Borok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Borok pada kaki

Borok merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada kulit atau selaput lendir, yang disertai dengan erosi jaringan. Borok yang tampak menjijikkan ini umumnya dapat muncul pada kulit secara berulang dan penyembuhannya memerlukan waktu lama.

Bentuk borok bervariasi, ada yang seperti lingkaran besar atau kecil. Kemunculannya pun bisa di mana saja, seperti kaki, bibir, kepala, perut, dan sebagainya. Borok dapat menimbulkan rasa gatal yang luar biasa. Kondisi borok akan semakin parah jika digaruk, dan bahkan ada juga borok yang mengeluarkan darah atau nanah

Penyebab[sunting | sunting sumber]

Borok adalah luka yang terbuka pada kulit, mata atau membran mukosa yang sering disebabkan oleh diabetes, peradangan, infeksi, kanker, hipertensi, dan lain-lain. Penyebab lain borok pada kulit termasuk tekanan dari berbagai sumber.[1]

banyak orang yang terkena borok disebabkan diabetes,hal ini karena glukosa yang "menggerogoti" kulit, juga organ dalam.

Gejala borok[sunting | sunting sumber]

Sangat mudah untuk melihat adanya borok kaki. Bentuknya kemerahan, biasanya tampak seperti kawah pada kulit. Borok kaki kadang-kadang dapat ditemukan pada bagian telapak kaki atau di sisi kaki, dan biasa juga ditemukan pada ujung jari kaki. Pada umumnya, luka tersebut akan dikelilingi kulit yang menebal, seperti daerah callus. Pada tahap awal borok kaki, batas callus mungkin tidak begitu tampak.

Dalam tahapan borok kaki yang lebih serius, kawah yang tampak akan sangat dalam, yang akan memperlihatkan tulang dan otot tendon.

Pada pasien sehat, borok kaki dapat sangat menyakitkan karena sistem saraf mereka masih bekerja dengan baik dan dapat mengirimkan rasa sakit ke otak.[2]

Pengobatan[sunting | sunting sumber]

Salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengobati kaki borok adalah mengistirahatkan kaki sementara waktu. Hal ini disebut sebagai peringanan beban kaki. Tujuannya untuk mengurangi tekanan di kaki sehingga mengurangi risiko infeksi semakin berkembang.

Jika memang diperlukan kenakan alat-alat pelindung kaki agar tidak menjadi infeksi saat terkena barang-barang yang tidak higienis.

alat-alat tertentu untuk melindungi kaki seperti:

  • Sepatu diabetes
  • Gips
  • Membungkus kaki dengan kompres
  • Pakai in-sole dan cushion pad di dalam sepatu guna mencegah mengelupasnya dan kapalan pada kaki

Borok kaki diabetes juga dapat diangkat. Ini adalah proses di mana menghilangkan kulit mati yang memperlihatkan tanda-tanda infeksi atau benda asing yang mungkin telah menyebabkan Ulkus (debridement).

Infeksi merupakan komplikasi serius dari borok kaki dan membutuhkan perawatan segera. Tidak semua infeksi diperlakukan dengan cara yang sama karena berbeda tingkat keparahannya, jika sudah sangat parah segeralah periksa ke rumah sakit agar tidak lebih parah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kenali Penyakit Penyebab Borok dan Cara Mengatasinya". Alodokter. 2017-03-23. Diakses tanggal 2019-12-25. 
  2. ^ DocDoc. "Borok Kaki : Gejala, Penyebab, Diagnosis dan Cara Mengobati - Learn about medical topics on DocDoc". DocDoc (dalam bahasa LANGUAGE-CODE). Diakses tanggal 2019-12-25.