Blaster Saburai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Blaster Saburai
PanggilanBlaster Saburai
Singkatan"Badak Lampung Suporter Sai Bumi Ruwa Jurai"
Didirikan1 Juni 2019
JenisSuporter sepak bola
Klub kebanggaanBadak Lampung FC
SloganNiku Mak Nenggalan
MarkasBandar Lampung, Lampung, Indonesia
StadionStadion Sumpah Pemuda, Lampung
TribunUtara
KetuaAli Rahman
Sub Kelompok
  • Muli Blaster Lampung
  • Blaster Saburai School Boys
Warna KebesaranMerah
Websitehttps://www.instagram.com/blastersaburai.official/

Blaster Saburai adalah sebutan bagi kelompok suporter klub sepak bola dari Lampung Badak Lampung FC. Blaster Saburai yang merupakan singkatan dari Badak Lampung Suporter Sai Bumi Ruwa Jurai terbentuk pada tanggal 1 Juni 2019, berawal dari keinginan rekan rekan pecinta sepakbola Lampung agar Badak Lampung memiliki suporter khusus yang fokus mendukung tim Badak Lampung. Blaster Saburai tidak termasuk dalam struktur manajemen Badak Lampung FC melainkan berdiri sendiri sebagai simpatisan pendukung Badak Lampung FC. Oleh karena itu Blaster Saburai selalu mandiri dalam segala urusan dan pembiayaannya. Blaster Saburai bertekad hadir di setiap laga Badak Lampung di kandang ataupun tandang.[1]

Blaster Saburai berupaya untuk mengkampanyekan suporter kreatif tanpa musuh agar pada perjalanannya Blaster Saburai dapat diterima diseluruh perkumpulan suporter yang ada di Indonesia.[2]

Cabang-Cabang[sunting | sunting sumber]

Sub Kelompok[sunting | sunting sumber]

  1. Muli Blaster Saburai
  2. Blaster Saburai School Boys
  3. NorthBoys19
  4. Blaster Tamvan
  5. Redszone Blaster Saburai
  6. Blaster Brother Lampung


Kordinator Wilayah (Korwil)[3][sunting | sunting sumber]

1. Blaster Saburai Bandar Lampung[sunting | sunting sumber]

1) Blaster Saburai Kemiling Fantastic

2) Blaster Saburai Koga

3) Blaster Saburai Mawar Kemiling

4) Blaster Saburai Way Halim

5) Blaster Saburai Teluk Betung

6) Blaster Saburai Kali Balok Kencana

7) Blaster Saburai JagabayaxSoerabaya

8) Bangsat Boys Tanjung Karang Pusat

9) Blaster Saburai Teluk Betung

10) Blaster Saburai Tanjung Karang Timur X Antasari

11) Blaster Saburai Rajabasa

2. Blaster Saburai Lampung Utara[sunting | sunting sumber]

1) Blaster Saburai Kota Bumi


3. BlasterSaburai Lampung Timur[sunting | sunting sumber]


4. Blaster Saburai Lampung Selatan[sunting | sunting sumber]

1) Blaster Saburai Natar

2) Blaster Saburai Tanjung Bintang

3) Blaster Saburai Kalianda


5. Blaster Saburai Lampung Tengah[sunting | sunting sumber]

1) Blaster Saburai Gunung Sugih

2) Blaster Saburai Bandar Jaya

3) Blaster Saburai Punggur (Punggur boys)

4) Blaster Saburai Bandar Mataram

5) Blaster Saburai Trimurjo

6. Blaster Saburai Pringsewu[sunting | sunting sumber]


7. Blaster Saburai Pesawaran[sunting | sunting sumber]


Aktifitas[sunting | sunting sumber]

Sebagai kelompok suporter Blaster Saburai aktif dalam berbagai kegiatan seperti memberikan kritik dan saran kepada manajemen Badak Lampung FC dengan tujuan agar klub semakin berbenah. Seperti pada saat Jan Saragih mengundurkan diri sebagai pelatih kepala blaster saburai mengusulkan beberapa nama pelatih baru.[4] Blaster Saburai juga aktif mendukung Badak Lampung pada saat laga tandang.[5] Blaster Saburai juga sering membuat koreografi dan selalu menyemangat pemain Badak Lampung melalui Tribun Utara. Terakhir Blaster Saburai menampilkan Koreo 3D berkonsep 3 Badak Perkasa dengan background Logo Blaster Saburai dan Slogan Niku Mak Neggalan, koreo ini ditampilkan pada saat Perseru Badak Lampung FC menjamu PSM Makassar pada 15 September 2019 di Stadion Sumpah Pemuda, Bandar Lampung.[6]


Seabagi komunitas suporter Blaster Saburai rutin mengadakan kopdar sebagai ajang silaturahmi antar kordinator wilayah dan anggota Blaster Saburai. Dalam Kopdar berdiskusi mengenai program organisasi Suporter, seperti akan mendatabase Anggota blaster secara resmi melalui Kartu Tanda Anggota (KTA) Blaster Saburai, merencanakan Chant class Akbar, dan juga Chant class seluruh korwil dan silahturahmi antar korwil.[3] Blaster saburai juga pernah melakukan aksi bersih-bersih stadion sebagai bentuk dukungan dan menjaga markas Perseru Badak Lampung FC.[7]



Sanksi[sunting | sunting sumber]

Hasil sidang Komite Disiplin PSSI pada tanggal 16 Juli 2019 menyatakan bahwa Perseru Badak Lampung mendapatkan Hukuman Percobaan larangan bertanding tanpa penonton, bila mengulangi tindakan tersebut (lagi) otomatis akan terkena hukuman tanpa penonton di laga home selama dua bulan. Masa percobaan ini hingga akhir musim 2019. Hukuman ini merupakan hasil dari Tindakan diskiminatif berupa bernyanyi dengan kata tidak patut oleh Suporter Badak Lampung pada saat menjamu Barito Putra pada tanggal 5 Juli 2019 di Shopee Liga 1 2019.[8] Menyikapi hal tersebut Korlap Blaster Saburai Muhammad Febri didampingi Ketua Harian 2 Vrando D'Ningrat memastikan, akan lebih memperketat chant-chant yang menggunakan kata-kata tidak pantas.[9]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. Instagram Blaster Saburai
  2. Blaster Store
  3. Blaster Saburai di Youtube

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dukung Badak Lampung, Ayo Gabung Blaster Saburai!". www.jp-news.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-14. Diakses tanggal 2019-09-12. 
  2. ^ "Blaster Saburai Bertekad Merahkan Stadion Sumpah Pemuda". www.jp-news.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-14. Diakses tanggal 2019-09-12. 
  3. ^ a b "Blaster Saburai Kopdar Bahas Program Komunitas -". 2019-07-28. Diakses tanggal 2019-10-11. 
  4. ^ Andriansyah, Noval. "Berita Perseru Badak Lampung FC Hari Ini, Blaster Saburai Usul Pelatih Ini Sebagai Ganti Jan Saragih". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2019-09-12. 
  5. ^ Wiguna, Tama Yudha. "Berita Perseru Badak Lampung Terbaru - Blaster Saburai Siap Datangi Stadion Patriot". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2019-09-12. 
  6. ^ "BLASTER SABURAI di Instagram "NIKU MAK NENGGALAN!!! galeri foto blfc vs psm makassar (15.09.2019) #badaklampungfc #blastersaburai #blfcday #lampung #kitabersaudara…"". Instagram. Diakses tanggal 2019-10-04. 
  7. ^ "Blaster Saburai Lakukan Aksi Bersih Stadion Pasca Pertantandingan BLFC VS PSIS Semarang". 2019-06-28. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-10-11. Diakses tanggal 2019-10-11. 
  8. ^ "Hasil Sidang Komite Disiplin PSSI, 16 Juli 2019". PSSI - Football Association of Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-20. Diakses tanggal 2019-09-12. 
  9. ^ Andriansyah, Noval. "Berita Perseru Badak Lampung FC Hari Ini - Kena Sanksi Komdis PSSI, Blaster Saburai Perketat Chant". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2019-09-12.