Bontang Kuala, Bontang Utara, Bontang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bontang Kuala
Kelurahan
Kantor lurah Bontang Kuala
Kantor kelurahan Bontang Kuala
Negara  Indonesia
Provinsi Kalimantan Timur
Kota Bontang
Kecamatan Bontang Utara
Kodepos 75312
Luas 5,67 km²
Jumlah penduduk 4.628 jiwa (2015)
Kepadatan 816 jiwa/km²

Bontang Kuala adalah salah satu kelurahan di kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Dengan jumlah penduduk yang terus berkembang setiap tahunnya serta luasan wilayah daratan yang relatif kecil dibandingkan dengan wilayah lautnya, menjadikan wilayah kelurahan ini sebagai salah wilayah pemukiman berkembang di Kota Bontang, dan wilayah yang memiliki potensi sumber daya Kelautan yang cukup besar. Sebagai salah satu wilayah pemukiman berkembang di Kota Bontang, kelurahan Bontang Kuala juga memiliki keragaman etnis yang terdapat di dalamnya cukup heterogen.

Kelurahan Bontang Kuala merupakan salah satu tujuan wisata bagi masyarakat Kota Bontang, wisatawan regional maupun wisatawan mancanegara, yang saat ini masih terbapat dari tamu – tamu dari Perusahaan yang ada di Kota Bontang. Kelurahan Bontang Kuala terbagi dalam 2 wilayah, yang terdiri dari Wilayah Pemukiman di atas laut dan Pemukiman di wilayah darat.

Pemukiman yang terletak di atas Laut terdiri dari 10 Rukun tetangga, sementara pemukiman di wilayah darat terdiri dari 6 Rukun tetangga.

Dengan penduduk sebanyak 3.937 jiwa (sumber: Profil Kelurahan Bontang Kuala Semester II Tahun 2012) dan luas wilayah sebesar 627 Ha, secara geografis Kelurahan Bontang Kuala memiliki:

a. Batas-batas:

Letak Batas geografis Kecamatan
Sebelah Utara Taman Nasional Kutai dan Lhok Tuan Bontang Utara
Sebelah Selatan Kelurahan Tanjung Laut Indah Bontang Selatan
Sebelah Timur Selat Makassar Bontang Utara
Sebelah Barat Kelurahan Bontang Baru Dan Kelurahan Api - Api Bontang Utara

b. Jumlah RT : 16 Rukun Tetangga

c. Kepadatan penduduk : 7 jiwa/km persegi

d. Letaknya dari kota : Jarak tempuh kurang dari satu jam

e. Keadaan drainase : Banjir Rob