Cairns Group

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Cairns Group adalah kelompok kepentingan dari 19 negara pengekspor pertanian, terdiri dari Afrika Selatan, Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Chili, Guatemala, Indonesia, Kolombia, Kosta Rika, Malaysia, Selandia Baru, Pakistan, Paraguay, Peru, Filipina, Thailand, Uruguay, dan Vietnam.

Grup Cairns berupaya meliberalisasi perdagangan global produk pertanian. Secara khusus, para anggotanya bertujuan untuk menghapus subsidi ekspor dan dukungan domestik yang mendistorsi perdagangan ("Perjanjian tentang Pertanian") untuk produk pertanian dan berupaya meningkatkan akses pasar untuk ekspor pertanian. Koalisi mencoba untuk menghadirkan front bersama dalam negosiasi perdagangan multilateral di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), mengajukan proposal bersama dan kadang-kadang bekerja dengan kelompok yang sepaham seperti kelompok negara berkembang G20.

Pada bulan September 2018, Institut Urusan Ekonomi mengusulkan agar Britania Raya harus bergabung dengan Grup Cairns "sesegera mungkin", yang menyatakan bahwa meskipun "Inggris bukan pengekspor pertanian besar, ia dikunci ke dalam rantai pasokan UE.".