Cerdas Barus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Cerdas Barus (lahir di Karo, Sumatra Utara, 1 Januari 1961; umur 58 tahun) adalah seorang Grandmaster (GM) Indonesia. Ia terkenal karena ia adalah seorang pecatur tuna rungu yang mampu menjadi seorang GM di masanya. Karier internasional dimulai pada tahun 1983 sebagai anggota regu kota Medan yang ikut serta dalam Kejuaraan Kota Asia di Hongkong kemudian diikuti oleh Olimpiade Catur di Yunani setahun kemudian. Setelah Olimpiade 1984 ini ia hampir tidak pernah absen dari even-even catur penting Indonesia sampai tahun 2002.

ID Fide : 7100094
Ranking Indonesia : 5 putra asli Karo lahir di Kabanjahe, Sumatra Utara, pada tahun 1961. Cerdas Barus bisa menggapai GM (Grand Master) walaupun dia seorang tunarunggu, kekurangannya tidak menghalanginya untuk berprestasi di kancah percaturan nasional dan internasional. Baru mengenal catur pada usia 14 tahun itu pun Satur Karo (Catur Karo) yang memiliki aturan yang berbeda dengan permainan catur pada umumnya, permainan catur sesungguhnya baru dia kenal pada tahun 1978 sewaktu pindah ke kota Medan. Di kota ini ia mengasah ketrampilannya dengan pemain-pemain catur kelas nasional seperti David Purba dan Thomas Ginting. Cerdas benar-benar berbakat. Ia mampu mengejar ketertinggalannya dengan cepat. Tahun 1981 ia keluar sebagai juara kedua dalam Kejuaraan Propinsi Sumatra Utara. Dalam keikutsertaannya yang pertama di ajang Kejurnas, di Bandung 1982, Cerdas memperoleh gelar Master Nasional.

Karier internasional dimulai pada tahun 1983 sebagai anggota regu kota Medan yang ikut serta dalam Kejuaraan Kota Asia di Hongkong kemudian diikuti oleh Olimpiade Catur di Yunani setahun kemudian. Setelah Olimpiade 1984 ini ia hampir tidak pernah absen dari even-even catur penting Indonesia sampai tahunn 2002.

Tahun 2002 adalah tahun emas bagi Cerdas. Selain menjadi Juara Nasional, ia juga memenangkan Hamzah Haz Terbuka di Jakarta dan juara kedua di Turnamen Wismilak. Pada bulan Nopember ia mencapai puncak prestasinya dalam Olimpiade Catur yang diselenggarakan di Bled, Slovenia. Cerdas memenangkan medali emas untuk papan ketiga setelah mengumpulkan 8,5 angka dari 10 partai. Pencapaian ini juga memberi Cerdas norma GM ketiga. Norma GM pertamanya dieroleh di Bali Jeff-RCA Jakarta 1997 dan kedua di Wismilak Surabaya 2002.

Berdasarkan ranking Fide saat ini Cerdas Barus berada di urutan 5 dari pecatur top Indonesia.

Sekilas mengenai GM Cerdas Barus

Pranala luar[sunting | sunting sumber]