Christopher Dodd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Chris Dodd)
Christopher Dodd
Senator Amerika Serikat
dari Connecticut
Mulai menjabat
5 Januari 1981
Menjabat bersama Joe Lieberman
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir27 Mei 1944
Willimantic, Connecticut
KebangsaanAmerika Serikat
Partai politikDemokrat
Suami/istriJackie Marie Clegg
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Christopher John Dodd (lahir 27 Mei 1944), adalah seorang politikus Amerika Serikat. Dodd, seorang Demokrat, telah menjabat sebagai Senator AS dari Connecticut sejak 1981, dan sejak 1989 menjadi senator senior negara bagian itu. Dodd juga menjadi kandidat untuk pemilihan umum kepresidenan 2008.

Masa kecil, karier dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Senator Christopher Dodd dilahirkan di Willimantic, Connecticut dalam sebuah keluarga Irlandia-Amerika, Senator Thomas Joseph Dodd dan Grace Murphy Dodd. Dodd belajar di Georgetown Preparatory School, sebuah sekolah Yesuit untuk anak-anak lelaki di Bethesda, Maryland. Setelah lulus dengan gelar sarjana dalam sastra Inggris dari Providence College pada 1966, Dodd berdinas sebagai relawan Korps Perdamaian di sebuah kota pedesaan kecil di Republik Dominika hingga 1968. Setelah meninggalkan Korsp Perdamaian, Dodd bergabung dengan Tentara Cadangan A.S., yang dijalaninya hingga 1975. Pada Juli 1970, ia menikah dengan Susan Mooney. Mereka bercerai pada Oktober 1982. Pada 1972, Dodd lulus dari sekolah hukum di Universitas Louisville. Tahun berikutnya, ia diterima di pengadilan Connecticut, dan mulai berpraktik hukum di New London. Dodd menikah dengan Jackie Marie Clegg pada Juni 1999.

Senator Dodd juga adalah ayah serani dari aktris/penyanyi Christy Carlson Romano, yang pernah magang di kantornya. Saudaranya, Thomas J. Dodd Jr., adalah seorang profesor emeritus di Sekolah Dinas Luar Negeri dari Universitas Georgetown, dan menjabat sebagai duta besar AS untuk Uruguay dan Kosta Rika di bawah presiden Bill Clinton.

Dewan Perwakilan Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Christopher Dodd

Pada 1974, Dodd terpilih menjadi anggota Deawn Perwakilan AS dari distrik kongres ke-2. Ia terpilih kembali dua kali, menjabat dari 4 Januari 1975 hingga 3 Januari 1981. Selama masa jabatannya di Dewan Perwakilan AS ia berdinas di Komisi Dewan tentang Pembunuhan Politik.

Senator A.S.[sunting | sunting sumber]

Dodd terpilih menjadi anggota Senat AS pada pemilihan1980 dan kemudian terpilih kembali pada pemilihan 1986, 1992, 1998, dan 2004. Dari 1995 hingga 1997, ia menjabat sebagai Ketua Umum Komite Nasional Partai Demokrat. Sebagai Ketua Umum, Dodd menjadi juru bicara DNC. Donald Fowler menjabat sebagai Ketua Nasionalnya, yang menjalankan operasi partai dari hari ke hari. Dodd adalah senator pertama dari Connecticut yang menjabat lima kali berturut-turut.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Incumbent U.S. Senator box
Didahului oleh:
Robert H. Steele
Wakil Distrik Kongres 2 dari Connecticut
1975–1981
Diteruskan oleh:
Sam Gejdenson
Didahului oleh:
Debra DeLee
Ketua Komite Nasional Demokrat
1995–1997
Diteruskan oleh:
Roy Romer
Didahului oleh:
Mitch McConnell
Ketua Komisi Aturan dan Administrasi Senat AS
2001-2003
Diteruskan oleh:
Trent Lott
Didahului oleh:
Richard Shelby
Ketua Komisi Perbankan, Perumahan dan Masalah Perkotaan Senat AS
2007-
Diteruskan oleh:
masih menjabat
U.S. order of precedence
Didahului oleh:
Carl Levin
Urutan tokoh politik terpenting Amerika Serikat
pada 2007
Diteruskan oleh:
Chuck Grassley