Bunga api-api

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bunga api-api
Celosia
Tumbuhan
Jenis buahkapsul
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
OrdoCaryophyllales
FamiliAmaranthaceae
SubfamiliAmaranthoideae
GenusCelosia
Linnaeus, 1753

Celosia ( /sˈlʃiə/ SEE-loh-SHEE [1] ) adalah genus kecil tanaman yang dapat dimakan dan hias dalam keluarga bayam, Amaranthaceae . Spesiesnya umumnya dikenal sebagai bunga api-api atau, jika kepala bunganya jambul karena fasia, atau jengger ayam. Tanaman ini terkenal di dataran tinggi Afrika Timur dan digunakan dengan nama Swahili, mfungu.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Sebagai tanaman kebun[sunting | sunting sumber]

Tanaman ini merupakan tanaman tahunan . Produksi benih pada spesies ini bisa sangat tinggi, 200–700 kg per hektar. Satu ons benih bisa mengandung hingga 43.000 biji. Seribu biji dapat memiliki berat 1,0–1,2 gram. Tergantung pada lokasi dan kesuburan tanah, pembungaan bisa bertahan 8–10 minggu.

Sebagai makanan[sunting | sunting sumber]

Celosia argentea var. argentea atau boroco (alias rumput puyuh, soko, celosia, bulu jengger) merupakan sayuran berdaun tahunan berdaun lebar. Tumbuh tersebar luas di Meksiko, di mana ia dikenal sebagai "bunga beludru", Amerika Selatan bagian utara, Afrika tropis, Hindia Barat, Asia Selatan, Timur dan Tenggara di mana ia ditanam sebagai bunga liar asli atau naturalisasi, dan dibudidayakan sebagai tanaman bergizi. sayuran berdaun hijau. Ini adalah makanan tradisional di negara-negara Afrika Tengah dan Barat, dan merupakan salah satu sayuran berdaun hijau terkemuka di Nigeria, yang dikenal sebagai " soko yokoto</link> ", artinya "membuat suami gemuk dan bahagia".[2] Di Spanyol dikenal sebagai "Sisir Ayam" karena penampilannya

Spesies terpilih[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sunset Western Garden Book. 1995. hlm. 606–607. 
  2. ^ Yarger, Larry. "Lagos Spinach" (PDF). ECHO. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 18 January 2017. Diakses tanggal 2 February 2023. 
  3. ^ "GRIN Species Records of Celosia". Germplasm Resources Information Network. United States Department of Agriculture. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-01-20. Diakses tanggal 2011-01-30.