Perpustakaan Pusat Nasional Florence

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biblioteca Nazionale Centrale di Firenze (BNCF)
Biblioteca Nazionale Firenze 2008.jpg
Gedung Perpustakaan Pusat Nasional Florence dilihat dari Piazza dei Cavalleggeri
NegaraItalia
JenisPerpustakaan umum, Perpustakaan nasional.
Didirikan1714; 307 tahun lalu (1714)
LokasiFlorence
Koleksi
Ukuran5.627.205 buku, 120.000 majalah, 29.000 karya edisi abad ke-16, 24.988 manuskrip dan 3.715 Incunabula.
Akses dan pemakaian
Persyaratan aksesTerbuka untuk umum yang berusia di atas 18 tahun
Informasi lain
DirekturLuca Bellingeri
Situs webhttp://www.bncf.firenze.sbn.it/
Naskah-naskah koleksi Perpustakaan Pusat Nasional Florence dicuci dan dikeringkan di ruang ketel stasiun kereta api Firenze Santa Maria Novella, setelah banjir besar pada November 1966.

Perpustakaan Pusat Nasional Florence (bahasa Italia: Biblioteca Nazionale Centrale di Firenze, BNCF) adalah perpustakaan nasional publik di Florence, yang terbesar di Italia dan salah satu yang paling penting di Eropa, juga salah satu dari dua Perpustakaan Pusat Nasional Italia, bersama dengan Perpustakaan Pusat Nasional Roma.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan ini didirikan pada 1714 ketika seorang sarjana bernama Antonio Magliabechi mewariskan seluruh koleksi bukunya, yang berjumlah 30.000 buku kepada pemerintah kota Florence. Pada 1743, setiap karya yang diterbitkan di provinsi Tuscany harus menyerahkan salinannya kepada perpustakaan ini yang pada awalnya bernama Magliabechiana, yang dibuka untuk umum pada tahun 1747. Kemudian pada tahun 1885, diganti namanya menjadi Perpustakaan Pusat Nasional Florence (BNCF). Sejak 1870, perpustakaan ini telah mengumpulkan salinan dari semua publikasi di Italia.

Sayangnya, terjadi banjir besar Sungai Arno pada tahun 1966 yang merusak hampir sepertiga koleksi BNCF, terutama yang terbitan berkala dan koleksi sewaktu masih bernama Magliabechiana, termasuk koleksi warisan Magliabechi. Pusat Restorasi kemudian didirikan dan dapat menyelamatkan banyak artefak yang tak ternilai. Namun, masih banyak pekerjaan restorasi yang harus dilakukan dan beberapa koleksi telah hilang untuk selamanya.[1]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Bagian luar[sunting | sunting sumber]

Bagian dalam[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History of the National Library of Italy-Florence". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-02-11. Diakses tanggal 2007-04-04.