Komunitas Berbahasa Jerman di Belgia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Komunitas berbahasa Jerman
Deutschsprachige Gemeinschaft  (Jerman)
Communauté germanophone  (Prancis)
Duitstalige Gemeenschap  (Belanda)
Bendera Komunitas berbahasa Jerman
Location of Komunitas berbahasa Jerman
NegaraBelgia
Pendirian1984
IbukotaEupen
Pemerintahan
 • EksekutifPemerintah Komunitas Berbahasa Jerman
 • Governing parties (2014–2019)ProDG, PS, PFF
 • Menteri PresidenOliver Paasch (ProDG)
 • Dewan legislatifParlemen Komunitas Berbahasa Jerman
 • Ketua parlemenKarl-Heinz Lambertz (PS)
Luas
 • Total854 km2 (330 sq mi)
Populasi
 (2016)
 • Total76,645
Hari Komunitas Berbahasa Jerman15 November
BahasaBahasa Jerman
Situs webwww.dglive.be

Komunitas Berbahasa Jerman di Belgia (Jerman: Deutschsprachige Gemeinschaft Belgiens [ˈdɔʏ̯tʃˌʃpʁaːxɪɡə ɡəˈmaɪ̯nʃaft ˈbɛlɡi̯əns], DG; Prancis: Communauté germanophone de Belgique; Belanda: Duitstalige Gemeenschap België [ˈdœy̯tsˌtaːlɪɣə ɣəˈmeːnˌsxɑp ˈbɛlɣijə]) adalah salah satu dari tiga komunitas federal di Belgia.[1] Komunitas ini meliputi wilayah seluas 854 km² dan terletak di Provinsi Liège (Jerman: Lüttich), Wallonia. Komunitas ini mencakup sembilan dari sebelas munisipalitas Kanton-Kanton Timur (Jerman: Ost-Kantone). Para penduduk di wilayah ini secara tradisional menuturkan dialek Dietsch Hilir, Ripuaria dan Moselle Franconia. Jumlah penduduknya melebihi 75.000 jiwa atau sekitar 0,70% populasi nasional.

Komunitas yang berbatasan dengan Belanda, Jerman dan Luksemburg ini memiliki parlemen dan pemerintahannya sendiri di Eupen. Walaupun terdapat banyak penduduk di wilayah perbatasan Provinsi Luksemburg di Belgia dengan Keharyapatihan Luksemburg yang menuturkan bahasa Luksemburg (sebuah bahasa Jerman Tengah Barat), mereka tidak dianggap sebagai bagian dari Komunitas Berbahasa Jerman. Komunitas Berbahasa Jerman di Belgia meliputi wilayah berbahasa Jerman yang diambil dari Jerman pada tahun 1920. Selain itu, di wilayah Belgia pada masa itu terdapat pula sejumlah daerah yang menuturkan bahasa Jerman, tetapi tidak dianggap sebagai bagian dari komunitas ini: Bleiberg-Welkenraedt-Baelen di Provinsi Liège timur laut dan Arelerland (kota Arlon dan sejumlah desa di sekitarnya di Provinsi Luksemburg). Namun, di wilayah-wilayah tersebut bahasa Jerman mengalami kemunduran akibat menyebarnya bahasa Prancis.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The German-speaking Community". Dglive.be. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-04. Diakses tanggal 2014-06-11. 
  2. ^ Society for Threatened Peoples: gfbv.it

Pranala luar[sunting | sunting sumber]