China National Materials Group

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
China National Materials Group Corporation
中国材料工业科工集团公司
Badan usaha milik negara
IndustriRekayasa dan peralatan semen
Didirikan1983
Kantor
pusat
,
Wilayah operasi
Republik Rakyat Tiongkok
Tokoh
kunci
Mr. Tan Zhongming (Chairman)
Pendapatan28,75 milyar Yuan (2008) [1]
2 milyar Yuan (2008) [1]
Karyawan
48.084 [2]
Anak
usaha
China National Materials
Sinoma International Engineering
Ningxia Saima Industry
Xinjiang Guotong Pipeline
Situs webSinoma Official Website

China National Materials Group atau Sinoma, didirikan pada tahun 1983, adalah sebuah badan usaha milik negara Tiongkok yang dikendalikan secara langsung oleh SASAC dari Dewan Negara Republik Rakyat Tiongkok. Sinoma adalah penyedia jasa rekayasa dan peralatan semen terbesar di dunia, serta merupakan produsen bahan non-logam terkemuka di Tiongkok. Sinoma juga menjadi satu-satunya perusahaan di Tiongkok yang menguasai serangkaian teknologi inti dan sistem inovasi lengkap di industri bahan non-logam.[3]

Anak usaha Sinoma yang melantai sebagai saham A di Bursa Saham Shanghai dan Bursa Saham Shenzhen adalah Sinoma International Engineering (SSE: 600970), Ningxia Saima Industry (SSE: 600449) dan Xinjiang Guotong Pipeline (SZSE: 002205).[4]

Anak usaha Sinoma yang lain, yakni China National Materials (SEHK1893), melantai sebagai saham H di Bursa Saham Hong Kong pada tanggal 20 Desember 2007, sementara harga penawaran umum perdananya adalah HK$4,5 per lembar saham. Penawaran tersebut pun menarik enam investor, yakni China Construction Bank, China Life Insurance, China Communications Construction, Citigroup, Government of Singapore Investment Corporation (GIC), dan Leslie Lee Alexander, pemilik tim basket Houston Rockets.[5] Xinjiang Tianshan Cement (SZSE: 000877) yang melantai di Bursa Saham Shenzhen juga pernah menjadi anak usaha Sinoma.

Area bisnis[sunting | sunting sumber]

China National Materials Company Limited dan anak usahanya, menyediakan peralatan semen dan jasa rekayasa, serta memproduksi semen, serat kaca, dan bahan non-logam.

Perusahaan ini beroperasi di empat segmen, yakni Peralatan Semen & Jasa Rekayasa, Serat Kaca, Semen, dan Bahan Berteknologi Tinggi.

Segmen Peralatan Semen & Jasa Rekayasa menyediakan jasa rekayasa dan konstruksi untuk proyek tambang, jalan, jembatan, dan terowongan; membuat peralatan yang digunakan di lini produksi semen proses kering; terlibat dalam pembelian peralatan; menawarkan jasa riset, pengembangan, dan perancangan proyek; serta menyediakan jasa turnkey.

Segmen Serat Kaca terlibat dalam produksi dan penjualan serat kaca dan olahan serat kaca, seperti serat, tikar serat kaca, benang elektronik, untaian cincang, dan serat anyam.

Segmen Semen memproduksi dan menjual semen, klinker, dan pasir standar.

Segmen Bahan Berteknologi Tinggi terlibat dalam produksi dan penjualan kertas serat kaca mikro, serat kaca berkekuatan tinggi, bahan filtrasi bersuhu tinggi, dan bahan komposit; dan penyediaan jasa perancangan, peralatan, dan teknologi untuk produksi serat kaca dan pemrosesan murni mineral non-logam. Segmen ini juga menyediakan keramik alumina mikrokristalin dan keramik kuarsa; porselen listrik bertekanan tinggi dan wadah keramik silika bekas; serta KTP, kristal inframerah, dan kaca mikrokristalin. Perusahaan ini menjual produknya di Tiongkok, Timur Tengah, Eropa, Afrika, dan negara-negara di Asia yang lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]