Citepus, Palabuhanratu, Sukabumi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Citepus
Kelurahan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenSukabumi
KecamatanPalabuhanratu
Luas1.484,30 ha
Jumlah penduduk10.165 jiwa[1]
Kepadatan684 orang/km2

Citepus adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kelurahan ini terletak memanjang di sebelah barat laut Kota Palabuhanratu, ibu kota kecamatan dan juga kabupaten, pada jalur lintas selatan Jawa Barat menuju Provinsi Banten. Pusat kelurahan berjarak sekitar 3 km ke kota tersebut, yang dapat dicapai dengan angkutan umum.

Batas-batas wilayah kelurahan ini adalah sebagai berikut:

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2006 jumlah penduduk Citepus tercatat sejumlah sebanyak 10.165 jiwa (2.476 kepala keluarga), terdiri atas 5.071 orang laki-laki dan 5.094 orang perempuan. Secara administrasi kewilayahan, Kelurahan Citepus terbagi menjadi tiga (3) kedusunan yaitu Dusun Citepus Hilir, Dusun Citepus Girang dan Dusun Kiara Lawang. Sementara kedusunan Kiara Lawang terbagi lagi atas beberapa kampung, yakni Kp. Kiara Lawang, Kp. Cigangsa, Kp. Cijambe dan Kp. Gunung Sumping.

Penggunaan tanah[sunting | sunting sumber]

Citepus memiliki luas toal kurang lebih 1.484,300 hektare. Lahan ini digolong-golongkan lagi atas tanah sawah seluas 121,702 ha, ladang 606,270 ha, permukiman 57,410 ha, perkebunan negara 221,622 ha, perkebunan swasta 38,661 ha, fasilitas umum 25,874 ha, dan kawasan hutan negara seluas 290 ha. Hutan negara di desa ini berupa kawasan hutan produksi di bawah pengelolaan Perum Perhutani KPH Sukabumi.

Fasilitas umum[sunting | sunting sumber]

Citepus telah memiliki sarana pendidikan yang cukup lengkap dari sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah tingkat atas. Sarana pelayanan kesehatan setempat adalah posyandu di setiap RW. Jaringan listrik PLN di kelurahan ini sudah tersebar merata hingga ke kampung-kampung. Sementara pasar terdekat adalah pasar Palabuhanratu.

Layanan administrasi kependudukan di kelurahan ini difasilitasi oleh adanya lembaga pemerintahan desa. Sementara kelembagaan lain yang juga memegang peranan penting dalam memberikan layanan kepada masyarakatnya, di Citepus juga terdapat PKK, Karang Taruna, kelompok tani dan koperasi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Data tahun 2006