Wisata alam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Wisata alam adalah tempat pariwisata yang memanfaatkan potensi sumber daya alam, baik dalam keadaan alami maupun setelah ada usaha budi daya.

Secara garis besar, wisata alam merupakan kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi alam untuk dinikmati keindahannya, baik yang masih alami atau sudah ada usaha budi daya, agar ada daya tarik wisata ke tempat tersebut.[1]

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Wisata Alam dibuat untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam sekitar. Wisata alam biasanya digunakan sebagai penyeimbang hidup setelah melakukan aktivitas yang padat dan suasana keramaian kota.[2]

Manfaat[sunting | sunting sumber]

Setelah melakukan wisata alam, tubuh dan pikiran bisa menjadi segar kembali dan setelah itu bisa bekerja dengan lebih kreatif lagi karena melakukan wisata alam kita bisa mendapatkan kesenangan jasmani maupun rohani.

Lembah Bakkara, salah satu wisata dengan kategori sebagai Wisata Alam

Selain itu, wisata alam bertujuan sebagai penghilang stres, penyegar pandangan, meningkatkan konsentrasi, serta mampu menenangkan hati dan menyegarkan pikiran.[3] Wisatata alam juga dapat meningkatkan konsentrasi, dan membantu tubuh dalam meningkatkan produktivitas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pengertian Objek Wisata, Daya Tarik Wisata, Wisata Alam, dan Definisi Menurut Para Ahli". Diadona.id. Diakses tanggal 2022-03-31. 
  2. ^ Rohmah, Yuniati (2022-02-28). "Manfaat wisata alam, dari melepas stress hingga tingkatkan kreativitas". id.theasianparent.com. Diakses tanggal 2022-03-31. 
  3. ^ Times, I. D. N.; Andries, Lois Maria. "Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Traveling ke Destinasi Wisata Alam". IDN Times. Diakses tanggal 2022-03-31.