Clarice Lispector

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Clarice Lispector
Lispector, 1969
Lispector, 1969
LahirChaya Pinkhasivna Lispector
(1920-12-10)10 Desember 1920
Chechelnyk, Republik Rakyat Ukraina
Meninggal9 Desember 1977(1977-12-09) (umur 56)
Rio de Janeiro, Brasil
Nama penaHelen Palmer, Teresa Quadros
PekerjaanPengarang
KebangsaanBrasil
Genre
  • Novel
  • ceritak pendek
Karya terkenal
  • Near to the Wild Heart
  • The Passion According to G.H.
  • Family Ties
  • The Hour of the Star
Pasangan
Maury Gurgel Valente
(m. 1943; c. 1959)
Anak2
KerabatElisa Lispector (saudara)
Tanda tangan

Philosophy career

Dipengaruhi
Website
claricelispector.com.br

Clarice Lispector (nee Chaya Pinkhasivna Lispector (bahasa Ukraina: Хая Пінкасівна Ліспектор; bahasa Yiddi: חיה פּינקאַסיװנאַ ליספּעקטאָר) 10 Desember 1920 – 9 Desember 1977) adalah seorang novelis dan cerpenis asal Brasil. Karya-karyanya yang inovatif dan istimewa mengeksplorasi berbagai gaya naratif dengan tema keintiman serta penuh introspeksi, yang kemudian diakui secara internasional.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir dari keluarga Yahudi di Podolia di Ukraina Barat, saat masih bayi dia pindah ke Brasil bersama keluarganya, di tengah bencana yang melanda tanah kelahirannya setelah Perang Dunia Pertama. Dia dibesarkan di Recife, ibu kota negara bagian timur laut Pernambuco, tempat ibunya meninggal saat dia berusia sembilan tahun. Keluarganya pindah ke Rio de Janeiro ketika dia masih remaja. Saat di sekolah hukum di Rio, dia mulai menerbitkan karya jurnalistik dan cerita pendek pertamanya, melambungkan ketenaran pada usia 23 tahun dengan penerbitan novel pertamanya, Near to the Wild Heart ditulis dengan monolog interior serta gaya bahasa yang dianggap revolusioner di Brasil.

Dia meninggalkan Brasil pada tahun 1944 setelah menikah dengan seorang diplomat Brasil, dan menghabiskan satu setengah dekade berikutnya di Eropa dan Amerika Serikat. Setelah kembali ke Rio de Janeiro pada tahun 1959, dia menerbitkan cerita Family Ties dan novel The Passion According to G.H. Dia terluka dalam kecelakaan pada tahun 1966, dia menghabiskan dekade terakhir hidupnya dengan sering kesakitan, terus menulis dan menerbitkan novel dan cerita, termasuk Água Viva, sampai kematian dini pada tahun 1977.

Dia telah menjadi subjek dari banyak buku, dan referensi tentang dia dan karyanya adalah hal yang umum dalam sastra dan musik Brasil. Beberapa karyanya telah diangkat menjadi film. Pada tahun 2009, Benjamin Moser menerbitkan Mengapa Dunia Ini: Biografi Clarice Lispector. Sejak publikasi, karya-karyanya telah menjadi objek proyek penerjemahan ulang yang ekstensif, diterbitkan oleh New Directions Publishing dan Penguin Modern Classics, orang Brasil pertama yang memasuki seri bergengsi tersebut. Moser, yang juga editor antologinya The Complete Stories (2015), menggambarkan Lispector sebagai penulis Yahudi terpenting di dunia sejak Kafka.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ha, T. H., "Clarice Lispector's Magical Prose", The Atlantic, August 21, 2015.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]