Bontang Kuala, Bontang Utara, Bontang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kelurahan Bontang Kuala
Kantor lurah Bontang Kuala
Kantor kelurahan Bontang Kuala
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Timur
KotaBontang
KecamatanBontang Utara
Kodepos
75312
Kode Kemendagri64.74.01.1001 Edit the value on Wikidata
Luas5,67 km²
Jumlah penduduk6.910 jiwa (2021)
Kepadatan1.218 jiwa/km²
Jumlah RT20
Situs webkel-bontangkuala.bontangkota.go.id

Bontang Kuala adalah salah satu kelurahan di kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Dengan jumlah penduduk yang terus berkembang setiap tahunnya serta luasan wilayah daratan yang relatif kecil dibandingkan dengan wilayah lautnya, menjadikan wilayah kelurahan ini sebagai salah wilayah pemukiman berkembang di Kota Bontang, dan wilayah yang memiliki potensi sumber daya Kelautan yang cukup besar. Sebagai salah satu wilayah pemukiman berkembang di Kota Bontang, kelurahan Bontang Kuala juga memiliki keragaman etnis yang terdapat di dalamnya cukup heterogen.

Kelurahan Bontang Kuala merupakan salah satu tujuan wisata favorit bagi masyarakat Kota Bontang, wisatawan regional maupun wisatawan mancanegara, yang saat ini sering dikunjungi tamu – tamu dari Perusahaan yang ada di Kota Bontang.

Kelurahan Bontang Kuala terbagi dalam 2 wilayah, yang terdiri dari Wilayah Pemukiman di atas laut dan Pemukiman di wilayah darat.

Pemukiman yang terletak di atas laut terdiri dari 11 Rukun Tetangga, sementara pemukiman di wilayah darat terdiri dari 9 Rukun Tetangga.

Saat ini (2022) Kelurahan Bontang Kuala dipimpin oleh Lurah Suiza Ixan Saputro, S.STP dengan jumlah pegawai sebanyak 32 orang yang terdiri atas PNS dan TKD (Tenaga Kontrak Daerah).

Dengan penduduk sebanyak 6.910 jiwa (sumber: Data Agregat Kelurahan Bontang Kuala Semester II Tahun 2021) dan luas wilayah sebesar 627 Ha (5,67 km2), secara geografis Kelurahan Bontang Kuala memiliki:

a. Batas-batas:

Letak Batas geografis Kecamatan
Sebelah Utara Taman Nasional Kutai dan Lhok Tuan Bontang Utara
Sebelah Selatan Kelurahan Tanjung Laut Indah Bontang Selatan
Sebelah Timur Selat Makassar Bontang Utara
Sebelah Barat Kelurahan Bontang Baru Dan Kelurahan Api - Api Bontang Utara

b. Jumlah RT: 20 Rukun Tetangga

c. Kepadatan penduduk: 1.218 jiwa/km persegi

d. Letaknya dari kota: Jarak tempuh kurang dari satu jam

e. Keadaan drainase: Banjir Rob


Visi Kelurahan Bontang Kuala

"Terwujudnya Desa Wisata Bontang Kuala berbasis kearifan budaya lokal yang harmoni, berkelanjutan, berdaya saing dan sejahtera."


Misi Kelurahan Bontang Kuala

1.Desa Wisata Bontang Kuala yang HARMONI dan KOLABORASI dengan pihak swasta, akademisi, komunitas dan media (penta-helix collaboration)

2. Desa Wisata Bontang Kuala yang BERKELANJUTAN dan berwawasan lingkungan melalui pelestarian sosial budaya/adat, peningkatan infrastruktur serta konservasi lingkungan.

3. Desa Wisata Bontang Kuala yang BERDAYA SAING dan SEJAHTERA Melalui pemberdayaan masyarakat dan peningkatan usaha ekonomi kreatif pesisir.