Cincin Emas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Coat of Arms of Yaroslavl (1995).png Coat of Arms of Pereslavl-Zalessky (Yaroslavl oblast).png
Vladimir Coat of Arms of Rostov (Yaroslavl oblast).png
Coat of Arms of Suzdal.png Coat of Arms of Sergiev Posad (Moscow oblast).png
Coat-of-Arms-of-Ivanovo-(Ivanovskaya oblast).svg Coat of Arms of Kostroma.png

Cincin Emas (bahasa Rusia: Золото́е кольцо́) adalah suatu lingkaran dari kota-kota di wilayah utara Moskow, ibu kota Rusia. Kota-kota ini sebelumnya terdiri dari wilayah yang dikenal sebagai Zalesye.

Kota-kota tua ini juga memainkan peran signifikan dalam pembentukan Gereja Ortodoks Rusia, yang menyimpan ingatan penting dan peristiwa signifikan dalam Sejarah Rusia. Kota-kota ini disebut pula dengan "museum terbuka" dan monumen-monumen dengan fitur unik dengan arsitektur Rusia di abad ke-12 hingga abad ke-18, termasuk kremlin, biara-biara, gereja, dan gereja-gereja. Kota-kota ini termasuk kota-kota terindah di Rusia yang menampilkan kubah berbentuk bawang di Rusia.

Cakupan kota[sunting | sunting sumber]

Gereja Kebangkitan Kostroma (1652) adalah contoh hebat dari seni Rusia di abad ke-17 (fotografi warna, Sergei Mikhailovich Prokudin-Gorskii, 1910, Perpustakaan kongres)

Tidak ada daftar resmi kota mana yang membentuk Cincin Emas kecuali delapan kota utama seperti Yaroslavl, Kostroma, Ivanovo, Suzdal, Vladimir, Sergiev Posad, Pereslavl-Zalessky dan Rostov Veliky. Selain kota-kota tua lainnya berada di wilayah Ivanovo, Vladimir dan Yaroslavl yang menganggap diri mereka sebagai bagian dari cincin tersebut, yang termasuk diantaranya seperti Palekh, Plyos dan Shuya (daerah Ivanovo) Gorokhovets, Gus-Khrustalny, Murom, Yuriev-Polsky (daerah Vladimir) dan Rybinsk, Tutaev dan Uglich (daerah Yaroslavl).

  • Sergiyev Posad adalah satu-satunya kota di wilayah Moskow yang termasuk dalam cakupan Cincin Emas, di mana Sergiev Posad berhubungan dekat dengan kawasan pelindungan UNESCO Troitse-Sergieva Lavra yang didirikan di abad ke-14 oleh Sergius daru Radonezh. Lavra kini merupakan salah satu situs religius terpenting di Rusia, di mana St Sergius merupakan salah satu orang suci Rusia yang paling dihormati.
  • Pereslavl-Zalesskiy adalah tempat lahir bagi Aleksandr Nevsky – yang dikenal sebagai pahlawan Rusia, pangeran dan orang suci. Tempat ini juga memiliki hubungan dengan Pyotr I dari Rusia yang dulunya memiliki armada mainan di Danau Plescheevo. Selain itu kota ini juga memiliki katedral era abad ke-12 yang indah, tumpukan tanah serta enam biara, di mana empat di antaranya masih aktif digunakan.
  • Rostov Velikiy dikenal juga dengan Rostov-Veliky (Rostov the Great) yang membedakannya dengan Rostov-on-Don yang lebih besar. Kota ini adalah salah satu kota tertua di Rusia yang pertama kali disebutkan dalam kronik di tahun 862. Pemandangan yang paling mengesankan misalnya terdapat pada batu kremlin putih yang berdiri di atas Danau Nero yang kini merupakan museum yang dilindungi. Kota ini juga memiliki tiga biara dan museum yang didedikasikan dalam seni lukis pada enamel, di mana kota ini menjadi kota yang terkenal.
  • Yaroslavl yang dikenal juga sebagai ibu kota tidak resmi dari Cincin Emas yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Tempat ini dipercaya didirikan tahun 1010 oleh pangeran Yaroslav. Pemandangan utama kota ini adalah Biara Spaso-Preobrazhensky yang sekarang menjadi museum, di mana salah satu di antara banyak gereja indah yang paling terkenal adalah Gereja St Elijah dan Gereja Baptist, yang keduanya dihiasi dengan lukisan dinding yang indah. Yaroslavl hanya berjarak empat jam dari Moskow dengan menggunakan kereta cepat.
  • Kostroma seperti halnya Moskow, telah dipercaya didirikan oleh Pangeran Agung Yury Dolgoruky di abad ke-12. Kota ini terkenal karena Biara Ipatievsky-nya yang memiliki hubungan dengan Dinasti Romanov dan merupakan seorang Tsar Romanov, di mana Tsar Michael adalah yang membuat tsar di sini. Kostroma merupakan kota di Cincin Emas yang lebih jauh dari Moskow yang dapat dicapai di malam hari dari ibu kota Moskow.
  • Ivanovo adalah tempat termuda dan merupakan kawasan industri dibandingkan kota Cincin Emas lainnya. Tempat ini sebelumnya dikenal sebagai Ivanovo-Voznesensk setelah dua desa digabung dalam bentuk kota baru di tahun 1871. Tempat ini terhubung dengan penjualan tekstil yang sempat terkenal, dan menyebabkan kota ini dikenal sebagai Bride City dan Russian Manchester.
  • Gus-Khrustalny
  • Suzdal adalah sebuah tempat yang mengacu pada museum terbuka dari sejumlah bangunan lawas yang dilindungi serta jauh dari industrialisasi. Beberapa wilayah diantaranya dilindungi oleh UNESCO sebagai Monumen Batu Putih Vladimir dan Suzdal. Tempat indah seperti Biara Spaso-Yefimiev (yang kini menjadi museum) dan museum kremlin. Selain itu terdapat pula, empat biara lainnya di kota ini.
  • Vladimir merupakan bekas ibukota Rusia di abad pertengahan, di mana Vladimir adalah kota yang sangat penting secara historis. Tempat ini merupakan kawasan industri yang memiliki Jembatan Emas, yang berbeda dengan tetangganya di Suzdal. Katedral St Demetrius dan Katedral Dormition adalah bangunan yang dilindungi UNESCO dan merupakan karya besar arsitektur dari Rusia kuno.

Banyak dari kota-kota ini ditemukan dari jalan raya M8 yang dapat dicapai dari stasiun kereta Yaroslavsky di Moskow.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]