Borsumij

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
NV Borneo Sumatra Maatschappij
Naamloze vennootschap
IndustriPerdagangan
NasibDimerger dengan Geo Wehry
PenerusBorsumij Wehry
Didirikan1884
PendiriJ.W. Schlimmer
Ditutup1961
Kantor
pusat
,
Belanda


N.V. Borneo Sumatra Handelmaatschappij, yang lebih dikenal dengan singkatan Borsumij, merupakan sebuah perusahaan perdagangan asal Belanda yang berpusat di Den Haag.

Borsumij[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1884 setelah pada tahun 1882, Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) mulai membatasi kegiatan perdagangannya di Hindia Belanda hanya di pulau Jawa. Pendirinya adalah J.W. Schlimmer, yang hingga saat itu menjadi perwakilan NHM di Kalimantan.

Awalnya mereka memperdagangkan hasil hutan, tetapi kemudian mereka juga mengimpor barang-barang konsumsi. Mereka menggunakan kapal mereka sendiri untuk melakukan semua itu.

Setelah Perang Dunia II dan kemerdekaan Indonesia, perusahaan ini berfokus pada pasar di Afrika Barat. Twentsche Overzee Handelmaatschappij diakuisisi untuk tujuan ini. Perusahaan ini didirikan oleh produsen tekstil Twente pada tahun 1920 untuk menjual produk kapas di sana. Kemudian, kegiatan perdagangan di Afrika dihentikan dan perusahaan ini berfokus pada Eropa Barat. Tidak seperti beberapa perusahaan dagang lainnya, perusahaan ini tidak terlibat dalam kegiatan industri.

Merger dengan Geo Wehry[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1961, perusahaan ini melakukan merger dengan perusahaan perdagangan Geo Wehry untuk membentuk Borsumij Wehry. Geo Wehry didirikan di Kota Surabaya dan memperdagangkan tekstil, serta mengimpor, antara lain, bir Guinness di Hindia Belanda. Kantor pusatnya, yang dibuka pada tahun 1912 dan berlokasi di Jakarta saat ini, menjadi museum Batavia kuno pada tahun 1939 dan sekarang menjadi museum boneka. Perusahaan hasil merger ini kemudian mendapatkan gelar kehormatan Koninklijke, sehingga menggunakan nama Koninklijke Borsumij Wehry.

Pada tahun 1996, Borsumij Wehry diakuisisi oleh Hagemeyer.

Galeri[sunting | sunting sumber]