Bunga balon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bunga balon
Gomphocarpus physocarpus

Photo of balloonplant with capsules
Detail photo of balloonplant capsules
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
Kladlamiids
OrdoGentianales
FamiliApocynaceae
SubfamiliAsclepiadoideae
TribusAsclepiadeae
SubtribusAsclepiadinae
GenusGomphocarpus
SpesiesGomphocarpus physocarpus
E.Mey., 1838
Tata nama
Sinonim takson
  • Asclepias brasiliensis (E.Fourn.) Schltr.
  • Asclepias physocarpa (E.Mey.) Schltr.
  • Gomphocarpus brasiliensis E.Fourn.

Gomphocarpus physocarpus, umumnya dikenal sebagai bunga balon, tanaman balon, semak kapas balon, bola uskup, kepala paku, atau tanaman angsa, adalah spesies dogbane . Tanaman ini berasal dari Afrika tenggara, tetapi telah dinaturalisasi secara luas. Ini sering digunakan sebagai tanaman hias.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Gomphocarpus physocarpus adalah ramuan abadi semak liar, yang dapat tumbuh hingga lebih dari enam kaki. Tanaman mekar di bulan-bulan hangat. Tumbuh di tepi jalan, pada ketinggian 2.800 hingga 5.000 kaki di atas permukaan laut. Tanaman lebih menyukai kelembapan sedang, serta tanah berpasir dan berdrainase baik serta sinar matahari penuh.

Gomphocarpus physocarpus secara tradisional digunakan untuk menghasilkan salep untuk pengobatan kutil dan bijinya digunakan dalam ritual. Daun dan batangnya menghasilkan getah susu yang beracun, namun belum pernah dijelaskan secara rinci terutama mengenai anatomi sel laktiferus.[1]

Bunganya kecil, dengan tudung putih dan sekitar 1 cm di seberang. Folikel berwarna hijau pucat, dan berbentuk spheroid yang menggembung. Itu ditutupi dengan rambut kasar. Diameternya mencapai tiga inci. Daunnya berwarna hijau muda, linier hingga lanset dan panjang 3 hingga 4 inci, 1,2 cm lebar. Biji coklat memiliki jumbai sutra.[2] [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Munsamy, A., & Naidoo, Y. (2017).
  2. ^ Llamas, Kirsten Albrecht (2003). Tropical Flowering Plants: A Guide to Identification and Cultivation. Timber Press. hlm. 73. ISBN 0-88192-585-3. 
  3. ^ Iremonger, Susan (2002). A Guide to the Plants of the Blue Mountains of Jamaica. The University of West Indies Press. hlm. 47. ISBN 976-640-031-8.