Vilvoorde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Vilvoorde (Filford)
Koordinat: 50°56′N 04°25′E / 50.933°N 4.417°E / 50.933; 4.417Koordinat: 50°56′N 04°25′E / 50.933°N 4.417°E / 50.933; 4.417

Vilvoorde (pengucapan Belanda: [ˈvɪlvoːrdə], bahasa Prancis: Vilvorde, atau secara historis dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Filford atau Filfurdo[1] adalah munisipalitas Belgia di kawasan Flandria yang berasal dari Provinsi Brabant Flandria. Munisipalitas ini terdiri dari kota Vilvoorde dengan dua wilayah terpencilnya, yaitu Koningslo[2] dan Houtem, juga kota kecil Peutie. Para penduduk Vilvoorde memiliki julukan Pjeirrefretters yang berarti 'pemakan kuda' karena daging kuda, khususnya steik, adalah makanan favorit di Vilvoorde.[1]

Para penduduk di Vilvoorde menggunakan Bahasa Belanda sebagai bahasa resminya, dengan minoritas penutur Bahasa Perancis sekitar 33.7% dari total penduduk,[3][4] dan berpusat terutama di daerah Koningslo yang seperempat wilayahnya berbatasan dengan Brussel.[5] Minoritas penutur Bahasa Perancis ini diwakili oleh 3 anggota dari 33 kursi dewan lokal. Kota ini juga menjadi rumah bagi minoritas keturunan Spanyol yang besar. Di pusat kota, 1 dari 10 penduduk berkebangsaan Spanyol. Bahkan proporsi orang-orang Belgia yang memiliki akar keturunan Spanyol jumlahnya lebih besar. Sebagian besar dari mereka berimigrasi dari Peñarroya-Pueblonuevo di Andalusia setelah peristiwa Perang Dunia II. Ada juga komunitas besar orang-orang Maroko dan komunitas-komunitas yang lebih kecil dari para imigran yang lebih baru termasuk orang-orang Turki, orang-orang Makedonia, dan orang-orang Portugis.

Sejak tahun 2000 hingga 1 Agustus 2007, walikota Vilvoorde adalah mantan Perdana Menteri Belgia, yakni Jean-Luc Dehaene. Sedangkan yang menjabat sebagai walikota sejak tahun 2013 adalah Hans Bonte[6] yang juga seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Federal.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal[sunting | sunting sumber]

Bangsa Nervii, kemudian orang-orang Roma, kemungkinan sudah mendiami wilayah strategis yang dekat dengan Sungai Zenne ini. Istilah Filfurdo pertama kali disebutkan dalam sebuah dokumen dengan 779 halaman dimana Pippin of Herstal menyerahkan wilayah ini kepada Biara Chèvremont yang terletak di dekat Liège. Nama ini diduga berasal dari padanan kata villa di sepanjang jalur perlintasan sungai.

Abad Pertengahan[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-12, sebuah kota kecil mulai tumbuh yang dengan cepat berubah menjadi target ambisi para Duke of Brabant dan para Lord of Grimbergen. Henry I, seorang Duke of Brabant, segera memberikan kota Vilvoorde penghargaan atas haknya setelah tahun 1192 terutama untuk memastikan dukungan yang kuat dari penduduk terhadap tetangga wilayahnya, yakni Flandria. Hak untuk membangun tembok pertahanan dan mengekspor hasil-hasil produksinya memberikan Vildoorde dorongan ekonomi yang besar dan mayoritas digerakkan oleh industri pakaian. Pada abad ke-14, berkat posisinya dengan Sungai Zenne, Vildoorde menjadi sebuah pusat militer yang penting serta mampu berkompetisi melawan Leuven dan Brussel untuk gelar Kota Paling Penting di Brabant.

Abad Ke-15 Hingga Kini[sunting | sunting sumber]

Lukisan Jan Luyken (dibuat sekitar tahun 1683-1685) yang menggambarkan Anabaptist Anna Utenhoven yang dikubur hidup-hidup di Vilvoorde pada tahun 1597. Dalam lukisan tersebut, terlihat kepala Anna masih berada di atas tanah dan para pendeta yang menasihati Anna untuk menyangkal imannya, sementara seorang algojo sudah bersiap untuk menutupi tubuh Anna sepenuhnya atas penolakan Anna.
Kastil Hyenhoven di Peutie, sebuah wilayah di Vilvoorde

Sejak abad ke-15 hingga ke-19, Vilvoorde mengalami masa perubahan yang panjang, terutama disebabkan oleh adanya kompetisi dengan Brussel hingga menyebabkan merebaknya kesulitan besar dalam industri tekstil serta hasil dari epidemi dan perang, baik dalam bidang politik maupun agama.

Penerjemah Al-Kitab ke dalam Bahasa Inggris, William Tyndale, dieksekusi di tempat ini pada bulan Oktober 1536. Pada tahun 1597, Anna Utenhoven, seorang Anabaptist yang dituduh sesat dan dikubur hidup-hidup di Vilvoorde, adalah seorang Protestan terakhir yang mengalami mati syahid karena keteguhan iman mereka yang pernah tercatat dalam sejarah Habsburg Belanda. Anthony van Stralen, seorang Lord of Merksem, dan Jan van Casembroot keduanya dieksekusi di Vilvoorde.

Munculnya Revolusi Industri pada akhir abad ke-18 bagaikan anugerah bagi Vilvoorde yang dapat dengan cepat memanfaatkan kedekatannya dengan Brussel dan infrastruktur transportasinya yang baik, yakni dengan adanya pendalaman kanal sekitar tahun 1830 dan pengadaan rel kereta api pada tahun 1835. Tidak lama, bangunan-bangunan abad pertengahan juga memberikan jalan bagi struktur konstruksi yang lebih baru dan lebih baik. Pada tahun 1489, gedung Balai Kota digantikan oleh bangunan Neo-Klasik yang dapat dilihat hingga kini.

Pada tahun 1920an, diadakan perluasan dan pendalaman kanal kembali yang sejalan dengan zona industrial yang baru, serta pelabuhan di daerah pedalaman juga dibangun untuk menerima kapal barang yang lebih besar. Setelah dimerdekakan oleh Inggris pada tahun 1944, wilayah Vilvoorde kemudian dikelola oleh kota madya gabungan antara Inggris dan Belgia dengan walikota Inggris dan Belgia sementara, yakni Letnan Kolonel (dahulu Walikota) J.M.E. Howarth Esq. dan (kemudian Professor) Robert Senelle sebelum dipindahkan kembali pada administrasi sipil.

Sejak itu, Vilvoorde kemudian menjadi (dan tetap) menjadi salah satu wilayah industri terbesar yang ada di sekitar Brussel dengan populasi yang terus tumbuh hingga mencapai lima kali lipat dari jumlah populasinya 150 tahun yang lalu. Krisis ekonomi baru-baru ini telah menghantam kota ini dengan keras, terutama saat Renault menutup pintunya pada tahun 1997. Pada abad ke-21 kini, industri jasa adalah industri yang memimpin dan menjadi penopang utama kehidupan di Vilvoorde.

Pemerintah Lokal[sunting | sunting sumber]

Daftar Walikota yang pernah menjabat di Vilvoorde:[sunting | sunting sumber]

  1. Tahun 1983-1993: Laurent Moyson (CVP)
  2. Tahun 1994-2000: Willy Cortois (VLD)
  3. Tahun 2001-2007: Jean-Luc Dehaene (CD&V)
  4. Tahun 2007-2012: Marc van Asch (CD&V)
  5. Sejak tahun 2013: Hans Bonte (SP.A)

Situs Kota[sunting | sunting sumber]

Onze-Lieve-Vrouwe-Kerk, Vilvoorde
  1. Balai Kota bertema Neo-Klasik dan Aula Pasar yang tertutup dapat ditemui di alun-alun pusat kota.
  2. Patung kuda Brabant dapat ditemukan di dekat Balai Kota untuk memperingati tradisi panjang perdagangan kuda di Vilvoorde.
  3. Rumah Kijk-Uit yang berasal dari abad ke-15 atau ke-16 Masehi.
  4. Gereja-gereja yang menarik, termasuk Onze-Lieve-Vrouwekerk atau 'Gereja Bunda Kita' yang mulai dibangun pada abad ke-14, serta Basilika Onze-Lieve-Vrouw-ten-Troost atau 'Bunda Penghibur Kita' yang dibangun pada abad ke-17 Masehi dengan gaya Baroque dan berdampingan dengan Biara Karmelit.
  5. Taman-taman yang unik, seperti Hanssenspark[7] dengan taman bergaya Inggris dan Domein Drie Fonteinen atau 'Domain Tiga Air Mancur' yang menyajikan taman-taman bergaya Inggris dan Perancis.
  6. The Vilvoorde Viaduct yang menjadi bagian dari jalur sabuk Brussel.

Rangkaian Acara[sunting | sunting sumber]

Vilvoorde, nádraží.jpg
Station Vilvoorde Perron.jpg
Vilvoorde op de Ferrariskaart - 370700 - onroerenderfgoed.jpg
Viaductul Vilvoorde 01.jpg
Vilvoorde Gendarmeriestraat zonder nummer as - 13038 - onroerenderfgoed.jpg
Gambaran suasana di Vilvoorde
  • Seperti kebanyakan kota-kota Belgia lainnya, Vilvoorde juga memiliki karnaval seminggu penuh yang diperingati setiap tahunnya pada minggu Shrove Tuesday, yakni selama akhir Februari hingga awal Maret.
  • Setiap tahun pada hari Senin, tiga minggu setelah Paskah, pasar tahunan yang sangat terkenal, Jaarmarkt, diadakan dengan menampilkan beberapa kompetisi dan pameran hewan-hewan ternak seperti kuda, sapi, unggas, babi, dan sebagainya. Acara ini bertepatan dengan awal pekan raya tahunan yang digelar selama seminggu dengan menampilkan banyak atraksi yang menarik untuk anak-anak.

Penduduk yang Terkenal[sunting | sunting sumber]

  1. Jancko Douwama, seorang bangsawan Frisia yang berjuang untuk membebaskan wilayah Friesland dari kekuasaan bangsa Saxon. Ia dpenjara oleh Kaisar Charles V di Kastil Vilvoorde sejak tahun 1523 hingga kematiannya pada tahun 1533.
  2. Jan van Essen dan Hendrik Vos. Pada tahun 1523, mereka dipenjara di Vilvoorde tidak lama sebelum menjadi Lutheran pertama yang dieksekusi oleh Gereja Katolik Roma.
  3. William Tyndale (1494-1536), seorang akademisi Inggris dan penerjemah Al-Kitab yang dicekik dan dibakar di Vilvoorde pada tanggal 6 Oktober 1536 setelah dituduh melakukan perbuatan sesat.
  4. Jean-François Portaels (1818-1895), seorang pelukis orientalis.
  5. Jean-Luc Dehaene (1940-2014), seorang mantan Perdana Menteri Belgia, MEP, dan wakil ketua dari Konvensi Masa Depan Eropa.
  6. Danny Devos (1959), seorang seniman yang menekuni bidang seni tubuh dan seni pertunjukan.
  7. Francis Heylighen (1960), seorang ilmuwan peneliti sistem yang kompleks.
  8. Pascal Duquenne (1970), seorang aktor.
  9. Yannick Carrasco (1993), seorang pemain sepakbola yang dibesarkan di Vilvoorde.
  10. Jan Baptist van Helmont (1580-1644), seorang pelopor di bidang kimia.
  11. Paul Panda Farnana (1888-12 May 1930), seorang intelektual dan aktivis asal Kongo.
  12. Amelie Lens (1990), seorang DJ dan produser.

Kota Serupa[sunting | sunting sumber]

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Distrik pemilihan Brussels-Halle-Vilvoorde

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b lihat: "The Martyrdome and burnyng of Maister W. Tyndall, in Flaunders, by filford Castle." in: John Foxe, Actes and Monuments (1570), VIII.1268.
  2. ^ "Sejarah Koningslo". 
  3. ^ "Présence francophone en périphérie bruxelloise". Citoyens de Zaventem. 2016-12-14. Diakses tanggal 2021-10-30. 
  4. ^ "Accueil enfants communes à facilités Bruxelles". www.communauteurbaine.be. Diakses tanggal 2021-10-30. 
  5. ^ Les projets de statut de Bruxelles. CRISP. 1966. 
  6. ^ https://plus.google.com/+UNESCO (2016-10-28). "Hans Bonte". UNESCO (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-30. 
  7. ^ "Hanssenspark". stad Vilvoorde (dalam bahasa Belanda). Diakses tanggal 2021-10-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Municipalitas di Flemish Brabant