Chełm

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Chełm ialah sebuah kota di Polandia timur, terletak di provinsi Lublin lebih tepatnya di tenggara Lublin, utara Zamo dan selatan Biała Podlaska, sekitar 25 kilometer (16 mil) dari perbatasan dengan Ukraina. Chełm dulunya adalah ibu kota Provinsi Chełm hingga menjadi bagian dari Provinsi Lublin pada tahun 1999. Pada 2015 Chełm memiliki 63.949 penduduk.[1]

Chełm
Bendera Chełm Lambang Chełm
(Bendera Chełm) (Lambang Chełm)
Lokasi Chełm di Polandia
Plat kendaraan bermotor LC
Kode telepon +48-82
Situs resmi www.chelm.pl

Kota ini sebagian besar berkarakter industri, meskipun juga memiliki banyak monumen bersejarah dan tempat wisata terkenal di Kota Tua. Chełm merupakan mantan keuskupan agung. Namanya berasal dari kata Proto-Slavic atau Celtic "cholm", sebuah bukit, mengacu pada pemukiman berbenteng Wysoka Górka.[2] Chełm pernah menjadi pusat multikultural dan keagamaan yang dinamis yang dihuni oleh Gereja Katolik Roma, Kristen Ortodoks, Yahudi. Populasi dihomogenisasi setelah Perang Dunia II.

Politik[sunting | sunting sumber]

Anggota Parlemen (Sejm) paling berpengaruh yang dipilih dari daerah pemilihan Biała Podlaska/Chełm/Zamość (2006) termasuk: Badach Tadeusz (SLD-UP), Bratkowski Arkadiusz (PSL), Byra Jan (SLD-UP), Janowski Zbigniew (SLD- UP), Kwiatkowski Marian (Samoobrona), Lewczuk Henryk (LPR), Michalski Jerzy (Samoobrona), Nikolski Lech (SLD-UP), Skomra Szczepan (SLD-UP), Stanibuła Ryszard (PSL),[3] Stefaniuk Franciszek (PSL ), mijan Stanisław (PO) dan Matuszczak Zbigniew (SLD).

Bendera[sunting | sunting sumber]

Bendera Chełm berbentuk persegi panjang dengan perbandingan 2:3, dibagi menjadi dua garis horizontal paralel dengan lebar yang sama (atas – putih, bawah – hijau). Di strip atas bagian tengah, ada lambang Chełm.

Populasi[sunting | sunting sumber]

Setelah kemerdekaan Polandia, Sensus Polandia tahun 1921 menunjukkan populasi berjumlah 23.221 jiwa, dengan 12.064 Yahudi, 9.492 Katolik Roma (Polandia), 1.369 Kristen Ortodoks (Ukraina, Ruthenia dan Belarusia) dan 207 Lutheran (Jerman).

Pada bulan September 1939, pada awal Perang Dunia II, orang Yahudi merupakan 60% (18.000) populasi penduduk kota.[4]

Ikon[sunting | sunting sumber]

Landmark utama dan atraksi wisata kota ini adalah Góra Chełmska dengan Baroque Basilica of the birth of the virgin mary dan Terowongan Kapur Chełm, yang terletak di bawah kota, sebuah struktur unik di Eropa dan dunia. Alun-alun bersejarah utama kota ini adalah Plac Łuczkowskiego (Alun-alun Łuczkowski), yang dipenuhi dengan perumahan bersejarah yang berwarna-warni dan berisi sumur tua yang terpelihara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chełm". polskawliczbach.pl (dalam bahasa Polski). Diakses tanggal 2 February 2017. 
  2. ^ "Historia miejscowości – Informacje o mieście – Chełm – Wirtualny Sztetl". sztetl.org.pl (dalam bahasa Polski). Diakses tanggal 2 February 2017. 
  3. ^ Link in Polish Diarsipkan 27 June 2006 di Wayback Machine. with relevant pop-ups.
  4. ^ Rosemary Horowitz. Memorial Books of Eastern European Jewry: Essays on the History and Meanings of Yizker Volumes. McFarland. 2011. pp. 73–74