Cidebur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cidebur
Pembaptisan Cidebur, lukisan bersejarah abad ke-19 oleh Jan Matejko
Kematiansetl. 24 Juni 972
Poznań, Polandia
AyahSiemomysł
Ibutdk diketahui

Czcibor (bahasa Latin: Cidebur; meninggal setelah tahun 972) merupakan seorang pangeran Polandia dari Wangsa Piast. Ia adalah putra Adipati Siemomysł dan adik penguasa Kristen pertama, Mieszko I dari Polandia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Menurut E. Rymar (2005), Cidebur mungkin telah menjadi gubernur tanah-tanah Pommern setelah penaklukan Mieszko I dari wilayah suku-suku Slavia Barat dari sekitar tahun 967 M.[1] Di dalam sumber-sumber Abad Pertengahan, ia disebutkan sekali di dalam kronik Thietmar dari Merseburg, yang berhubungan dengan kemenangan Polandia di dalam Pertempuran Cedynia melawan pasukan markgraf Sachsen, Hodo I pada tahun 972 M. Ia dianggap sebagai komandan atau salah satu pemimpin Polandia utama, bersama dengan saudaranya Mieszko, dan Thietmar adalah sumber kehadirannya di dalam pertempuran tersebut. Kehadiran Cidebur di Cedynia mungkin tidak hanya didasarkan pada statusnya sebagai pemimpin perang dan saudara penguasa Polandia, tetapi juga oleh posisinya sebagai 'gubernur' dari Pommern yang ditaklukkan atau dicaplok.

Tanggal kelahiran dan kematiannya tidak diketahui, keluarganya: ibunda, istri atau istri-istri (kemungkinan besar ia seorang pagan sampai tahun 966 M), dan anak-anak juga tidak diketahui.[2] Mengingat namanya, ibundanya mungkin berasal dari Sorbia (Lausitz).

Kebudayaan populer[sunting | sunting sumber]

Góra Czcibora, Cedynia

Cidebur dikenal di dalam budaya populer Polandia, melalui buku-buku Józef Ignacy Kraszewski, Zbigniew Nienacki dan Paweł Jasienica, dan merupakan salah satu karakter utama di dalam film layar lebar tahun 1974 Gniazdo yang disutradarai oleh Jan Rybkowski. Pada tahun 1977 Grzegorz Rosiński, periset buku Komik Polandia menggambar sebuah cerita berdasarkan alur cerita Moczulski, di mana Cidebur hadir bersama saudaranya Mieszko, cerita panjang 8 panel penuh ini muncul dalam majalah bulanan komik Polandia Relax, volume 4.

Ada jalan yang dinamai menurut namanya di beberapa kota di Polandia, misalnya Łobez, Łódź, Szczecin. Di tempat di mana menurut penelitian arkeolog Władysław Filipowiak, Pertempuran Cedynia kemungkinan besar terjadi, sebuah bukit yang bernama Góra Czcibora ("Gunung Czcibor"). Sebuah monumen yang memperingati kemenangan tersebut didirikan di sana pada tahun 1972, dengan sebuah dedikasi di dalam bahasa Polandia dan Bahasa Rusia, keduanya menyebutkan Pangeran Czcibor.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rymar 2005, hlm. 40–41
  2. ^ Rymar 2005, hlm. 52, 58, 65, 67