer-Dogley, Frauke; Kaiser-Bunbury, Christopher N. (2015). "The nutrient economy of Lodoicea maldivica, a monodominant palm producing the world's largest seed". New Phytologist. 206 (3): 990–999. doi:10.1111/nph.13272alt=Dapat diakses gratis. PMID 25616088. 
  13. ^ Proctor, J. (1984). "Vegetation of the granitic islands of the Seychelles". Dalam Stoddart, D. R. Biogeography and Ecology of the Seychelles Islands. W. Junk. ISBN 978-90-6193-881-1. OCLC 906429733. 
  14. ^ Hartman, Carl (November 2001). "...and Around the World". The Palm Journal (161): 41. 
  15. ^ Blackmore, Stephen; et al. (2012). "Observations on the Morphology, Pollination and Cultivation of Coco de Mer (Lodoicea maldivica (J F Gmel.) Pers., Palmae)". Journal of Botany. 2012: 1. doi:10.1155/2012/687832alt=Dapat diakses gratis. 
  16. ^ Clarke, George (February 1841). "Some Further Particulars of the Coco de Mer". Annals and Magazine of Natural History. 6 (39): 409. 
  17. ^ MacMillan, Hugh F. (1943). Tropical Planting and Gardening. London: MacMillan and Co. Ltd. hlm. 160 (Photo and caption). 
  18. ^ Ecott, Tim (16 July 2011). "Royal honeymooners' 'erotic' Seychelles souvenir". BBC News. Diakses tanggal 17 July 2011. 
  19. ^ a b c d e Uhl, Natalie; Dransfield, John (1987). Genera Palmarum: A Classification of Palms Based on the Work of Harold E. Moore, Jr. Allen Press. ISBN 9780935868302. 
  20. ^ a b c Wise, R. (1998). A Fragile Eden. New Jersey: Princeton University Press. 
  21. ^ Corner, E.J.H. (1966). Natural History of Palms. Berkeley, CA: Univ. of Calif. Press. hlm. 194. 
  22. ^ a b c Beaver, Katy; Chong-Seng, Lindsay (1992). Vallee de Mai -Text and Photographs by Katy Beaver and Lindsay Chong-Seng. Space Publishing. hlm. 1–60. 
  23. ^ Moore, Randy; Montes, Dr. Felix (Autumn 2004). "Gardens - Peradinaya Royal Botanic Gardens". The Palm Journal. <no volumes> (178): 35 (text and photo). 
  24. ^ Bailey, Liberty Hyde (February 11, 1942). "Palms of the Seychelles". Gentes Herbarium. 6 (1): 11. 
  25. ^ Yates, Maya (June 1971). "The Seychelles - Treasure Islands of Indian Ocean". Venture - the Traveler's World. 8 (5): 41 et seq. 
  26. ^ Corner, Prof. E.J.H. (1966). Natural History of Palms. Berkeley, Calif.: Univ. Calif. Press. hlm. 45–49. 
  27. ^ Savage, Andrew J.P.; Ashton, Peter S (March 1983). "The Population Structure of the Double Coconut...etc". Biotropica. 15 (1): 1. doi:10.2307/2387992. JSTOR 2387992. 
  28. ^ Colin Barras (2015-02-06). "The secret of the world's largest seed revealed"Perlu mendaftar (gratis). Newscientist. Diakses tanggal 2022-07-09. 
  29. ^ Science News (May 16, 2015) p.5.[perlu rujukan lengkap]
  30. ^ a b Edwards, Kollmann & Fleischmann's selective review of the biology of the species (2002)
  31. ^ "Vaginula seychellensis". www.safari-afrika.de. Diakses tanggal 2016-04-04. 
  32. ^ Clark Esq., George (February 1841). "Some Further Peculiarities of the Coco-de-Mer". The Annals and Magazine of Natural History. 6 (39): 115. 
  33. ^ Gollner, Adam Leith (1999). The Fruit Hunters, a story of nature, adventure, commerce and obsession. Scribner. hlm. 114. ISBN 978-0-7432-9694-6.