Blok 10

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Blok 10
Plakat peringatan di Institut Anatomi di Strasbourg. Diterjemahkan, sebagian bunyinya: "Untuk mengenang 86 orang Yahudi yang dibunuh pada tahun 1943 di Struthof oleh August Hirt, profesor di Reichsuniversität Nazi di Strasbourg. Jenazah mereka disemayamkan di pemakaman Yahudi di Cronenbourg....Ingatlah mereka agar pengobatan tidak lagi salah arah."

Blok 10 adalah sebuah barak di kamp konsentrasi Auschwitz di mana pria dan wanita digunakan sebagai subjek eksperimen oleh dokter-dokter Nazi. Eksperimen di Blok 10 meliputi pengujian reaksi tubuh terhadap zat-zat yang relatif tidak berbahaya dan sterilisasi.

Meskipun Blok 10 berada di Auschwitz I, yang sebagian besar digunakan untuk tahanan politik pria, eksperimen yang dilakukan sebagian besar terhadap wanita. Para dokter utama yang bekerja di blok 10 adalah Carl Clauberg, Horst Schumann, Eduard Wirths, Bruno Weber, dan August Hirt. Masing-masing dari mereka memiliki metode yang berbeda dalam melakukan eksperimen pada para tahanan.

Para tahanan di Auschwitz juga dideportasi ke lokasi lain di mana diperlukan subjek eksperimen. Misalnya, dua puluh anak Yahudi diterbangkan ke kamp konsentrasi Neuengamme di Hamburg di mana mereka disuntik dengan serum tuberkulosis berbahaya dan menjadi subjek eksperimen lainnya, kemudian dibunuh di sekolah Bullenhuser Damm.[butuh rujukan]

Dokter[sunting | sunting sumber]

  • Carl Clauberg[1] — Ia berfokus pada sterilisasi melalui suntikan. Metodenya adalah menyuntikkan zat kaustik ke serviks untuk menghalangi saluran tuba falopi. Subjek eksperimennya meninggal selama sterilisasi sementara yang lain mengalami nyeri hebat dan infeksi. Subjek eksperimen ini adalah wanita yang sudah menikah berusia dua puluh hingga empat puluh tahun yang sudah memiliki anak.[2]
  • Horst Schumann — Subjek eksperimennya adalah pria dan wanita sehat berusia akhir remaja atau awal dua puluh tahun, yang mencoba sterilisasi sinar-X. Korban mengalami luka bakar radiasi dan pembusukan setelah terpapar sinar-X. Bagian tubuh yang terpengaruh, terutama ovarium dan testis, kemudian diangkat secara bedah untuk pemeriksaan.[butuh rujukan]
  • Eduard Wirths — Ia berfokus pada pertumbuhan pra-kanker serviks, di mana ia sering memotret serviks tahanan wanita tanpa persetujuan mereka, memotongnya, dan mengirimkan baik foto maupun spesimennya kepada Dr. Hinselmann. Selain itu, ia melakukan sterilisasi pada banyak wanita dengan menghadapkan ovarium mereka kepada radiasi atau pengangkatan bedah. Ia juga mempromosikan Josef Mengele pada Agustus 1944.
  • Bruno Weber — Ia menguji kompatibilitas tipe darah dengan mengeluarkan darah dari para tahanan dan menyuntik mereka dengan golongan darah lain. Ia juga melakukan eksperimen pada barbiturat dan derivatif morfin untuk tujuan pengendalian pikiran.
  • August Hirt — Ia bertanggung jawab atas pengorganisasian koleksi tengkorak Yahudi dari 86 tahanan, untuk membuktikan "ketidaklayakan rasial" mereka. Ia juga menguji gas mustard pada tahanan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sweet, Frederick; Csapó-Sweet, Rita M. (Desember 2012). "Clauberg's eponym and crimes against humanity". The Israel Medical Association Journal. 14 (12): 719–723. ISSN 1565-1088. PMID 23393707. 
  2. ^ Hildebrandt, Sabine; Benedict, Susan; Miller, Erin; Gaffney, Michael; Grodin, Michael A. (1 Juli 2017). ""Forgotten" Chapters in the History of Transcervical Sterilization: Carl Clauberg and Hans-Joachim Lindemann". Journal of the History of Medicine and Allied Sciences (dalam bahasa Inggris). 72 (3): 272–301. doi:10.1093/jhmas/jrx018. ISSN 0022-5045. PMID 28873982. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 50°01′31″N 19°12′13″E / 50.0254°N 19.2035°E / 50.0254; 19.2035