Bleiburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bleiburg
Pliberk
Alun-alun utama
Alun-alun utama
Lambang Bleiburg
Lambang
NegaraAustria
Negara bagianInvalid state: "Kärnten"
DistrikVölkermarkt
Pemerintahan
 • WalikotaŠtefan Visocnik (SPÖ)
Luas
 • Total69,72 km2 (2,692 sq mi)
Ketinggian479 m (1,572 ft)
Penduduk (1 Januari 2014)[1]
 • Total4.030
 • KepadatanBad rounding here0.58/km2 (Bad rounding here1.5/sq mi)
Zona waktuWET (UTC+1)
 • Musim panas (DST)WMPET (UTC+2)
Kode pos9150
Kode wilayah04235
Plat kendaraanVK
Situs webwww.bleiburg.at

Bleiburg (bahasa Slovenia: Pliberk) adalah sebuah kota kecil yang terletak di negara bagian Kärnten di Austria. Kota ini terletak di sebelah tenggara kota Klagenfurt di Distrik Völkermarkt. Kota ini juga terletak sekitar empat kilometer dari perbatasan dengan Slovenia.

Kota praja ini terdiri dari dua belasKatastralgemeinden, yaitu Aich (Dob), Bleiburg, Grablach (Grablje), Kömmel (Komelj), Moos (Blato), Oberloibach (Libuče), Rinkenberg (Vogrče), Sankt Margarethen (Šmarjeta), Schattenberg (Senčni kraj), Unterloibach (Libuče), Weißenstein (Belšak) dan Woroujach (Borovje).

Menurut sensus tahun 2001, 30,4% warga kota ini adalah orang Slovenia Kärnten, sementara pada tahun 1971 jumlahnya mencapai 52,8%).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bleiburg pertama kali disebutkan dalam sejarah pada tahun 1228 dengan nama castrum et forum Pliburch. Bleiburg memperoleh status kota pada tahun 1370.

Dari tahun 1918 hingga 1920, kota ini diduduki oleh pasukan Yugoslavia. Walaupun hampir seluruh penduduk kota ini adalah orang Slovenia, kota ini tetap menjadi wilayah Austria setelah pembubaran Austria-Hongaria akibat kekalahannya dalam Perang Dunia I. Pada tahun 1920, diadakan Plebisit Kärnten, dan hasilnya penduduk Kärnten selatan menolak usulan untuk bergabung dengan Kerajaan Serbia, Kroasia dan Slovenia, dan ingin tetap menjadi bagian dari Austria. Namun, sebagian besar warga Bleiburg memilih untuk bergabung dengan Yugoslavia.

Pada tanggal 15 Mei 1945, Negara Merdeka Kroasia menyerah kepada Partisan Yugoslavia di Bleiburg. Di tempat ini lalu terjadi pembunuhan-pembunuhan di luar hukum. Partisan menghabisi ribuan anggota Garda Kroasia Ustaše, Garda Slovenia, dan pasukan Chetnik Serbia yang sebelumnya telah menyerah kepada pasukan Britania di wilayah pendudukan Austria.[2]

Pada tahun 2005 dan 2007, kota Bleiburg/Pliberk juga menjadi terkenal di media Austria dan Slovenia akibat perdebatan mengenai rambu dwibahasa. Pada Desember 2005, Mahkamah Konstitusi Austria memutuskan bahwa rambu di pintu masuk kota Bleiburg yang hanya ditulis dalam bahasa Jerman itu tidak konstitusional, dan pengadilan memerintahkan pendirian rambu yang ditulis dalam dua bahasa, yaitu Jerman dan Slovenia.[3] Pada Februari 2006, Gubernur Kärnten Jörg Haider memicu kontroversi dengan memindahkan rambu bahasa Jerman hanya beberapa meter dari tempat asalnya dengan maksud untuk membuat situasi hukum yang baru yang memerlukan putusan baru dari Makamah Konstitusi.[4] Pada Agustus 2006, ia secara pribadi menambahkan rambu kecil dengan nama kota Bleiburg dalam bahasa Slovenia di bawah nama Jermannya, tetapi pada bulan Desember Mahkamah Konstitusi Austria menyatakan tindakan tersebut merupakan tindakan yang melanggar hukum. Pada Februari 2007, Jaksa Penuntut Regional Kärnten memulai prosedur hukum terhadap Haider dan wakilnya, Gerhard Dörfler.[5] Penyelidikan dihentikan setelah Haider meninggal akibat kecelakaan pada tanggal 11 Oktober 2008. Setelah dikeluarkannya putusan Mahkamah Konstitusi yang lain pada tanggal 9 Juli 2010, rambu dwibahasa akhirnya didirikan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Statistik Austria - Bevölkerung zu Jahres- und Quartalsanfang, 2014-01-01.
  2. ^ Vladimir Zerjavic, Yugoslavia, Manipulations with the Number of Second World War Victims, hic.hr; accessed 25 May 2015.(Kroasia)
  3. ^ "Pliberk, Bleiburg ali oboje?". 24ur.com. Diakses tanggal 2015-05-29. 
  4. ^ "Haider verrückte Ortstafeln in Bleiburg - oesterreich.ORF.at". Kaernten.orf.at. Diakses tanggal 2015-05-29. 
  5. ^ "Tednik Demokracija". Demokracija.si. Diakses tanggal 2015-05-29.