Busur magdara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kuadran magdara karya Tycho Brahe
Kuadran magdara dibangun sebagai bingkai yang dipasang di dinding. Instrumen ini dibuat oleh John Bird pada tahun 1773 dan berada di Museum Sejarah Ilmu, Oxford.

Busur magdara adalah alat ukur sudut yang dipasang pada dinding. Untuk tujuan astronomi, dinding ini diarahkan hingga terletak tepat di meridian. Sebuah busur magdara yang mengukur sudut dari 0 sampai 90 derajat disebut kuadran magdara. Mereka digunakan sebagai perangkat astronomi di Mesir kuno dan Yunani kuno. Edmond Halley, karena kurangnya asisten dan hanya satu kawat vertikal dalam perjalanannya, membatasi dirinya pada penggunaan kuadran magdara yang dibangun oleh George Graham setelah pemasangannya pada tahun 1725 di Royal Observatory, Greenwich. Pengamatan pertama oleh James Bradley dengan kuadran itu dilakukan pada tanggal 15 Juni 1742.[1]

Kuadran magdara telah disebut sebagai "peralatan klasik" dari observatorium abad ke-18 (sekitar tahun 1700-an).[2] Alat tersebut menjadi terkenal di bidang astronomi bola pada masanya.[2]

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Kuadran magdara buatan John Bird selama bertahun-tahun menjadi perangkat utama dari Observatorium Mannheim di Jerman.

Banyak kuadran magdara yang lebih tua telah dibangun dengan menandai langsung pada permukaan dinding. Peralatan yang lebih baru dibuat dengan bingkai yang dibangun dengan teliti dan dipasang secara permanen di dinding.

Busur ditandai dengan pembagian, hampir selalu dalam derajat dan pecahan derajat. Dalam peralatan tertua, indikator ditempatkan di tengah busur. Seorang pengamat dapat menggerakkan suatu alat dengan indikator kedua sepanjang busur sampai garis pandang dari indikator alat bergerak tersebut melalui indikator di pusat busur sejajar dengan objek astronomi. Sudut kemudian dibaca, menghasilkan elevasi atau ketinggian objek. Dalam perangkat yang lebih kecil, alidad dapat digunakan. Peralatan magdara yang lebih modern akan menggunakan teleskop dengan lensa mata retikula untuk mengamati objek.

Banyak kuadran magdara dibuat, memberikan pengamat kemampuan untuk mengukur kisaran ketinggian 90°. Ada juga sadas magdara yang membaca 60°.

Kuadran magdara abad ke-17 terkenal karena biaya mahal. John Flamsteed menghabiskan biaya 120 pound (1689), dan Edmond Halley menghabiskan lebih dari 200 pound (1725). Nilai 120 pound pada tahun 1689 dikonversi ke dolar AS tahun 2019 dapat diperkirakan lebih dari US$30.000, dan 200 pound tahun 1725 menjadi lebih dari US$50.000.[3] Kuadran tetap yang besar lebih mahal daripada kuadran portabel biasa, dengan kuadran Burung 2 kaki seharga 70 guinea.[2]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Untuk mengukur posisi, misalnya, sebuah bintang, pengamat membutuhkan jam sideris di samping busur magdara. Dengan jam yang mengukur waktu, sebuah bintang yang menarik diamati dengan busur sampai ia melewati indikator yang menunjukkan bahwa ia sedang melewati meridian. Pada saat ini, waktu pada jam dicatat serta elevasi sudut bintang. Hal ini menghasilkan posisi dalam koordinat busur. Jika busur tidak ditandai relatif terhadap ekuator langit, maka elevasi dikoreksi untuk perbedaannya, menghasilkan deklinasi bintang. Jika jam sideris tepat disinkronisasi dengan bintang-bintang, waktu menghasilkan kenaikan yang tepat secara langsung.[4]

Contoh busur magdara[sunting | sunting sumber]

Sadas magdara karya Ulugh Beg, dibangun di Samarkand, Uzbekistan selama abad ke-15.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Robert Grant, History of Physical Astronomy from The Earliest Ages to the Nineteenth Century (1852) pp. 483-484.
  2. ^ a b c "2002JHA....33..373T Page 373". adsabs.harvard.edu. Diakses tanggal 2019-11-14. 
  3. ^ "Currency Converter, Pounds Sterling to Dollars, 1264 to Present (Java)". www.uwyo.edu. Diakses tanggal 2019-11-14. 
  4. ^ Sidereal Time
  5. ^ O'Connor, John J.; Robertson, Edmund F., "Abu Mahmud Hamid ibn al-Khidr Al-Khujandi", Arsip Sejarah Matematika MacTutor, Universitas St Andrews .
  6. ^ Ulugh Beg, Dictionary of Scientific Biography.
  7. ^ Hoyle, Fred, Astronomy, A history of man's investigation of the universe, Crescent Books, Inc., London 1962, p 37.
  8. ^ Mannheimer Observatory quadrant