Perbukitan Cheviot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Bukit Cheviot)

Perbukitan Cheviot adalah serangkaian dataran tinggi yang melintasi perbatasan Inggris-Skotlandia antara Northumberland dan Perbatasan Skotlandia. Bagian Inggris berada di dalam Taman Nasional Northumberland. Rentangnya meliputi The Cheviot (bukit tertinggi), ditambah Hedgehope Hill di timur, Windy Gyle di barat, dan Cushat Law dan Bloodybush Edge di selatan.

Perbukitan ini terkadang dianggap sebagai bagian dari Dataran Tinggi Selatan Skotlandia karena berbatasan dengan dataran tinggi di utara. Karena Pennine Way melintasi wilayah tersebut, perbukitan tersebut juga dianggap sebagai bagian dari Pennines utara meskipun dipisahkan dari Perbukitan Cheviot oleh Tyne Gap, yang sebagian terletak di bagian selatan Taman Nasional Northumberland.

Perbukitan Cheviot utamanya dikaitkan dengan aktivitas geologi sekitar 480 hingga 360 juta tahun yang lalu, ketika benua Avalonia dan Laurentia bertabrakan, mengakibatkan aktivitas vulkanik yang luas (orogeni Caledonian) yang menciptakan singkapan granit yang dikelilingi aliran lava. Daerah ini mempunyai hak umum untuk menjelajah berdasarkan Undang-Undang Pedesaan dan Hak Jalan Inggris tahun 2000 dan Undang-Undang Reformasi Tanah Skotlandia (Skotlandia) tahun 2003. Cheviot Selatan mencakup Area Pelatihan Otterburn, lapangan tembak terbesar di Inggris, tempat Kementerian Pertahanan melatih hingga 30.000 tentara per tahun.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Cheviot adalah bukit tertinggi dengan ketinggian 2.674 kaki (815 m). Puncak terkenal lainnya adalah Hedgehope Hill, Windy Gyle, Cushat Law, dan Bloodybush Edge. Dari perbukitan yang disebutkan, hanya Windy Gyle yang puncaknya berada di perbatasan. Sisanya semuanya berada di Inggris. Bagian bahasa Inggris dilindungi di Taman Nasional Northumberland.

Meskipun banyak dari puncaknya mencapai ketinggian 500 meter (1.600 kaki), sebagian besar memiliki ketinggian yang relatif rendah. Hanya tiga yang menjulang setinggi 150 meter (490 kaki) atau lebih di atas daerah sekitarnya: Cheviot itu sendiri, Shillhope Law, dan Housedon Hill, sebuah daerah kecil di utara (lihat Marilyn). Di barat daya Cheviot bergabung dengan kelompok perbukitan Hutan Kielder.

Ada perpecahan besar antara Cheviot utara dan selatan. Yang pertama mencakup sebagian besar dataran tinggi dan ditembus oleh lima lembah utama:

  • Lembah Tinggi
  • Harhope
  • ikan air tawar
  • Bowmont
  • Lembah Heatherhope

Perbukitan Cheviot di selatan meliputi lereng yang mengalir ke lembah sungai Coquet.

Geologi[sunting | sunting sumber]

Di tengah pegunungan terdapat singkapan granit Devonian Awal, Cheviot Pluton, yang dikelilingi oleh aliran lava andesitik busur Silur dan Devonian, tufa, dan aglomerat dari Formasi Vulkanik Cheviot. Ini pada gilirannya diterobos oleh segerombolan tanggul batuan beku dengan kandungan kimia dominan kalk-basa yang tersusun secara radial di sekitar pluton. Baik pluton maupun batuan vulkanik berasal dari subduksi kerak samudera ke arah utara yang menempel pada bekas benua mikro Avalonia di bawah lempeng Laurentian selama orogeni Kaledonia selama periode Ordovisium dan Silur.

Dataran rendah di sekitarnya terbentuk dari Batu Kapur Karbon, meskipun sebagian besar tertutup oleh endapan dangkal berumur Kuarter.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di sebelah selatan perbukitan Cheviot adalah lokasi Pertempuran Otterburn pada tahun 1388, dan mungkin merupakan pertempuran berdarah terpisah antara pasukan Inggris dan Skotlandia, setelah itu hanya 110 orang yang selamat, yang dijelaskan dalam "Balada Chevy Chase". (Catatan – asal usul pertempuran perbatasan antara Percy, Earl of Northumberland, dan Earl of Douglas dari Skotlandia, mungkin merupakan perburuan yang menyimpang ke Skotlandia dan ditafsirkan sebagai invasi.) Dua pertempuran terkait lainnya adalah Pertempuran Homildon Hill, bertempur di Cheviot dekat Wooler pada tahun 1402, dan Pertempuran Hedgeley Moor, bertempur di utara Powburn pada tahun 1464.