Brabant Flandria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Brabant Flandria
Vlaams-Brabant
Provinsi Belgia
Bendera Brabant Flandria
Bendera
Lambang Brabant Flandria
Lambang
Lokasi Brabant Flandria
Negara Belgia
KawasanFlag of Flanders.svg Region Flandria
Ibu kotaLeuven
Luas
 • Total2.106 km2 (813 sq mi)
Penduduk (1 Januari 2013)[1]
 • Total1.094.751
 • KepadatanBad rounding here520/km2 (Bad rounding here1,300/sq mi)
Situs webwww.vlaamsbrabant.be

Brabant Flandria (bahasa Belanda: Vlaams-Brabant [ˌvlaːmzˈbraːbɑnt]  ( dengarkan),[2] bahasa Prancis: Brabant flamand) adalah sebuah provinsi dari Flandria, salah satu dari tiga kawasan Belgia. Berbatasan (searah jarum jam dari Utara) dengan Antwerp, Limburg, Liège, Brabant Walonia, Hainaut dan Flandria Timur. Brabant Flandria juga mengelilingi Kawasan Ibukota Brussel. Ibukota provinsi ini adalah Leuven. Provinsi ini memiliki luas ke 2,106 km2 yang terbagi menjadi dua distrik administratif (arrondissementen dalam bahasa Belanda) mencakup 65 kota.

Brabant Flandria dibentuk pada tahun 1995 dengan memecah bekas provinsi Brabant menjadi tiga bagian: dua provinsi baru, Brabant Flandria dan Brabant Walonia, dan Kawasan Ibukota Brussel, yang tidak lagi menjadi milik provinsi manapun. Pemecahan ini dilakukan untuk mengakomodasi pembagian Belgia menjadi tiga kawasan (Flandria, Walonia dan Kawasan Ibukota Brussel).

Provinsi ini kaya akan sejarah budaya dan keragaman komoditas khas, beberapa yang terkenal di dunia adalah bir Belgia.

Provinsi ini terdiri dari dua arondisemen. Yang Arondisemen Halle-Vilvoorde memiliki Brussel di bagian tengah dan sebagian besar terdiri dari daerah pemukiman, meskipun juga memiliki zona industri besar dan bandar udara utama Belgia. Arondisemen lainnya adalah Arondisemen Leuven, berpusat di Leuven.

Bahasa resmi di Brabant Flandria adalah bahasa Belanda (seperti yang digunakan di seluruh Flandria), tetapi beberapa kota sampai batas tertentu diizinkan untuk menggunakan bahasa Prancis untuk berkomunikasi dengan warga negara mereka. Kota-kota ini dapat ditemukan di sepanjang perbatasan antara Flandria dan Walonia, dan antara Walonia dan daerah Belgia yang berbahasa Jerman. Halle-Vilvoorde sebagian besar mengelilingi Brussel, yang secara resmi menggunakan dua bahasa tetapi sebagian besar penduduknya menggunakan bahasa Prancis.


Politik[sunting | sunting sumber]

Gubernur adalah perwakilan Pemerintah Federal dan Pemerintah Flandria di Brabant Flandria. Dia ditunjuk oleh Pemerintah Flandria, berdasarkan saran dari Dewan Menteri Federal. Gubernur bertanggung jawab terhadap pengawasan pemerintah setempat, memastikan bahwa undang-undang dan keputusan dijalankan, memelihara keamanan dan ketertiban umum, dan koordinasi penanggulangan bencana yang terjadi di provinsinya.

Brabant Flandria adalah satu-satunya provinsi yang memiliki Wakil Gubernur. Wakil Gubernur ditunjuk oleh Pemerintah Flandria berdasarkan saran dari Dewan Menteri Federal dan harus memiliki pengetahuan yang cukup dari dalam bahasa Belanda dan bahasa Prancis. Dia bertanggung jawab untuk memastikan bahwa undang-undang bahasa dijalankan di kota-kota perifer Brabant Flandria.

Agama[sunting | sunting sumber]

Menurut International Social Survey Programme 2008: Religion III oleh Asosiasi Data Arsip Agama,[3] 73.9% penduduk Brabant Flandria mengidentifikasi diri mereka sebagai Katolik, 23.1% sebagai idak beragama, 3% mengidentifikasi diri mereka dalam agama-agama lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]