Orang Slovenia di Kärnten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sebagian besar orang Slovenia di Austria tinggal di negara bagian Kärnten.

Orang Slovenia di Kärnten adalah penduduk asli berbahasa Slovenia di wilayah Kärnten yang merupakan etnis minoritas di Austria. Menurut sensus tahun 1991, terdapat 20.191 orang Slovenia di seluruh Austria,[1] dan sebagian besar tinggal di negara bagian Kärnten. Status mereka sebagai kelompok minoritas diakui oleh Konstitusi Austria dan hukum internasional.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah pembubaran Austria-Hongaria dan pendirian Kerajaan Serbia, Kroasia dan Slovenia, minoritas Slovenia di Kärnten diberi pilihan dalam sebuah jajak pendapat pada tahun 1920 untuk bergabung dengan Austria atau Yugoslavia. Sebagian besar memilih untuk bergabung dengan Austria, sehingga Kärnten menjadi bagian dari negara tersebut.

Bilingualisme[sunting | sunting sumber]

Walaupun bilingualisme di Kärnten diakui oleh hukum Austria, sempat terjadi konflik antara minoritas Slovenia dengan Gubernur Kärnten. Pada masa kepemimpinan gubernur ultranasionalis Jörg Haider selama hampir satu dasawarsa, ia menolak bilingualisme visual dalam bentuk papan nama kota dan bahkan secara pribadi mencabut papan berbahasa Slovenia di kota Bleiburg (bahasa Slovenia: Pliberk). Akhirnya, pada tahun 2011, pemerintah Austria memperbolehkan penggunaan papan nama kota berbahasa Slovenia di Kärnten selatan dan juga mengizinkan penggunaan bahasa Slovenia sebagai bahasa resmi kedua di kota-kota dengan jumlah orang Slovenia yang melebihi 17%.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]