Centralia, Pennsylvania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Letak Kabupaten Columbia
Letak Centralia

Centralia merupakan sebuah borough di Kabupaten Columbia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Populasinya jatuh dari 1,000 jiwa pada 1981 hingga 12 tahun 2005[1] dan 9 di 2007,[2] sebagai hasil dari kebakaran tambang sepanjang 45 tahun yang membakar di bawah borough itu. Centralia sekarang menjadi kotamadya berpopulasi sedikit di Pennsylvania, dengan empat penduduk lebih banyak daripada borough S.N.P.J., Pennsylvania.

Kebakaran tambang[sunting | sunting sumber]

Bagian dari PA Route 61 ditutup karena kebakaran tambang
PA 61 di ujung selatan PA 42

Bulan Mei 1962, Dewan Borough Centralia mempekerjakan lima anggota pemadam sukarela membersihkan tempat pembuangan sampah kota, yang terletak di tambang tua sebelah Pemakaman Odd Fellows. Pembersihan tersebut seharusnya dilakukan pada Hari Peringatan pada tahun sebelumnya, tetapi pada tahun sebelumnya tempat pembuangan sampah berada di lokasi yang berbeda. Si pemadam, yang telah dilakukan pada masa lalu, membakar sampah-sampah, membiarkannya sementara waktu, dan memadamkannya, itulah yang mereka kira. Sebenarnya, kebakaran tersebut masih terjadi di bagian terendah tumpukan sampah dan menyebar melalui sebuah lubang yang menuju tambang batubara yang ditinggalkan di bawah Centralia. Segala cara memadamkan api tidak berhasil, dan api itu terus membakar sepanjang 1960-an dan 1970-an. Dampak kesehatan dilaporkan terhadap beberapa penduduk karena karbon monoksida yang dihasilkan.

Tahun 1979, penduduk lokal menjadi khawatir meningkatnya masalah tersebut ketika seorang pemilik pom bensin memasukkan tongkat ke salah satu tangki minyak bawah tanah untuk mengecek tinggi bahan bakar. Ketika ia memasukkannya, terasa panas, sehingga ia menurunkan termometer dengan seutas tali dan terkejut bahwa temperatur bensin di tangki adalah 172 derajat Fahrenheit (77.8°C. Perhatian negara bagian terhadap kebakaran mulai meningkat, terutama pada 1981 ketika anak berusia 12 tahun Todd Domboski jatuh ke lubang berlebar 4 kaki sedalam 150 kaki (45 meter) yang tiba-tiba membuka di bawah kakinya. Ia tertolong setelah saudara tertuanya menariknya dari mulut lubang sebelum ia terperosok. Insiden ini membawa perhatian nasional terhadap Centralia sementara sebuah grup investigator (termasuk seorang dewan negara bagian, seorang senator negara bagian, dan seorang direktur keamanan) sedang melakukan tur menuju rumah Domboski ketika insiden tersebut terjadi.

Tahun 1984, Kongres mengalokasikan lebih dari $42 juta untuk relokasi. Kebanyakan penduduk menerima penawaran ganti rugi dan pindah ke kota Mount Carmel dan Ashland.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Centralia terletak di 40°48′12″LU,76°20′30″BB (40.803291, -76.341741).

Menurut Biro Sensus Amerika Serikat, borough ini memiliki luas seluruhnya 02. mil persegi (0.6 kilometer persegi).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Krajick, Kevin. Fire in the hole, di Smithsonian Magazine, Mei 2005
  2. ^ Couch, Stephen. Presentasi di pertemuan Eastern Section dengan National Association of Geoscience Teachers, June 2007

Bacaan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]