Cijeruk, Dayeuhluhur, Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Cijeruk
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Cilacap
Kecamatan Dayeuhluhur
Pemerintahan
 • Kepala desa Suryaman.
Kodepos 53266
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Cijeruk adalah desa di kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Cijeruk berjarak 11 Km berkendara dari pusat kecamatan Dayeuhluhur dan 111 Km dari pusat pmerintahan Kabupaten Cilacap. Desa Cijeruk merupakan salah satu desa yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat disebelah utara. Penduduk Desa Cijeruk merupakan percampuran suku Jawa dan Sunda, bahkan mayoritas adalah suku Sunda. Mata pencaharian penduduk Desa Cijeruk 90% adalah petani, sisanya berwiraswasta, dan pegawai negeri. Seluruh penduduk Desa Cijeruk memeluk agama islam dan umumnya berbahasa Sunda. Hal ini disebabkan karena menurut latar belakang sejarahnya, wilayah Cilacap bagian barat dahulunya adalah bagian dari wilayah Sunda.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Provinsi Jawa Barat
Selatan Desa Datar dan Desa Cilumping
Barat Desa Kutaagung dan Desa Bolang
Timur Desa Cilumping

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

Desa Cijeruk memiliki 5 dusun dan satu grumbul. Satu Grumbul merupakan Masyarakat adat Tejakembang. Dimana di wilayah ini peraturan adat mengharuskan jumlah penduduknya tetap 14 kepala keluarga (KK). Grumbul Tejakembang secara administratif masuk dalam Dusun Kujang. Berikut nama Dusun di Desa Cijeruk:

  1. Dusun Cibenggang
  2. Dusun Cijeruk
  3. Dusun Jeruk Menyan
  4. Dusun Kujang
  5. Dusun Sawah Tengah

Geografi[sunting | sunting sumber]

Sungai Cibeet

Desa Cijeruk berada wilayah paling barat Kabupaten Cilacap dan Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat. Wilayahnya berada di lembah pegunungan yang merupakan rangkaian Pegunungan Pojoktiga. Ketinggian wilayah Desa Cijeruk antara 200-1.200 meter diatas permukaan air laut dengan sejumlah puncak gunung seperti Gunung Subang (1.206 m), Gunung Karanggumantung (1.185 m), Gunung Palasari (1.062 m) dan lainnya. Sungai Cibeet merupakan sungai utama yang melintas di tengah Desa Cijeruk, mengalir dari utara ke selatan dan bertemu dengan Sungai Cidayeuh. Sementara dibatas timur desa ini terdapat Sungai Cilumping serta Sungai tejakembang dibatas sebelah barat.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

(Indonesia) Profil Desa Cijeruk Cilacap