CI/CD

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam rekayasa perangkat lunak, CI/CD atau CICD adalah praktik gabungan dari integrasi berkelanjutan (CI) dan pengiriman berkelanjutan (CD) atau penerapan berkelanjutan.[1] CI/CD juga disebut sebagai pengembangan berkelanjutan atau pengembangan perangkat lunak berkelanjutan.[2]

Pengertian[sunting | sunting sumber]

Integrasi berkelanjutan
Melibatkan penggabungan secara otomatis kode yang dibuat oleh berbagai anggota tim pengembangan ke dalam satu repositori bersama. Tujuannya adalah untuk mencegah konflik yang muncul akibat perubahan yang dilakukan oleh berbagai anggota tim. Dengan melakukan integrasi secara teratur, tim dapat menemukan dan mengatasi masalah integrasi lebih cepat.
Pengiriman berkelanjutan
Ketika tim memproduksi perangkat lunak dalam siklus pendek dengan kecepatan dan frekuensi tinggi sehingga perangkat lunak dapat dirilis kapan saja, dan dengan proses penerapan yang sederhana dan berulang saat memutuskan untuk diterapkan.
Penerapan berkelanjutan
Melibatkan otomatisasi proses pengujian dan pengiriman perangkat lunak ke lingkungan produksi secara berkesinambungan.

Setiap kali ada perubahan kode yang diintegrasikan, proses pengujian otomatis akan dijalankan untuk memastikan bahwa perangkat lunak masih berfungsi dengan baik. Jika pengujian berhasil, perangkat lunak dapat secara otomatis diterapkan ke lingkungan produksi.

Dengan menggabungkan CI/CD, tim pengembangan dapat menghasilkan perangkat lunak dengan lebih cepat, lebih andal, dan lebih efisien. Ini juga membantu mengurangi risiko kesalahan manusia dan memungkinkan perubahan-perubahan kecil diterapkan lebih sering, sehingga mendukung pengembangan perangkat lunak yang adaptif dan responsif terhadap kebutuhan pasar dan pengguna.[butuh rujukan]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Integrasi berkelanjutan (CI)
  • Pengiriman berkelanjutan (CD)
  • Penerapan berkelanjutan (CD)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]