Captain Jack (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk kegunaan lain dari Captain Jack, lihat Captain Jack (disambiguasi).
Captain Jack
Asal Yogyakarta, Indonesia
Genre Rock Alternatif, Heavy Metal, Indie Rock
Tahun aktif 1999 – sekarang
Label Indie
Universal Music Group
Mahakarya Inc
Situs web CaptainJackBand.net
Anggota Momo
Zuhdil
Novan
Surya Ismeth
Andi Babon

Captain Jack adalah grup musik rock alternatif asal Yogyakarta. Band ini dibentuk di Yogyakarta pada tanggal 4 Desember 1999. Mereka awalnya berasal dari Kota Pontianak dan pindah ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan. Anggota band ini terdiri dari lima orang, yaitu Momo (vokal, gitar), Zuhdil (gitar), Novan (bass), Ismeth (keyboard, synth), dan Andi Babon (drum). Captain Jack memiliki genre musik yang memadukan rock alternatif, heavy metal, punk, grunge dan elektronika.

Captain Jack telah merilis empat album rekaman yang dimulai dengan Unmindless (EP) (2004), Somethink About (2005), The Fall of Concept (EP) (2008), dan #4thCJAlb (2012).

Biografi[sunting | sunting sumber]

Perjalanan Karier[sunting | sunting sumber]

Lewat lagu “Sempurna”, band ini sempat merajai track tangga lagu radio-radio di Kota Yogyakarta, Pontianak dan beberapa kota lainnya. Lagu tersebut diambil dari album kedua Captain Jack “Somethink About” yang dirilis di bawah bendera Universal Music Indonesia.

Musikalisasi[sunting | sunting sumber]

Album Self Titled (2012)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2012 Captain Jack kembali merelease album terbaru mereka dan dipilihlah single "Kupu Kupu Baja", sebagai pengantar untuk album ke 4 mereka lalu disusul dengan single "Tak Ada yang Datang" di bulan Maret 2013.

Pada tanggal 12 oktober 2012 Captain Jack merilis album ke 4 mereka. Sebagai simbol release album ini, Captain Jack melakukan direct selling di tanggal 12 - 14 Oktober 2012 di 3 kota (Jogja, Solo, Semarang). Untuk album terbaru ini Captain Jack bekerja sama dengan Mahakarya inc sebagai label yg menaungi mereka. Dan tidak menutup kemungkinan, konsep direct selling ini akan dibawa ke kota lain.

Tidak hanya melakukan aksi direct selling, tetapi di album ke 4 ini Captain Jack menyelipkan kampanye positif sebagai salah satu langkah sederhana untuk berubah atau mengubah sesuatu. Salah satunya adalah kampanye tentang perempuan indonesia yang susah untuk menjadi sesuatu yang lebih karena adanya budaya “patriarki” di masyarakat sekarang ini. Selain itu lagu-lagu mereka juga menentang perburuhan yang sekarang menjurus ke perbudakan dan tentang penolakan terhadap narkoba dan minuman beralkohol.

Berpisahnya 3 Personel[sunting | sunting sumber]

Pada 2016, Momo, Ismeth, & Zuhdil menyatakan diri untuk keluar dari Captain Jack dengan alasan penyimpangan genre musik & perbedaan visi misi (Momo), masalah pribadi (Ismeth), sementara untuk Zuhdil masih belum diketahui. Sebelum meninggalkan Captain Jack, Momo, Ismeth dan Zuhdil memberikan "Surat Wasiat" untuk Captain Jack yaitu lagu yang berjudul "Home Sweet Hell" (2015). Momo mengaku, keinginannya untuk keluar dari Captain Jack sudah sejak 2013, namun baru terealisasi pada 2016. Dan hal inipun sangat disesali oleh banyak Monster Jackers (sebutan untuk penggemar Captain Jack). Kini Momo memiliki band yang bernama Momo dan Parabiru yang cenderung bergenre jazz. Dan beberapa Monster Jackers pun kini juga banyak yang tidak menyukai album baru dan personel Captain Jack maupun dari Momo dan Parabiru.

Personel Band[sunting | sunting sumber]

Personel
  • Momo – lead vokal, gitar (2004 - 2016)
  • Ifan - lead vokal (former) (2003 - 2004)
  • Zuhdil – gitar (2003 - 2016)
  • Novan – bass, backing vokal, scream (1999 - Sekarang)
  • Surya Ismeth - keyboard, synthesizer, backing vokal (1999 - 2016)
  • Andi Babon - drum, perkusi (1999 - Sekarang)

Mantan Personel[sunting | sunting sumber]

Discography[sunting | sunting sumber]

Album studio

Pranala luar[sunting | sunting sumber]