Cesar Millan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
César Millan
Cesar millan.jpg
Lahir César Millán Favela
27 Agustus 1969 (umur 48)
Culiacán, Sinaloa, Mexico
Tempat tinggal Santa Clarita, California, Amerika Serikat.
Kebangsaan Amerika Serikat
Pekerjaan Dog psychologist
Dikenal karena Dog Whisperer (serial TV)
Cesar To The Rescue
Pasangan Ilusión Millan (1994-2010)
Situs web CesarsWay.com

Cesar Millan (nama lengkap César Felipe Millán Favela, baca: [ˈsesar feˈlipe miˈʝan faˈβela]) adalah pelatih anjing kelahiran Meksiko yang tinggal di Amerika. Dia terkenal terutama karena serial televisi-nya The Dog Whisperer with Cesar Millan, yang sekarang disiarkan delapan puluh negara di seluruh dunia. Sebelum serial ini, dia fokus merehabilitasi anjing, khususnya yang agresif. Dia akhirnya membangun Dog Psychology Center di Los Angeles Selatan (2002-2008). - dalam pembangunan lagi di lokasi yang baru mulai 2009. Di tahun 2009 Dog Psychology Center (pusat psikologi anjing) pindah ke Santa Clarita, California. Millan juga membuka Klinik East Coast di Country Inn Pet Resort di Davie, Florida, dekat Fort Lauderdale.

Tiga bukunya, termasuk Cesar's Way, semua menjadi New York Times best sellers, dan secara kumulatif terjual dua juta kopi di Amerika Serikat, serta tersedia di empat belas negara lainnya. Di tahun 2009, bersama dengan IMG, Millan menerbitkan majalah bulanan yang juga berjudul Cesar's Way, dimana The Wall Street Journal melaporkan pada saat itu setengah dari pembaca Amerika mengenal Millan. Majalah tersebut dihentikan setelah isunya di November/Desember 2014.

Bersama dengan mantan istrinya Ilusión Millan, mereka mendirikan Yayasan Millan Foundation – yang kemudian diganti nama menjadi Cesar Millan Foundation dan saat ini disebut sebagai Cesar Millan PACK Project. Yayasan tersebut didirikan untuk membantu tempat-tempat penampungan hewan dan organisasi-organisasi yang bergerak dalam hal penyelamatan, merehabilitasi, dan memberi rumah baru untuk hewan-hewan yang disiksa dan ditelantarkan, dan juga membantu pendanaan dalam program steril untuk membantu mengurangi populasi anjing. Dengan tujuan “meningkatkan kesehatan, kebahagiaan, dan keharmonisan antara anjing dan manusia”.

Pengertian pribadi atas keseimbangan sering dipercayai menjadi alat terpenting dalam kesuksesannya dengan anjing dan bisnis.

Cara Millan dalam menangani anjing dikritik oleh yayasan amal RSPCA dan disiarkan oleh Alan Titchmarsh sebagai "kekejaman".

Karir[sunting | sunting sumber]

Pekerjaan Millan yang pertama adalah di toko perawatan anjing di Amerika. Dia kemudian mendirikan Akademi Pacific Point Canine Academy. Jada Pinkett Smith menjadi pelanggan Millan yang pertama dan juga pendukungnya saat dia bekerja sebagai supir, dengan memberinya les bahasa inggris selama 1 tahun. Kemudian, Millan mendirikan Pusat Psikologi Anjing, dengan lahan seluas 0.81 ha di Los Angeles Selatan.

Di tahun 2002, setelah muncul di Los Angeles Times, Millan bekerjasama dengan MPH Entertainment, Inc. mengembangkan sebuah acara televisi berjudul Dog Whisperer. Serial tersebut ditayangkan perdana pada tanggal 13 September 2004, di saluran the National Geographic Channel, yang kemudian berpindah ke saluran the Nat Geo WILD channel.

Teknik Melatih Anjing[sunting | sunting sumber]

Millan fokus pada teknik penanganan anjing yang disebutnya "energi tenang-tegas". Dia percaya bahwa si pemilik anjing harus berperan sebagai pemimpin dalam hal ini. Menurut Millan, anjing memiliki tiga kebutuhan pokok: olahraga, disiplin dan kasih sayang — sesuai urutan tersebut. Dengan kata lain, si pemilik lah yang bertanggungjawab memenuhi kebutuhan anjingnya tersebut dengan cara olahraga yang menantang; kemudian memberi aturan dan batasan yang diberitahukan dengan jelas; dan terakhir, memberi kasih sayang. Menurut Millan, kesalahan umum yang sering terjadi di Amerika adalah pemilik yang memberi banyak kasih sayang, sedikit olahraga, dan lebih sedikit lagi untuk kedisiplinannya. Dia mendorong para pemilik anjing tersebut untuk memahami efek yang timbul karena sikap mereka tersebut, emosi dan postur tubuh mereka sangat berpengaruh terhadap perilaku anjing mereka, dia menyarankan pemilik anjing untuk menjaga postur tubuh tegap (yaitu, bahu tinggi dan dada kedepan) dan mengeluarkan energi tenang-tegas.

Acara televisinya (Dog Whisperer) menayangkan bagaimana dia merehabilitasi anjing dan berkomunikasi dengan pemilik anjing untuk mengajarkan mereka filosofi menangani anjing.