Lompat ke isi

Carl Johnson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Carl Johnson
Tokoh Grand Theft Auto
Penampilan
perdana
Grand Theft Auto: San Andreas (2004)
Penampilan
terakhir
The Introduction (2004)
PenciptaRockstar North
Pengisi suaraYoung Maylay
Pemeran
pengganti
Young Maylay
Informasi
JulukanCJ
Pekerjaan
AfiliasiGrove Street Families
Keluarga
  • "Sweet" Johnson (kakak)
  • Kendl Johnson (adik perempuan)
  • Brian Johnson (adik)
  • Beverly Johnson (ibu)
AsalLos Santos, San Andreas
KewarganegaraanAmerika Serikat

Carl "CJ" Johnson adalah tokoh fiktif dan protagonis yang dapat dimainkan dari permainan video rilisan tahun 2004 berjudul Grand Theft Auto: San Andreas, permainan utama kelima dari serial Grand Theft Auto ciptaan Rockstar Games. Tokoh ini disuarakan oleh Young Maylay, yang juga menjadi inspirasi karakter.

Di dalam alur cerita permainan, Carl digambarkan sebagai orang nomor dua di Grove Street Families, sebuah gang jalanan fiktif yang berbasis di kota Los Santos, negara bagian San Andreas (parodi fiktif dari Los Angeles, California). Gang ini diketuai oleh kakaknya, "Sweet" Johnson, yang sudah tidak lagi dekat dengan Carl setelah kematian adik mereka, Brian, dalam serangan gang sebelum alur permainan dimulai. Merasa kehidupannya tidak pasti di Los Santos, Carl memutuskan pindah ke Liberty City pada tahun 1987, namun kembali lima tahun kemudian setelah ibunya, Beverly, terbunuh dalam kejadian serupa. Sembari menebus kesalahan karena mengabaikan teman dan keluarganya, Carl kembali ke gaya hidup lamanya sebagai gangster saat ia memulai perjalanan penting melintasi seluruh negara bagian San Andreas, yang membuat dirinya mendapat sekutu baru dan bentrokan dengan beberapa organisasi kriminal kuat dan pihak berwenang yang korup. Meskipun pada awalnya digambarkan sebagai orang yang naif, kikuk, dan egois, Carl berkembang sepanjang jalan cerita San Andreas, baik di tingkat profesional, menjadi kriminal dan pebisnis sukses, dan di tingkat emosional, saat ia belajar menghargai asal usulnya dan orang-orang di sekitarnya.

Carl menerima pujian dari kritikus, yang diarahkan pada kompleksitas, sedikit stereotipe dan hati nuraninya, dan diakui sebagai salah satu karakter permainan video terbaik sepanjang masa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "1Up Houser" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "1Up Review 3" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Edge Houser" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Game Informer Cover" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "GameSpot Talking" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "GameSpy Maylay" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Golden Joystick 2005" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "G-Phoria Nom" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "IGN Diets" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "IGN Review" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "IGN Style" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "OPM Maylay" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "OPM Review 1" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "OPM US Preview" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "PC PowerPlay Preview" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.