Bolin (The Legend of Korra)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bolin
Tokoh The Legend of Korra
Penampilan
perdana
"A Leaf in the Wind"
PenciptaMichael Dante DiMartino
Bryan Konietzko
Pengisi suaraP. J. Byrne
Informasi
Jenis kelaminLaki-laki
PekerjaanPro-bender (musim 1-2)
Pemeran (musim 2)
Prajurit (musim 4)
Perwira polisi (Turf Wars)
KeluargaSan (ayah)
Naoki (ibu)
Mako (saudara)
KerabatChow (paman pihak ayah)
LiLing (bibi)
Chow Jr. (sepupu pertama)
Tu (sepupu pertama)
Meng-Meng (sepupu pertama)
Bohai (kakek pihak ayah)
Yin (nenek pihak ayah)
KewarganegaraanUnited Republic of Nations
Elemen pengendalianPrimer: Sub-styles:
  • Pengendalian lava
Usia16 (Buku Satu)
17 (Buku 2-3)
20 (Buku 4)

Bolin (愽林, Bó Lín) adalah sebuah karakter fiksi besar dalam serial televisi animasi Nickelodeon The Legend of Korra, yang disiarkan dari 2012 sampai 2014. Sebuah sekuel dari Avatar: The Last Airbender, karakter dan serial tersebut dibuat oleh Michael Dante DiMartino dan Bryan Konietzko. Pengisi suaranya adalah P. J. Byrne. Bolin dikenal sebagai salah satu karakter dengan pengendalian bumi dan lava. Ia dan saudaranya Mako merupakan atlet Pro Bender dan berada dalam tim Fire Ferrets.[1] Selain menjadi atlet, ia juga pernah menjalani beberapa pekerjaan seperti aktor dan penipu jalanan. Hingga akhir musim keempat, ia berhubungan dengan Opal Beifong.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Bolin hidup bersama kakaknya, Mako merupakan dua bersaudara dari ayah yang berasal dari Kerajaan Bumi dan ibu yang berasal dari Negara Api.[2] Kedua orang tua mereka adalah pengendali dan dikaruniai kedua anak yang mewarisi kemampuan mereka. Keluarga ini tinggal di Kota Republik. Akibat peristiwa pencurian, dua bersaudara tersebut terpakasa hidup gelandangan tanpa orang tua. Untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, Shady Shin merekrut mereka sebagai anggota pencuri dan penipu Thread Triple Triad. Kedua bersaudara ini menikmati pertandingan Pro Bending dan mengagumi Toza, ketua dari suatu tim dalam pertandingan tersebut.[1] Toza yang menyukai keduanya melihat talenta mereka dan mengajak mereka untuk menjadi atlet dan tinggal di sanggar. Sejak saat itu, keduanya menjadi atlet untuk tim Fire Ferrets.

Book One: Air[sunting | sunting sumber]

Pada umur enambelas tahun Bolin aktif bertanding dalam Pro Bending bersama dengan saudara dan satu rekannya di Fire Ferrets. Bolin yang menemukan Korra menyelinap ke ruang loker mereka mengenalkan dirinya dan timnya kepada Avatar tersebut. Selanjutnya, Korra masuk menjadi anggota Fire Ferrets setelah satu anggota Fire Ferrets absen dari pertandingan.[3] Untuk bisa melanjutkan pertandingan, tim tersebut harus bisa membayar biaya masuk yang cukup mahal dan Bolin terpakasa menerima pekerjaan dari Shady Shin secara diam-diam. Pekerjaan tersebut membawanya ke dalam pertemuan yang diadakan Equalist yang menghilangkan pengendalian Shin secara permanen. Korra dan Mako yang mencari Bolin menyelamatkannya dari pertemuan tersebut. Selanjutnya atas bantuan Asami Sato, kedua bersaudara tersebut dapat melanjutkan pertandingan dan memiliki tempat tinggal sementara. Selanjutnya keduanya tinggal di Pulau Kuil Udara setelah ayah Asami ditemukan sebagai anggota Equalist.[4] Bersama dengan Korra, Mako, dan Asami, mereka membentuk Tim Avatar. Tim tersebut kemudian melakukan penyelidikan terhadap Equalist yang berhujung pada penyingkapan identitas asli ketua Equalist, Amon, adalah pengendali air.[5]

Book Two: Spirits[sunting | sunting sumber]

Selanjutnya Bolin kembali bermain di Pro Bender dan mengambil alih jabatan ketua Fire Ferrets setelah Mako memutuskan untuk bergabung dengan kepolisian Kota Republik dan Korra menjalani pelatihannya di Pulau Kuil Udara.[6] Asami berusaha membangun kembali perusahaan ayahnya dengan pergi ke kutub selatan untuk menemui Varrick, pemilik perusahaan dari Kutub Selatan. Bersama dengan anggota tim Avatar lainnya, Bolin pergi ke Kutub Selatan untuk menikmati Festival Roh Gletser. Bolin bertemu dengan Eska dan Desna bersaudara dan menemani Asami menemui Varrick. Eska dan Bolin selanjutnya menjalani hubungan romantis, tetapi karena Bolin merasa terlalu terkekang, secara diam-diam ia meninggalkan Kutub Selatan dan kembali ke Kota Republik. Bolin memutuskan untuk bekerja sama dengan Varrick sebagai aktor dalam film The Adventures of Nuktuk: The Boy from The South (Perjalanan Nuktuk: Anak Laki-Laki dari Selatan). Film tersebut menerima reaksi positif dari masyarakat dan dilakukan penayangan di stadion Pro Bending. Sebelum penayangan dilangsungkan terjadi demonstrasi damai oleh penduduk Kutub Selatan di Kota Republik yang berakhir ricuh karena serangan tiba-tiba. Mako yang bertugas dalam demonstrasi tersebut mengingatkan Bolin untuk berhati-hati. Bolin dengan penuh waspada mengikuti jalannya pemutaran film dan saat beristirahat ia menemukan kapal cepat yang berada di luar stadion. Bolin menemukan bahwa Varrick berencana untuk menculik Presiden Raiko dan berhasil menggagalkannya.[7]

Mengetahui perjalanan Korra dan Jinora ke Dunia Roh untuk menghentikan Unalaq, Mako dan Bolin berusaha memasuki dunia tersebut dari portal yang terdapat di Kutub Selatan. Walaupun dikalahkan oleh Eska dan Desna dan ditahan dalam penjara es, Bolin meluluhkan hati Eska dan berhasil memasuki dunia roh bersama dengan saudaranya. Keduanya sudah berada di dunia roh saat Unalaq berhasil menyatu dengan roh kegelapan, Vaatu, dan memisahkan Korra dari roh kebaikan Raava. Perlawanan yang dilakukan kepada Vaatu dan Unalaq tidak membuahkan hasil apapun dan mereka kalah dengan tidak sadarkan diri.[8] Bolin dan saudaranya ditemukan oleh Kya, Bumi, dan Tenzin dan bersama-sama melindungi tubuh Korra. Setelah Unalaq dan Vaatu berhasil dihentikan, mereka diselamatkan oleh jiwa Korra dan berhasil kembali ke dunia nyata.[9]

Book Three: Change[sunting | sunting sumber]

Setelah kejadian di Kutub Selatan, Bolin kembali bertarung bersama Fire Ferrets dalam pertandingan amal untuk membangun Kota Republik. Saat ia makan bersama dengan keluarga Tenzin, mereka bersama-sama menemukan bahwa Bumi mendapatkan kekuatan untuk mengendalikan udara.[10] Selanjutnya ia bersama Tim Avatar ia berkeliling untuk mencari murid-murid kuil udara baru. Saat ia bertandang ke Ba Sing Se, kedua bersaudara mengunjungi keluarga mereka dan menemukan sepupu mereka yang juga mengalami hal yang dialami oleh Bumi, tetapi hal ini dirahasiakan oleh Kerajaan Bumi. Setelah usaha pembebasan berhasil, ia dan Mako menggunakan pesawat milik Lin Beifong untuk mencari pengendali udara lainnya.[11] Saat mereka sampai di Zaofu, ia bertemu dengan Opal yang mana juga mendapat kemampuan tersebut dan menyukainya. Ia berusaha untuk melatih pengendalian metal, tetapi tidak berhasil. Bersama dengan Pabu ia menyadari penculikan yang dilakukan oleh Red Lotus terhadap Korra. Paginya, ia dan tim Avatar mengejar Aiwei, penunjuk kejujuran yang membelot dari seluruh warga Zaofu.[12] Tim Avatar mengikuti Aiwei hingga ke Oase Misty Palm dan melawan anggota Red Lotus sambil menjaga Korra yang tengah memasuki dunia roh, tetapi gagal. Kedua bersaudara ditangkap dan dibawa oleh Red Lotus, sementara Asami dan Korra melarikan diri, namun ditangkap oleh prajurit Kerajaan Bumi. Setelah Zaheer mengumumkan kebebasan utuh, Bolin dan saudaranya mencuri kapal udara milik Kerajaan Bumi dan berusaha menyelamatkan pengendali udara yang disandera oleh Red Lotus. Bersama Kai, Mako dan Bolin berusahan melawan Ghazan dan Ming-hua dan menyelamatkan diri dari tempat tersebut. Setelah seluruh Zaheer dikalahkan, Bolin bergabung bersama Varrick dan Kuvira untuk mengembalikan keadaan di Kerajaan Bumi.[13]

Book Four: Balance[sunting | sunting sumber]

Bersama Kuvira, Bolin menyusuri beberapa bagian dari Kerajaan Bumi untuk menyebarkan bantuan dan keamanan, namun Bolin tidak menyadari perebutan kekuasaan yang dilakukan perempuan tersebut di balik aksi ini. Sesampainya di Zaofu, Bolin dan Varrick menyadari inisiatif asli Kuvira dan mencoba untuk lepas dari lingkaran tersebut dengan menghancurkan peron kereta Kuvira.[14] Keduanya berusaha melarikan diri ke Kota Republik untuk mengingatkan presiden mengenai serangan Kuvira. Setelah kembali bersama saudaranya, ia dan keluarga Beifong yang bebas menyelamatkan warga Zaofu dan menerima berita bahwa akan terjadi penyerangan terhadap Kota Republik dua minggu kemudian.[15] Pada hari penyerangan Bolin dan Mako berusaha merusak sumber energi dari mechasuit Kuvira. Mako yang tidak sadarkan diri setelah menyerang sumber energi segara diselamatkan oleh Bolin. Pada akhir episode, Bolin menjadi saksi pernikahan Varrick dan Zhu Li.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b The Legend of Korra: "Republic City Hustle, diakses tanggal 2020-06-19 
  2. ^ "Avatar the Last Airbender Family Trees Revealed!". Going Geek News (dalam bahasa Inggris). 2015-01-25. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-22. Diakses tanggal 2020-06-19. 
  3. ^ "Episode guide for 102 - A Leaf in the Wind :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diakses tanggal 2020-06-19. 
  4. ^ "Episode guide for 107 - The Aftermath :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diakses tanggal 2020-06-19. 
  5. ^ "Episode guide for 108 - When Extremes Meet :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diakses tanggal 2020-06-19. 
  6. ^ "Episode guide for 201 - Rebel Spirit :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diakses tanggal 2020-06-19. 
  7. ^ "Episode guide for 211 - Night of a Thousand Stars :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diakses tanggal 2020-06-19. 
  8. ^ "Episode guide for 213 - Darkness Falls :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diakses tanggal 2020-06-19. 
  9. ^ "Episode guide for 214 - Light in the Dark :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diakses tanggal 2020-06-19. 
  10. ^ "Episode guide for 301 - A Breath of Fresh Air :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diakses tanggal 2020-06-19. 
  11. ^ "Episode guide for 304 - In Harm's Way :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diakses tanggal 2020-06-19. 
  12. ^ "Episode guide for 308 - The Terror Within :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-21. Diakses tanggal 2020-06-20. 
  13. ^ "Episode guide for 313 - Venom of the Red Lotus :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diakses tanggal 2020-06-20. 
  14. ^ "Episode guide for 406 - The Battle of Zaofu :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diakses tanggal 2020-06-20. 
  15. ^ "Episode guide for 410 - Operation Beifong :: AvatarSpirit.net". korra.avatarspirit.net. Diakses tanggal 2020-06-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]