Cantigas de Santa Maria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gambar ilustrasi dari kodeks E Cantigas de Santa Maria.

Cantigas de Santa Maria (bahasa Galisia: [kanˈtiɣɐz ðɪ ˈsantɐ maˈɾi.ɐ], Portugis: [kɐ̃ˈtiɣɐʒ ðɨ ˈsɐ̃tɐ mɐˈɾi.ɐ]; "Kantikel Bunda Maria") adalah 420 puisi dengan notasi musik, ditulis pada abad pertengahan dalam bahasa Galisia-Portugis,[1][2] di masa pemerintahan Alfonso X dari Kastilia El Sabio (1221-1284) dan sering dikaitkan dengannya.

Kantikel ini merupakan salah satu koleksi lagu monofonik (solo) terbesar dari abad pertengahan, ditandai dengan penyebutan Bunda Maria di setiap lagu dan di setiap lagu kesepuluh berupa himne.

'Cantigas' masih ada hingga saat ini dalam empat naskah kuno yang disimpan di: dua naskah di El Escorial, satu naskah di Perpustakaan Nasional Spanyol, Madrid, dan satu naskah lagi di Perpustakaan Pusat Nasional Florence, di kota Florence, Italia. Kodeks E yang ada di El Escorial dilengkapi dengan naskah iluminasi berwarna yang memperlihatkan pasangan musisi sedang memainkan berbagai alat musik, sedangkan Códice Rico (kodeks T) yang juga ada di El Escorial dan yang ada di Perpustakaan Pusat Nasional Florence (kodeks P), kaya akan iluminasi sketsa naratif.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rübecamp, Rudolf (1932). "A linguagem das Cantigas de Santa Maria, de Afonso X o Sábio". Boletim de Filologia. I: 273–356. 
  2. ^ Vaz Leão, Ângela (2000). "Questões de linguagem nas Cantigas de Santa Maria, de Afonso X". Scripta. 4 (7): 11–24. doi:10.5752/P.2358-3428. Diakses tanggal 16 November 2017.