Kalamit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Calamites)

Kalamit (Calamites) adalah genus dari paku ekor kuda yang secara fisik mirip pohon yang punah, dimana paku ekor kuda modern (genus Equisetum) berkerabat dekat.[1] Tidak seperti saudara herba modernnya, tumbuhan ini berukuran sedang, tumbuh hingga ketinggian 30-50 meter (100-160 kaki).[2] Tumbuhan ini juga merupakan komponen dari lapisan bawah rawa batubara dari Zaman Karbon (sekitar 360 hingga 300 juta tahun yang lalu).

Kalamit
Rentang fosil: Karbon
Spesimen Calamites
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
Divisi:
Kelas:
Subkelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Calamites
Spesies

Calamites carinatus
Calamites cistii
Calamites cruciatus
Calamites goeppertii
Calamites multiramis
Calamites ramosus
Calamites rectangulus
Calamites sachsei
Calamites schuetzeiformis
Calamites schulzii
Calamites sickowii
Calamites suckowi
Calamites undulatus

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Sejumlah takson organ telah diidentifikasi sebagai bagian dari organisme yang bersatu, yang telah mewarisi nama Calamites dalam budaya populer. Calamites dengan tepat hanya mengacu pada cetakan batang sphenophyta dari zaman Karbon/Perem, dan dengan demikian merupakan bentuk genus dengan nilai taksonomi kecil. Ada dua bentuk gips, yang dapat memberikan kesan keliru tentang organisme. Yang paling umum adalah gips internal rongga (atau empulur) di tengah bagasi. Hal ini dapat menyebabkan beberapa kebingungan: pertama, harus diingat bahwa sebuah fosil mungkin dikelilingi 4-5 kali lebarnya dalam jaringan pembuluh darah (tidak diawetkan), sehingga organisme jauh lebih lebar daripada gips internal yang diawetkan. Lalu, fosil semakin menyempit saat menempel pada rizoid, tempat di mana para peneliti berharap ada konsentrasi jaringan pembuluh tertinggi (karena di sinilah transpor puncak berlangsung). Namun, karena fosilnya gips, penyempitan sebenarnya menunjukkan penyempitan rongga, di mana tabung pembuluh darah merambah saat melebar.

Genus organ sphenophyta lainnya meliputi:

Anatomi[sunting | sunting sumber]

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Kalamit bereproduksi dengan spora, yang dihasilkan dalam kantung kecil yang disusun menjadi kerucut. Selain itu juga diketahui memiliki rimpang bawah tanah yang sangat besar, yang memungkinkan produksi salinan dari satu pohon. Ini adalah satu-satunya kelompok pohon pada zamannya yang diketahui memiliki sifat menyalinkan diri. Jenis reproduksi aseksual ini akan memungkinkan menyebar dengan cepat ke wilayah baru, dan membantu menambatkannya dengan kuat di tanah yang tidak stabil di sepanjang sungai dan di sedimen delta yang baru diendapkan. Rimpang kalamit terlihat sangat mirip dengan batang dalam banyak kasus, namun memiliki simpul yang semakin dekat saat mendekati area apikal (ujung pertumbuhan yang menyebar keluar melalui tanah).

Perbedaan bentuk[sunting | sunting sumber]

Kepunahan dan klasifikasi[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elgorriaga, Andrés; Escapa, Ignacio H.; Rothwell, Gar W.; Tomescu, Alexandru M. F.; Rubén Cúneo, N. (2018-08). "Origin of Equisetum : Evolution of horsetails (Equisetales) within the major euphyllophyte clade Sphenopsida". American Journal of Botany (dalam bahasa Inggris). 105 (8): 1286–1303. doi:10.1002/ajb2.1125. ISSN 0002-9122. 
  2. ^ Alekhin, Vasiliĭ Vasilʹevich (1961). Geografii︠a︡ rasteniĭ s osnovani botaniki: Utverzhden v kachestve uchebnika dli︠a︡ estestvenno-geogr. fakulʹtetov pedagog. in-tov (dalam bahasa Rusia). Gos. nauchno-pedagog. izd-vo.