Transit (astronomi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah transit matahari dari Bulan yang ditangkap selama kalibrasi pencitraan ultraviolet dari pesawat ruang angkasa STEREO B. Bulan tampak jauh lebih kecil daripada jika dilihat dari Bumi, karena jarak antara pesawat ruang angkasa-Bulan beberapa kali lebih besar daripada jarak Bumi-Bulan.

Dalam astronomi, sebuah transit (atau transit astronomis) adalah sebuah fenomena ketika sebuah benda angkasa lewat secara langusng antara sebuah benda yang lebih besar dan pengamat.

Planet di luar tata surya kita disebut exoplanet. Jika orbit sebuah planet berbaris tepat, planet tersebut akan melewati – atau transit – bintang yang diorbitnya. Mencari Transit adalah salah satu cara para ilmuwan mencari exoplanet. Saat transit terjadi, cahaya dari bintang meredup dalam jumlah yang sangat kecil. Peredupan itu bisa diukur. Jumlah cahaya yang diblokir memberi tahu kita seberapa besar planet itu dibanding bintangnya. Jumlah waktu di antara transit memberi tahu kita tentang orbit planet. Jika ada lebih dari satu planet luar surya yang mengorbit bintang yang sama, kita dapat membedakannya melalui transit.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What Is a Transit? | NASA Space Place – NASA Science for Kids". spaceplace.nasa.gov. Diakses tanggal 2020-09-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]