Korra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Korra
Pengisi suaraJanet Varney
Informasi
AliasAvatar Korra
Jenis kelaminWanita
JabatanProtagonis
KerabatTonraq (father)
Senna (mother)
Aang (spiritual predecessor)
KewarganegaraanSuku Air Selatan

Korra adalah Tokoh Fiksi dalam serial animasi The Legend of Korra yang ditayangkan oleh Nickelodeon. Karakter ini diciptakan oleh Michael Dante DiMartino dan Bryan Konietzko yang disuarakan oleh Janet Varney.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

70 Tahun pasca perang di serial Avatar sebelumnya (The Last Air Bender), lahirlah seorang inkarnasi avatar berikutnya bernama Korra yang berasal dari Suku Air Selatan. Ayahnya bernama Tonraq dan Ibunya bernama Senna. Keduanya adalah Pengendali Air. Diusianya yang ke-empat, ia sudah tahu dan paham bahwa ia adalah seorang Avatar, hal itu dibuktikan ketika dengan bangganya ia memperlihatkan kemampuannya didepan para Orde Lotus White (Para Pengajar Avatar). Diusianya yang ke-17, ia berhasil menguasai Pengendalian Air, Tanah dan Api. Namun ia sulit mempelajari kemampuan Pengendalian Udara yang menjadi syarat selanjutnya menjadi seorang Avatar sepenuhnya. Untuk itu, iapun melakukan perjalanan ke Kota Republik yang penuh dengan kejahatan di mana ia harus belajar pengendalian udara dari Anak Bungsu Aang dan Katara bernama Master Tenzin (disuarakan oleh JK Simmons, juga untuk menhentikan kejahatan yang diperbuat oleh kelompok Equalists yang dipimpin oleh Amon yang memiliki kemampuan meghilangkan secara Permanen ketrampilan pengendalian seorang Pengendali.

Karena sifatnya yang keras kepala dan kerap tak mampu mengendalikan diri, iapun dituntut untuk menguasai sisi spiritual dari sang Avatar. Tenzin menginformasikan kepada Korra bahwa ia harus menunda pelatihan Pengendalian Udaranya karena tanggungjawabnya sebagai Anggota Dewan di Kota Republik. Ia terlihat kecewa dan lari menuju Kota Republik dengan izin dari Katara. Disana ia dengan cepat mendapat masalah dengan Geng Motor Threat Triple Triad dan Lin Beifong, Kepala Kepolisian setempat yang memiliki hubungan asmara lama dengan Tenzin. Tenzin akhirnya mengizinkan Korra untuk tinggal bersamanya di Pulau Kuil Udara demi menghormati keinginan ayahnya untuk menjaga keseimbangan di Kota Republik. Dan di sini pula ia mulai mempelajari Pengendalian Udaranya.

Semakin tidak sabar dengan ajaran Tenzin yang memerlukan ketenangan batin dalam bermeditasi dan ketenangan pikiran, Korra mulai mempelajari olehraga Pro-Bending, olahraga paling populer di Kota Republik. Disana ia bertemu dengan dua kakak beradik (Mako dan bolin dan menjadi Anggota Tim Fire Ferrets setelah salah satu anggotanya seorang pengendali Air mengundurkan diri.

Aksi penyelamatan yang dilakukan oleh Korra dan Mako saat menyelamatkan Bolin menjadi awal perjumpaan Korra dan Amon. Amon mampu menghilangkan secara permanen kemampuan pengendalian seorang pengendali. Setelah mengetahui hal ini, Korra menceritakannya kepada Tenzin dan Lin Beifong, yang kemudian mengatakan bahwa tak ada Pengendali yang aman sekarang.

Sebagai kemajuan Tim Fire Ferrets lebih lanjut melalui turnamen, ketegangan romantis naik antara sesama anggota tim Pro Bending. Didorong oleh Istri yang Tenzin, Korra secara terbuka mengungkapkan perasaannya ke Mako, yang tampaknya menolak dia karena dia sudah kencan Asami. Perasaan Bolin untuk Korra lansung hancur ketika melihat kejadian Korra menciumi Mako. Hal ini menyebabkan ketegangan di tim Fire Ferret, Akhirnya mereka memutuskan untuk tetap berteman, meskipun Korra masih menaruh hati kepada Mako.

Kepribadian dan Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti Aang diserial sebelumnya, Korra digambarkan sangat keras kepala dan tidak takut terlibat perkelahian. Meskipun ia berbakat, kepribadiannya yang keras kepala telah mencegahnya dari kemudahan pengusaan Pengendalian Udara ataupun yang berhubungan dengan Dunia Roh. Avatar sebelum Aang, Kyoshi dan Roku, memiliki kesulitan terbesar menguasai elemen yang paling berlawanan dengan kepribadian Avatar. Roku butuh waktu lama mempelajari pengendalian Air, Aang sulit mempelajari pengendalian Bumi.

Sahabatnya adalah anjing beruang kutub bernama Naga, yang dengan kekuatannya membantu Korra keluar dari situasi berbahaya. Meskipun anjing liar beruang kutub awalnya ditakuti dan diburu oleh Suku Air, Korra adalah orang pertama yang pernah menjinakkannya. Korra juga berteman dengan Mako saudara-Bolin serta anggota keluarga Tenzin itu.

Keterampilan[sunting | sunting sumber]

Korra adalah seorang pengendali Air, Bumi dan Api. Ia belajar pengendalian Udara dari Master Tenzin

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Korra memiliki perasaan intim dengan Mako yang terlihat bingung mengakuinya karena ia mengencani Asami. Bolin menyukai Korra, namun Korra tidak menyimpan rasa suka terhadapnya. Disebuah adegan, Korra terlihat menciumi bibir Mako yang disaksikan oleh Bolin yang tak sengaja melihat kejadian itu. Untuk saat ini, Mako menolak rasa cintanya kepada Korra dan menggunakan hubungannya dengan Asami sebagai alasannya. Asami tidak terlihat curiga dengan hubungan Mako dan Korra, tetapi yang jelas, Mako menunjukkan dukungannya yang kuat terhadap Korra dan Asami. Dimana di series 'Turf War' memperlihatkan hubungan korra dan Asami di mana mereka berdua menghabiskan waktu liburan bersama di dunia Roh (World Spirit), dan juga menjadi kenangan manis bagi mereka berdua yang mulai saling memahami dan saling sayang satu sama lain. Korra yang berkunjung ke water tribe bertemu ayah dan ibunya untuk membicarakan tentang hubungannya dengan Asami, ketika sudah di inti pembicaraan Korra dan Asami berpikir saat itu mereka berdua takut hubungannya di tentang, tapi mereka salah ayahnya (Tonraq) dan istrinya (Sena) tidak menentang melainkan senang dan menyetujuinya. Korra ingin hubungan nya di ketahui publik, namun orang tuanya melarang takutnya orang-orang tidak akan menerima hubungan korra dan Asami. Di kota republik tidak sengaja memperlihatkan kemesraan setelah menyelamatkan Asami dari aksi (kristal bender), Bolin kaget dan Opal tidak bisa berkata-kata sedangkan Mako setelah melihat dan mendengar hubungan mereka berdua, meski agak canggung namun tetap support hubungan dari korra dan Asami.

Mungkin beberapa orang yang menonton serial Avatar The Legend Of Korra setelah melihat ending dimana Korra dan Asami saling berciuman di mana adegan itu di cut. Ada yang berpendapat 'bagaimana bisa korra dan Asami bersama sedangkan mereka sesama jenis, lalu untuk apa ada scene Hubungan Korra-Mako lalu Mako dan Asami di series 1?'. Hanya pernah nonton sekali, tapi saya tidak tahu bagaimana kelanjutannya, lalu saya nonton ulang dan baru tahu di tambah baca komik online nya memperkuat dugaan (opini). Kalau udah pada baca komik online lanjutan Avatar The Legend Of Korra di series 'Turf War', dimana Korra dan Asami Sedang berbincang dengan Kya anak ke-2 dari Aang dan Katara di pulau kuil udara. Kya bahagia mengetahui hubungan korra dan Asami, dimana mereka berdua pun sempat kaget bagaimana Kya bisa mengetahui hubungan mereka. Kya sendiri mengalaminya sendiri dimana dia berbicara kepada Ayahnya Aang tentang hubungan dirinya berbeda dengan orang pada umumnya, namun Aang (lapang dada) lalu bercerita di Air Normaids dimana kebanyakan jenis yang sama mereka pun menerima hubungan keseimbangan dan kedamaian yang berbeda (pengendali udara jika yang lahir bayi laki-laki mereka akan di kirim ke kuil udara selatan dan timur, sedangkan bayi perempuan di kirim ke kuil udara Utara dan barat, dimana setelah lahir mereka dikirim dan tidak mengenali orang tuanya). Lalu Kya menceritakan kisah Avatar Kyoshi, sebelum Avatar Roku dan Aang. Dimana diapun menyukai jenis yang sama bernama Rangi dari koloni negara Api. Dan para Avatar cowo atau cewe mereka akan menyukai cowo atau cewe tapi mau, di siklus manapun asmara Avatar lebih ke ladys. Meskipun pasti tetap beberapa orang tidak suka cartoon ini yang dimana berhubungan dengan LGBT+. Dan melihat beberapa referensi dimana Korra dan Asami memiliki anak bernama Asuna dan kotraq adalagi yang bilang Nama anak Korra dan Asami : Akane, Tikaani, Hiroshi II.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Avatar The Legend Of Korra: Turf Wars

Avatar The Legend Of Korra: Ruins of the Empire