Capolaga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Capolaga adalah wisata alam yang berada di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tepatnya berada di Kp. Panaruban, Cicadas, Sagalaherang.[1][2] Capolaga berada di area seluas 10 hektar yang mempunyai keindahan ekosistem Sungai Cimuja yang unik yang dikelola secara kaidah alam. Terdapat tiga curug atau air terjun antara lain Curug Karembong, Curug Sawer dan Curug Gua Badak. Selain air terjun, obyek wisata ini dapat ditemui gua-gua. Salah satunya adalah Gua Badak. Biasanya tempat ini ramai pada hari biasa maupun liburan. Di kawasan Capolaga juga terdapat hamparan kebun teh yang cukup luas dengan suasana dan udara yang sejuk khas pegunungan.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001, ada perbaikan kawasan untuk dibuat objek wisata dengan mempekerjakan masyarakat sekitar. Dan pembangunan selesai di tahun 2004 di atas tanah seluas 10 hektar yang kemudian diberi nama "Capolaga Adventure Camp"[4]

Akses[sunting | sunting sumber]

Jarak dari pusat kecamatan Subang sejauh 35 kilometer dan dapat ditempuh menggunakan sepeda motor selama kurang lebih 35 menit. Namun, jika dari arah Jakarta melalui tol Sadang dengan jarak tempuh kurang lebih 190 kilometer. Apabila dari arah Bandung kurang lebih menempuh jarak 45 kilometer.

Jika dari arah Bandung sebelum kawasan wisata Ciater terdapat pertigaan pasar. Kemudian ikuti jalan menurun sampai ke lokasi Capolaga[4]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Di Capolaga terdapat beberapa fasilitas, diantaranya:

  • Camping, meliputi penerangan dan mandi cuci kakus[5]
  • Outbond,[5]
  • Villa Kembar[5]
  • Curug Karembong,[6] Sebenarnya curug ini termasuk dalam kawasan wisata Capolaga, di mana kawasan ini mempunyai fasilitas yang sangat lengkap. Di kawasan wisata ini telah tersedia blok-blok perkemahan, satu blok perkemahan dapat menampung sekitar 50 orang dengan tarif tiap orang Rp.7.500 per malam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Capolaga Adventure Camp-Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat". www.disparbud.jabarprov.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-26. Diakses tanggal 2018-12-25. 
  2. ^ [1]"Capolaga Adventure Camp, Surganya Wisata Subang". www.suarajabarsatu.com Diakses tanggal 2022-05-25.
  3. ^ "Tiket Masuk, Lokasi, Rute Menuju Wisata Alam Capolaga Yang Lagi Hits - Titik Wisata". www.titikwisata.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-26. Diakses tanggal 2018-12-25. 
  4. ^ a b "10 Gambar Wisata Alam Capolaga Subang, Tiket Masuk Lokasi + Alamat Curug | JejakPiknik.com" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-12-25. 
  5. ^ a b c "Wisata Alam Capolaga". www.wisatacapolaga.com. Diakses tanggal 2018-12-25. [pranala nonaktif permanen]
  6. ^ Curug Karembong, Pesona Wisata Subang Kawasan Capolaga

Pranala luar[sunting | sunting sumber]