Cimetière des Rois

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jalur tengah, pemakaman Plainpalais

Cimetière des Rois (bahasa Prancis untuk Pemakaman para Raja) (resminya Cimetière de Plainpalais), adalah sebuah pemakaman di Jenewa, Swiss. Pemakaman ini biasanya disebut berdasarkan rue des Rois (bahasa Prancis untuk Jalan Para Raja) yang berada di dekat letaknya.[1] Pemakaman ini didirikan pada tahun 1482 untuk orang-orang yang meninggal karena wabah penyakit pada Abad Pertengahan, selama pandemi wabah kedua.[1]

Tokoh yang dimakamkan[sunting | sunting sumber]

Hak untuk beristirahat di pemakaman Plainpalais sangat dibatasi. Berdasarkan Pasal 30 (3) Peraturan Pemakaman Kota Jenewa, hanya "magistrat dan tokoh terkemuka, yang telah memberikan kontribusi hidup dan aktivitasnya terhadap pengaruh Jenewa" [2] yang dapat mengklaim konsesi yang permintaannya harus diajukan ke Dewan Administratif.

Di pemakaman tersebut dimakamkan John Calvin (reformator Protestan), Jorge Luis Borges (penulis Argentina), Sérgio Vieira de Mello (mantan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia ), Ernest Ansermet (konduktor terkenal Swiss), dan Jean Piaget [3] (psikolog perkembangan dan epistemolog terkemuka). Komponis Frank Martin, Alberto Ginastera, Denis de Rougemont, Griselidis Real dan Alice Rivaz, Jeanne de Salzmann, ahli kimia Humphry Davy, editor François Lachenal, Robert Musil dan aktor François Simon juga dimakamkan di sana. Politisi juga dimakamkan di sana, seperti Adrien Lachenal (Presiden Konfederasi Swiss), Paul Lachenal, Antoine Carteret, Willy Donzé, dan Gustave Moynier (Presiden Palang Merah), serta Max van Berchem (pendiri epigrafi Arab).

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Harby, Bill (2 August 2021). "A stroll through Swiss history at Geneva's Cemetery of Kings". swissinfo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 August 2020. Diakses tanggal 4 February 2021. 
  2. ^ "Règlement des cimetières, du crématoire et du columbarium de la Ville de Genève" (PDF). ville-ge.ch. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 28 March 2014. Diakses tanggal 19 March 2009.  , p. 6.
  3. ^ Burman, J. T. (n.d.). "Profiles of international archives: Les Archives Jean Piaget, University of Geneva, Switzerland". History of Psychology. 16: 158–61. doi:10.1037/a0031405. ISSN 1093-4510. PMID 23544355.  A full-color version of the published photo of Piaget's grave can be found here, although this is covered by copyright and permission is required from the APA for its re-use.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]